dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Mengenal Sophia, Si Seksi Dari Nusa Tenggara Timur




Hai, Gansist! Apa kabarnya hari ini? Ketemu lagi dengan thread aku nih, ya! Nggak bosan kan?

Kali ini aku akan membahas si seksi Sophia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Apa yang terlintas dalam benak Gansist bila mendengar Sophia?

Kalau aku akan tertuju pada artis cantik di era 90-an yakni Sophia Latjuba. Memang artis yang satu ini masih terlihat sangat cantik, meskipun usianya kini terbilang tidak lagi muda.

Hampir di usianya yang memasuki 50 tahun tetapi bodinya masih ideal dan seksi bisa dibilang body goals. Untuk menjaga kebugaran tubuh ialah dengan menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga tentunya. Yoga, merupakan salah satu olahraga yang saat ini digeluti Sophia Latjuba.

Btw, kita tinggalkan Sophia Latjuba sejenak. Di thread ini aku akan membicarakan shopia yang juga tak kalah seksi. Sophia satu ini berasal dari Nusa tenggara timur. Siapakah shopia yang dimaksud?



Sophia dari timur yang tak kalah seksi dari Sophia Latjuba, yakni Sophia, nama minuman tradisional khas dari NTT. Sophia ini berasal dari fermentasi dari air enau atau nira

Minuman berfermentasi? Memang shopia ini adalah minuman yang memiliki kadar alkohol dan konon kadar alkoholnya bisa mencapai 40%.

Sophia menjadi salah satu minuman beralkohol yang telah mendapat ijin resmi dalam peredarannya, istilahnya sudah mendapat legalisasi, pun tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 2 Februari 2021 ini merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Perpres ini merupakan penguatan peraturan sebelumnya yakni Peraturan Gubernur/Pergub Nomor 44 Tahun 2019 tentang Pemurnian dan Tata Kelola Minuman Tradisional Beralkohol khas NTT.

Mengapa minuman alkohol ini dilegalkan?
Karena masyarakat NTT sangat dekat dengan minuman beralkohol ini, bila ada hajatan misalnya pernikahan, minuman beralkohol tidak pernah ketinggalan termasuk sophia ini.



Sophia merupakan minuman khas dari NTT yang mana sudah menjadi tradisi untuk dikonsumsi oleh masyarakat NTT. Sophia bisa dikatakan mampu mempererat persaudaraan dan rasa kekeluargaan juga sebagai penyemangat dalam kegotongroyongan, itulah aspek secara sosial.

Aspek secara ekonomi, dengan ijin resmi beredar diharapkan mampu memberi dampak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat NTT.

Seiring berkembang dunia pariwisata dan tumbuhnya cafe-cafe, bar, dll diharapkan dengan diijinkan peredaran sophia ini bisa memancing minat wisatawan luar negeri untuk singgah ke NTT.

Kalau di Bali ada arak Bali, di Nusa tenggara timur ada sophia, sama-sama minuman beralkohol atau minuman khas dari daerah masing-masing. Bukan main-main, harga satu botol sophia dengan ukuran 750 ml harganya bisa mencapai Rp 750.000. Mahal kan Gansist, setara harga parfum.

Dengan harga yang cukup mahal, semoga bisa menjadikan para pengrajin minuman shopia di NTT semakin sejahtera. Sekian dari aku, bila ada koreksi silakan dituang di komentar. Bye!

Referensi & ilustrasi : 12 3


nowbitool
gembelngehe
gondrongexo
gondrongexo dan 23 lainnya memberi reputasi
22
7K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.