Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c14d347b2f62f281ab561/memanfaatkan-sampah-menjadi-segudang-keajaiban-dengan-membuat-eco-enzyme
Mengenal Eco Enzyme yang belakangan ini mulai dilirik oleh banyak orang karena manfaatnya yang luar biasa. Eco Enzyme pertama kali dikenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, pendiri dari Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Beliau aktif melakukan penelitian terkait enzim selama lebih dari 30 tahun. EE ini didapat dari hasil fermentasi sampah organik yang dicampurkan dengan gula merah atau molase pl
Lapor Hansip
01-03-2021 05:10

Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
Mengenal Eco Enzyme yang belakangan ini mulai dilirik oleh banyak orang karena manfaatnya yang luar biasa. Eco Enzyme pertama kali dikenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, pendiri dari Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Beliau aktif melakukan penelitian terkait enzim selama lebih dari 30 tahun. EE ini didapat dari hasil fermentasi sampah organik yang dicampurkan dengan gula merah atau molase plus air. Masa fermentasinya 90 hari hingga masa panen.
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
Selama pandemi, ane secara tidak langsung mengikuti sebuah grup belajar yang tergabung dalam WAG. Kelas ini memang dikhususkan bagi penggemar tanaman hidroponik dan segala jenis permasalahannya. Ane takjub dengan Eco Enzyme ini, GanSist, bayangkan selama ini limbah atau sampah organik dapur yang biasanya ane buang begitu saja, kini bisa dimanfaatkan hingga menghasilkan enzyme dengan beragam manfaat.

Keajaiban dari EE adalah :

1. Proses fermentasi EE ini menghasilkan gas O3 yang berguna mengurangi CO2 di atmosfir dan logam-logam berat di awan yang memerangkap panas (mengurangi pemanasan global), yang mana bisa disamakan dengan penanaman 10 batang pohon.

2. Satu liter EE murni dapat memurnikan 1.000 liter air sungai yang tercemar atau terkontaminasi

3. Menyuburkan tanah, menghilangkan pengaruh bahan-bahan kimia di dalam tanah.

4. Meningkatkan kualitas udara

5. Dapat disimpan bertahun-tahun, tidak ada masa kadaluarsa.

6. Mengusir tikus, semut, kecoak, lalat, dan binatang pengganggu lainnya dari rumah.

Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
Berbekal semangat dan pelajaran yang dapatkan hasil belajar di WAG, ane mencoba membuatnya di rumah. Caranya gampang banget, GanSist. Panduan membuat EE adalah 3000ml air : 300 gula merah atau molase : 900gr sampah organik.

Agan dan Sista bisa menyicil secara berkala untuk sampah organiknya. Minimal 5 jenis, terdiri dari campuran sayuran dan buah. Jangan pernah menggunakan sayuran dan buah-buahan yang berbau tajam dan keras ya, GanSist, semisal petai, jengkol, durian, salak dan lain sejenisnya.
Quote:
Quote:Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Quote:Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Quote:Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu wadah penyimpanan fermentasi EE. Dalam tiap wadah maksimal penggunaan air adalah 60 persen dari total keseluruhan isi wadah yang digunakan. Semisal ane menggunakan wadah 2 liter, maka air yang ane gunakan 1200 liter maksimal. Ini dimaksudkan agar ada ruang untuk proses fermentasi kelak.

Kalo ane dikumpulkan terlebih dahulu sampah organiknya, kali ini ane menggunakan campuran kulit jeruk, kulit pisang, bonggol sawi putih, bonggol cesim, daun bawang, daun seledri, mentimun, dan juga wortel. Semua sampah organik tadi ane cacah lagi biar tidak terlalu besar bentuknya. Letakkan gula merah dalam wadah yang berisi air yang telah disediakan. Tunggu hingga gula merah mencair dengan sendirinya.

Jangan sekali-kali mencairkan gula merah dengan cara dipanaskan, biarkan larut secara alami. Setelah larut, masukkan sampah organik tersebut ke dalam wadah, lalu diaduk-aduk sebentar hingga tercampur rata. Terakhir tutup rapat wadah penyimpanan fermentasi EE, letakkan di tempat yang sejuk, jangan sampai terkena matahari. Jangan lupa juga untuk memberi catatan di luar wadah, waktu pembuatan EE, mulai terhitung fermentasi.
Quote:
Quote:Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Quote:Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!

Fermentasi ini memakan waktu selama 90 hari alias tiga bulan lamanya. Pada hari ke-7 wadah EE dibuka untuk membuang gas dan mengaduk kembali bahan organik hingga tercampur rata. Pada saat proses fermentasi hari ke-7 akan dijumpai jamur putih di atas permukaan. Ini berarti fermentasi berjalan baik. Tutup rapat kembali wadah penyimpanan. Di hari ke-28 lakukan proses pengadukan kembali.

Dalam kurun waktu selain tersebut di atas, jika terlihat wadah penyimpanan fermentasi EE mengandung gas, cukup buka sedikit celah penyimpanan, ini dimaksudkan agar gas keluar. Ini dilakukan hingga masa panen tiba.

Setelah menunggu 90 hari, EE dapat dipanen. Caranya, pisahkan air dan bahan organik dengan cara disaring. Masukkan EE murni ke dalam botol atau wadah bersih, selama tidak terkena air langsung EE dapat disimpan seumur hidup alias selamanya. Jika sudah tercampur air, maka batas penggunaan hanya seminggu. Ampas dari EE bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman kesayangan, GanSist, fungsinya sudah tentu membuat subur tanaman.
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
Manfaat EE ini banyak banyak, GanSist, salah satunya untuk mengepel lantai. Hasilnya semut, kecoa, tikus, dan binatang pengganggu lainnya hilang dari pandangan. Untuk obat luka, penyakit kulit, pembersih dapur, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. EE ini hanya untuk penggunaan luar, ya, GanSist, jangan sampai terkena mata dan tertelan.

Ane pamit undur diri, semoga bisa memberi manfaat.

Sumber gambar ; Dokpri
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 65 lainnya memberi reputasi
66
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
14-03-2021 16:12
Tiap hari dibuka apa pas hari ke 7 sama 28 yg agan maksud ?
Kok ane baca ada jg tiap 2 hari sekali dibuka...
Mana yg oke gan ?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
14-03-2021 16:12
Tiap hari dibuka apa pas hari ke 7 sama 28 yg agan maksud ?
Kok ane baca ada jg tiap 2 hari sekali dibuka...
Mana yg oke gan ?
0 0
0
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
22-03-2021 16:17
wah ilmu baru nih buat ane, baru tau banget ternyata sampah organik ya manfaat juga ya kalo ada ilmunya kite
0 0
0
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
24-03-2021 09:02
Baru tahu ada yang namanya EE ini gan, menarik sekali pembahasannya
0 0
0
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
26-03-2021 14:16
ane sempet liat di youtube kemaren dan tertarik. smoga seluruh bumi memberikan ane tenaga sehingga ane bener2 berniat untuk melaksanakan tugas mulia ini demi bumi yang lebih baik.emoticon-Toast
0 0
0
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
29-03-2021 21:23
Keren nih sampah makanan bisa dimanfaatin lagi, drpada dibuang mending dibuat gini ya.. Berguna banget
0 0
0
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
13-04-2021 19:25
Nice info,, go green! 😎😎👍
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
13-04-2021 19:39
Mantul gan! 👍
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
13-04-2021 19:52
Lihat gambarnya sekilas, kayak sop, ya 😅😅😅
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
13-04-2021 21:08
eco enzime ini untuk kalangan petani jamur sering di sebut sebagai pesing, atau juga POC.
sering salah kaprah namun tetap menjadi primadona

bantu vote

#145
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
14-04-2021 08:40
Cusss vote emoticon-pencet
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
14-04-2021 10:35
Uwa, bisa usir kecoa
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Memanfaatkan Sampah Menjadi Segudang Keajaiban dengan Membuat Eco Enzyme!
14-04-2021 19:47
Adakah pengganti gula merah? Aku pikir untuk sebuah misi hemat kok sayang banget memakai gula merah
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia