• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dikira Sarang Ular, Warga Bondowoso Temukan Harta Karun Peninggalan Era Megalitikum!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dikira Sarang Ular, Warga Bondowoso Temukan Harta Karun Peninggalan Era Megalitikum!

Pernahkah Agan dan Sista membayangkan menemukan harta karun?
Warga Bondowoso ini temukan harta karun peninggalan era Megalitikum!


Menemukan harta karun terpendam di dalam tanah milik pribadi, pastinya merasa sangat beruntung sekali ya GanSis meskipun nantinya harus diserahkan kepada pemerintah atau kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk diteliti atau memang menjadi SDA milik Negara.
Paling tidak jika kita menemukan harta karun di tanah lokasi milik pribadi maka otomatis kita juga ikut menjadi salah seorang yang berpengaruh dalam mengungkap salah satu sejarah yang sebelumnya belum terungkap kebenarannya.

Di Indonesia sendiri banyak sekali penemuan-penemuan harta karun yang ditemukan secara tidak sengaja ya GanSis. Mulai dari yang di dalam tanah ladang atau kebun, di bagian bawah laut, bahkan sampai di saluran pembuangan air yang berada di lokasi pemukiman penduduk.
Memang Indonesia adalah Negara yang dulu memiliki banyak kerajaan besar yang bersejarah ya, jadi wajar saja jika memang peradabannya yang masih tersembunyi kini mulai terungkap saru persatu dengan ditemukannya peninggalan-peninggalan yang tersembunyi dan terpendam di dalam tanah!

Mulai dari penemuan candi, senjata dan alat-alat perang, gerabah masa kerajaan, uang-uang koin di lahan pertanian dan bahkan juga prasasti-prasasti menjadi bukti kejayaan bumi kita sejak pada zaman sebelum Negara Indonesia itu ada.




Membahas tentang ditemukannya harta karun di pekarangan rumah, muncul kabar terbaru dari dusun Kecik, Desa Lojajar, Tenggarang Bondowoso GanSis. Telah ditemukan sebuah harta karun di dalam tanah yang diduga peninggalan budaya dari era megalitikum secara tidak sengaja oleh salah satu masyarakat setempat bernama bapak Wasit (43 tahun).

Menurut penuturan dari Bapak Wasit semula dia hanya ingin membuat saluran air di dekat halaman rumah di bagian tanah cadas GanSis. Namun saat menggali tanah dia menemukan sebuah lubang kubur bilik yang semula oleh bapak Wasit diduga sebagai lubang ular.
Tapi karena penasaran bapak Wasit mencari senter sebagai penerangan untuk melihat ke dalam lubang dan beliau melihat ruangan menyerupai kamar gua dan membuatnya semakin penasaran.

Pak Wasit memutuskan untuk menggali dan mencari pintu goa, sampai menemukan sebuah baru besar berbentuk segi empat yang memang merupakan pintu gua tersebut.

Saat pak Wasit membuka pintu gua, beliau menemukan beberapa harta karun GanSis, mulai dari manik-manik, gerabah, keris dan juga tulang tengkorak yang sudah tidak lagi utuh. Pak Wasit pun melaporkan penemuannya tersebut kepada pengurus desa setempat untuk selanjutnya diteliti lebih jauh tentang sejarah peradaban yang dulu ada di daerah desa Lojajar, Tenggarang Bondowoso!


Quote:


Jika diulas lebih jauh perihal penemuan harta karun peninggalan sejarah yang ada di daerah Bondowoso, memang tidak hanya sekali dua kali ditemukan GanSis.
Namun karena memang daerah Bondowoso yang tanahnya tidak mendukung dalam pembentukan fosil tulang manusia secara alami maka tulang-tulang yang diduga dari era megalitikum tersebut tidak dapat diteliti lebih jauh karena keadaannya yang sudah tidak utuh.

Namun menurut sejarah yang tercatat memang era Megalitikum berlangsung di Bondowoso sampai pada masa Majapahit, jadi memang bisa saja masih banyak peninggalan-peninggalan lain yang masih tersimpan di dalam tanah daerah Bondowoso!

Pemerintah setempat pun menghimbau jika ada warga masyarakat sekitar yang menemukan harta karun bersejarah harap melaporkan ke dinas terkait untuk kemudian dilakukan penelitian lebih jauh agar penemuan tersebut juga tetap terjaga dari tangan orang yang kurang bertanggung jawab.




Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia memang tidak diragukan lagi ya GanSis.
Dari masa ke masa ada sejarah yang tercatat dan menjadi bukti terhadap generasi-generasi selanjutnya bahwa Indonesia kaya bukan hanya isapan jempol belaka.

Mudah-mudahan saja penemuan-penemuan peninggalan sejarah berupa prasasti, candi atau harta karun seperti ini bisa tetap dilindungi dan dijadikan bukti sejarah yang kuat akan peradaban manusia yang sempat tinggal di bumi kita teecinta!

Oke, itulah tadi GanSis informasi terbaru seputar penemuan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

Terima kasih telah singga dan sampai jumpa di thread ane yang selanjutnya!




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi: Klik
Sumber gambar: Google pict
mas.sancaya
adivaazzahra
nurhuda008
nurhuda008 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.