News
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60768e119c4cc6555b5801ef/siap-siap-tarif-listrik-naik-ini-simulasi-tagihan-per-bulan
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah membuka peluang menaikkan tarif listrik pada kuartal III 2021 atau mulai 1 Juli 2021 mendatang. Salah satu skenario kenaikan tarif listrik adalah dengan menghapus 100 persen kompensasi yang selama ini dibayarkan pemerintah. Dengan skenario ini, semua golongan pelanggan PLN non-subsidi akan lebih mahal ketika bayar tagihan listrik per bulannya. Berikut ini adalah
Lapor Hansip
14-04-2021 13:39

Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan

Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah membuka peluang menaikkan tarif listrik pada kuartal III 2021 atau mulai 1 Juli 2021 mendatang.

Salah satu skenario kenaikan tarif listrik adalah dengan menghapus 100 persen kompensasi yang selama ini dibayarkan pemerintah.

Dengan skenario ini, semua golongan pelanggan PLN non-subsidi akan lebih mahal ketika bayar tagihan listrik per bulannya.

Berikut ini adalah simulasi tagihan listrik per bulan setelah kenaikan tarif berlaku, untuk pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri besar.

Baca juga: Simak Rencana Tarif Listrik Naik Mulai 1 Juli 2021, Ini Skenarionya

Simulasi ini dikutip pada Rabu (14/4/2021) dari bahan paparan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Kamis (8/4/2021) lalu, yang diterima Kompas.com.

Kenaikan tagihan listrik per bulan ini untuk masing-masing golongan berbeda-beda besarannya. Hal ini tidak lepas dari penetapan tarif yang berbeda, serta asumsi pemakaian rata-rata dari tiap golongan pelanggan.

Tagihan listrik pelanggan rumah tangga
Pertama, bagi pelanggan rumah tangga dengan golongan R.1 / 900 VA-RTM, pemerintah mematok asumsi pemakaian rata-rata per bulan adalah 109 kWh. Dengan asumsi tersebut, selama ini pelanggan membayar tagihan listrik sebesar Rp 147.893 per bulan.

Jika kompensasi pemerintah dihapuskan sepenuhnya, dengan asumsi pemakaian yang sama, maka tagihan per bulan bakal bertambah Rp 17.909 per bulan.

Dengan kenaikan tersebut, maka tagihan listrik per bulan bagi pelanggan rumah tangga dengan golongan R.1 / 900 VA-RTM adalah sebesar Rp 165.802 per bulan mulai 1 Juli 2021.

Sementara itu, untuk pelanggan rumah tangga golongan R.1 / 1.300 VA juga bakal terdampak jika skenario kenaikan tarif listrik ini mulai berlaku pada 1 Juli 2021.

Untuk golongan ini, tagihan bulanan yang berlaku selama ini adalah Rp 2.059.298 dengan asumsi pemakaian listrik sebesar 1.425 kWh per bulan.

Dengan asumsi pemakaian rata-rata yang sama, maka akan terjadi kenaikan tagihan sebesar Rp 101.233 per bulan. Dengan tambahan tersebut, tagihan listrik pelanggan golongan R.3 / 6.600 VA ke atas adalah Rp 2.160.531 per bulan.

Baca juga: Bayar Listrik Bakal Lebih Mahal, Tarif 900 VA Diusulkan Naik Rp 18.000

Kenaikan tagihan listrik pelanggan bisnis
Tak hanya pelanggan rumah tangga, para pebisnis juga akan terdampak kenaikan tarif listrik mulai 1 Juli 2021. Pelanggan PLN bisnis besar, meliputi 2 golongan yakni B-2/TR 6.600 VA s.d 200 kVA dan B-3/TM di atas 200 kVA.

Untuk pelanggan golongan B-2/TR 6.600 VA hingga 200 kVA, semula tagihan listriknya adalah Rp 3.699.946 per bulan, dengan asumsi pemakaian daya 2.561 kWh sebulan.

Adapun jika kompensasi dari pemerintah dihapus 100 persen mulai 1 Juli nanti, maka tagihannya ikut berubah. Dengan asumsi pemakaian daya yang sama, tagihan listrik akan bertambah Rp 181.886 per bulan.

Dengan begitu, total tagihan listrik pelanggan bisnis besar B-2/TR 6.600 VA hingga 200 kVA adalah Rp 3.881.832 per bulan.

Pelanggan yang masuk golongan tersebut di antaranya bisnis di bidang tekstil, pergudangan dan penyimpanan, serta pengolahan dan pengawetan.

Sementara itu, untuk pelanggan golongan B-3/TM di atas 200 kVA tagihannya berbeda lagi. Yang termasuk pelanggan golongan ini di antaranya mall atau pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel.

Pada golongan ini, dengan asumsi pemakaian listrik 208.707 kWh sebulan, sebelumnya biaya tagihan listriknya adalah Rp 234.328.239 per bulan.

Baca juga: Subsidi Akan Diubah, Berapa Harga Elpiji 3 Kg Tahun Depan?

Nantinya, jika tarif listrik naik maka dengan asumsi pemakaian yang sama, tagihan listriknya naik Rp 33.152.271 per bulan. Dengan begitu, total tagihan listrik sebulan menjadi Rp 267.480.510.

Tagihan listrik pelanggan industri besar juga naik
Salah satu skenario kenaikan tarif listrik juga akan berdampak pada tagihan listrik industri besar. Untuk pelanggan industri besar, meliputi 2 golongan yakni I-3/ TM di atas 200 kVA dan I-4/ TT 30.000 kVA ke atas.

Yang termasuk pelanggan golongan I-3/ TM di atas 200 kVA di antaranya adalah industri pengolahan kopi seperti Nestle, Mustika Kencana, dan Ghandapala, juga industri air minum seperti PDAM.

Semula, tagihan listrik golongan ini adalah Rp 381.802.353 per bulan, dengan asumsi pemakaian rata-rata sebulan 341.970 kWh.

Nantinya, dengan asumsi pemakaian rata-rata yang sama, tagihan listrik lebih mahal dengan selisih Rp 54.016.601 per bulan. Dengan begitu, total tagihan listrik per bulan menjadi Rp 435.818.954.

Sementara itu, golongan pelanggan industri besar I-4/ TT 30.000 kVA ke atas bakal jadi yang termahal kenaikan tagihannya jika skenario kenaikan tarif berlaku 1 Juli 2021.

Baca juga: Bukan April Mop, Ini Daftar Lengkap Harga BBM Terbaru di Indonesia

Pelanggan yang masuk golongan ini misalnya industri semen seperti Holcim, Semen Cibinong, Semen Gresik, dan Jui Shin, serta industri makanan dan masakan olahan seperti Indofood, Ajinomoto, dan Miwon.

Dengan rata-rata pemakaian sebulan sebesar 15.216.984 kWh, biasanya industri ini membayar tagihan listrik Rp 15.221.665.922 per bulan.

Dengan adanya skenario kenaikan tarif tanpa kompensasi, maka tarifnya akan naik dengan tambahan tagihan sebesar Rp 2.873.476.192 per bulan untuk asumsi pemakaian yang sama.

Dengan tambahan itu, maka total tagihan listrik yang harus dibayarkan dalam sebulan adalah Rp 18.095.142.114.

https://money.kompas.com/read/2021/0...page=all#page2



Walaupun harga listrik naik kita harus bersyukur.. karena pajak mobil SUV dan MPV turun..
profile-picture
4ltha memberi reputasi
-1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 13:44
Listrik naik manajemen G****K tetep aja rugi

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 13:46
Perusahan mobil di kasih cuan, duit nya hasil dari nyekek rakyat nya 😆😆
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 13:55
Surplus daya tapi proyek pembangkit banyak utang ya udah tekor
emoticon-Traveller
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:00
Bikin berita kok panjang-panjang tapi gak jelas. Kasih info tuh berapa harga 1KWH sekarang, dan berapa harga setelah naek. Orang dah pinter bisa ngitung sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4ltha dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:01
Praktek monopoli ala preman.
Giliran warga mau pasang panel tenaga surya aja msh diribetin sama mrka. emoticon-fuck
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:03
no perusahaan untuk mengisi dompet maling
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:16
Lalalalalala naik lagi ya nie ceritanya....
Enak lah ....
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:31
Quote:Salah satu skenario kenaikan tarif listrik adalah dengan menghapus 100 persen kompensasi yang selama ini dibayarkan pemerintah.

Dengan skenario ini, semua golongan pelanggan PLN non-subsidi akan lebih mahal ketika bayar tagihan listrik per bulannya.


Naik darimana?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
4ltha memberi reputasi
1 0
1
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:38
Njir... Yg bisnis 900V juga kena
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 14:42
duit APBN habis buat gaji hasil bagi2 jabatan ala jokowi

sampe2 subsidi listrik dicabut
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 15:15
yg nulis berita perlu belajar nulis lagi biar enak dibaca, mending dibikin tabel berdasar tiap golongan pelanggan, harga per KWh sebelum dan sesudah sama perkiraan pemakaian tiap bulan sebelum dan sesudah.
profile-picture
profile-picture
shaumi dan dante_craze memberi reputasi
2 0
2
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
14-04-2021 16:16
setelah dibagi2 ada kenaikan sekitar 4,915 persen. TDL awal Rp 1.444,7 / kwh menjadi
Rp 1.515,7 / kwh untuk golong R1
Rp 1.515,7 / kwh untuk golongan R2

https://nasional.kontan.co.id/news/tarif-listrik-akan-naik-ini-simulasi-tagihan-listrik-pelanggan-900-6600-va-ke-atas?page=2
Diubah oleh shaumi
0 0
0
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
15-04-2021 06:57
Bukan tarif listrik naik, tapi subsidi listrik dihapus... emoticon-Cape d... (S)

ane kira beneran naik emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
15-04-2021 20:24
Lumayan juga gan naik hampir 20rb 😁, semoga aja tidak ada demo nih kalo udah di sah in
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan
17-04-2021 08:58
yuk boykot PLN, jangan pake listrik, seperlunya aja buat cas hp emoticon-Ngakak
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia