News
Batal
KATEGORI
link has been copied
105
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607598fcc30fc46ada456854/warga-kediri-nemu-anak-kucing-hutan-langka-nyasar-ke-perkampungan
SuaraJatim.id - Seekor anak kucing lucu jenis "Prionailurus bengalensis" tersesat di perkampungan warga Desa Tunge, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (09/04/2021). Anak kucing ini tersesat malam-malam sekitar pukul 22.03 WIB. Anak kucing hutan ini berbulu belang mirip macan tutul, namun berukuran mungil. Penemuan ini disampaikan Tim Sugriwa Lembaga Edukasi Cinta Satwa
Lapor Hansip
13-04-2021 20:13

Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan

Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke PerkampunganSuaraJatim.id - Seekor anak kucing lucu jenis "Prionailurus bengalensis" tersesat di perkampungan warga Desa Tunge, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (09/04/2021).

Anak kucing ini tersesat malam-malam sekitar pukul 22.03 WIB. Anak kucing hutan ini berbulu belang mirip macan tutul, namun berukuran mungil.

Penemuan ini disampaikan Tim Sugriwa Lembaga Edukasi Cinta Satwa dan Konservasi (Les Cakra) Muhammad Bayu Kurniawan. Selain itu, mereka juga mendapat informasi dari pemilik akun Instagram @nyomanGalihfatoni.

"Kami juga mendapat informasi awal dari seorang warganet atas nama @nyomanGalihfatoni yang menghubungi Les Cakra melalui pesan langsung (direct message) akun instagram kami pada malam itu juga," kata Bayu, dikutip dari Antara, Selasa (13/04/2021).

Bayu menceritakan kronologi proses evakuasi kucing hutan Jawa yang jamak disebut dengan istilah macan rembah tersebut.

Pemilik rumah yang mengetahui keberadaan anak kucing hutan adalah Solikhin, warga Dusun Tanjung Anom, Desa Tunge. Dia tak sengaja mendengar suara anak kucing mengeong dapur rumahnya.

Dikira anak kucing biasa, Solikhin lalu memanggil keponakannya Galih Fatoni untuk menangkap dan mengevakuasi dari rumahnya.

Dari Galih Fatoni inilah Solihin akhirnya tahu bahwa anak kucing yang masuk ke dalam rumahnya adalah jenis satwa liar yang dilindungi karena terancam punah.

Kesadaran akan perlindungan satwa mendorong naluri Galih untuk menghubungi Lembaga Edukasi Cakra yang dikenalnya melalui pemberitaan media daring karena sekitar akhir Agustus 2020 melakukan evakuasi satwa sejenis yang ditemukan warga tersesat di Desa Jetis Kecamatan Wates.

Kurang lebih usia anak kucing hutan Jawa atau macan rembah saat itu sama dengan yang barusan diketemukan warga di Desa Tunge, antara 2-3 bulanan.

Anak kucing hutan yang baru belajar mencari makan sendiri di alam liar tersebut masuk pemukiman warga dari arah perkebunan tebu.

"Kemungkinan anak kucing hutan ini terpisah dari induknya karena habitat terganggu," kata Ketua Les Cakra Yuga Hermawan memperkirakan.

Belum ada temuan anak kucing hutan lain. Sementara anak kucing hutan yang ditemukan Solikhin dan Galih Fatoni di rumah Galih telah dievakuasi tim Sugriwa Les Cakra pada Sabtu (10/4) siangnya.

Sempat dirawat beberapa hari karena adanya luka di bagian sekitar bibir (dekat mulut), macan rembah tersebut akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri pada Senin (12/4) untuk mendapat penanganan konservasi yang layak.

"Kami sangat mengapresiasi kesadaran warga yang melaporkan temuan satwa liar jenis kucing hutan Jawa ini mengingat statusnya yang masuk daftar Appendix II CITES, yang artinya jenis satwa ini masuk spesies yang dilindungi karena jumlahnya di dunia yang terus menurun dan terancam punah," kata Yuga.

Mewakili komunitas peduli dan cinta satwa dan konervasi, Yuga juga menyampaikan terima kasih atas kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa dilindungi.

"Apalagi ini dilakukan bahkan sebelum kami edukasi. Karena yang kali ini keliatan sekali mereka sadar pentingnya kelestarian satwa liar untuk keseimbangan alam," katanya.

Harapannya semakin banyak yang paham pentingnya kelestarian satwa liar seperti kucing hutan ini Karena jumlahnya yang semakin sedikit," ujar Yuga menegaskan.

https://jatim.suara.com/read/2021/04...mpungan?page=2

Lucu yakk nih cat forest iniemoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
13-04-2021 23:54
Mahal loh itu ... tapi sukurlah diserahkan ke pusat perlindungan satwa.
Lagian kalo ketahuan jual malah di bui emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 00:03
ada ya istilah kucing hutan.. seumur2 baru denger..
taunya kucing di hutan itu ya sejenis harimau. kecil..

cek lagi itu bener dari hutan gak... jgan2 lepas dari pemburu liar..
emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 01:05
Sebutan lainnya harimau dan
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 04:11
Kayak blacan ya, apa emang?

Jajan nya banyak ini mah
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 04:24
respect sama yang nemukan...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 04:28
Cheetah
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 04:36
Kucingnya masih baby...jadi masih imut dan kelihatan lucu....btw...corak bulunya bagus banget ya...
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 04:46
Meong...
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 05:10
Meong congkok bukan sih?
profile-picture
ANUStertusuk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 05:11
Susah dipelihara ini.. gampang stress si mpus nya..

0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 06:26
kucing garong termasuk yg di lindungi.... istri emoticon-Big Grin
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 06:45
Lucu dan imut
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 06:49
Mreka masuk ke habitat kita atau kita yg masuk ke habitat mereka? Wahai anak keturunan manusia
profile-picture
sart86 memberi reputasi
1 0
1
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 07:14
kecil gini masih unyu unyu tapi kalo gede bakal beringas gk ya? emoticon-Ngakak
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 07:53
emoticon-Frown jadi inget dosa masa lalu... jaman taun 90an, biasa ikut kakak berburu pake senapan angin. jaman segitu binatang liar masih buanyak sekali. mulai burung, tupai sampai macan rembah kayak gini emoticon-Frown
sekarang jangankan macan rembah, burung pipit aja susah ditemuin di pohon2 depan rumah. apalagi tupai. dulu tiap sore denger suara tupai dari pohon ke pohon... sekarang suasana pekarangan belakang rumah bener2 sunyi... emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 08:01
emoticon-Leh Uga
wah keren tuh warna bulunya....
boleh di pelihara nggak tuh....
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 08:13
blacan ya
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 08:19
kasih pakan ikan asin mau gak ya?
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 08:21
semoga jangan sampe punah deh di alam kaya harimau bali emoticon-Mewek
0 0
0
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
14-04-2021 08:38
bengal cat ya, lucu tapi ya tetep hewan liar
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia