News
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607405de44bf805c221817af/tegas-sumbar-komit-larang-indomaret-dan-alfamart-beroperasi
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap berkomitmen melarang retail Indomaret dan Alfamart di Ranah Minang. Hal ini merupakan salah satu langkah melindungi UKM dan pengusaha lokal.
Lapor Hansip
12-04-2021 15:33

Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi

Past Hot Thread
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap berkomitmen melarang retail Indomaret dan Alfamart di Ranah Minang. Hal ini merupakan salah satu langkah melindungi UKM dan pengusaha lokal.

"Kami konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Senin (12/4/2021).

Menurut politisi PPP itu, kebijakan melarang perusahaan retail raksasa beroperasi di Sumbar mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan di luar Sumbar.

"Sebenarnya kalau mau buat usaha retail di Sumbar, peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," tuturnya.

Audy memastikan, kebijakan pelarangan itu bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar. Namun, memberikan peluang bagi pelaku usaha retail lokal berkembang.

Menurutnya, kunci keberhasilan usaha retail adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia dan lainnya.

"Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar," katanya lagi.

Jika pengelolaan usaha retail tidak baik maka akan sulit berkembang dan bertahan. Apalagi di era digital saat ini, semua bisa dikelola lewat teknologi informasi mulai dari stok barang hingga laporan keuangan.

"Termasuk soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen. Semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan, ujarnya.

Dia juga berpesan agar pelaku usaha retail memberi ruang bagi produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato Nasirman Chan selaku pengelola Nagari Mart menyampaikan, kehadiran Nagari Mart merupakan upaya memudahkan masyarakat yang ada di nagari memenuhi kebutuhan belanja harian.

"Jadi tidak perlu harus ke kota lagi dalam pengelolaan dan kerja sama menerapkan sistem koperasi," katanya.

Saat ini, katanya, ada sekitar 1.000 nagari di Sumbar dan jika 10 persen saja siap bekerja sama mendirikan Nagari Mart itu sudah luar biasa.

Ketua Kadin Sumbar, Ramal Saleh mengatakan, saat ini terdapat 600 ribu pelaku UKM di Sumbar dan jika didukung dengan baik maka Sumbar sudah punya 10 persen wirausaha dibandingkan total penduduk.



Sumber



Mantap betul emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 08:49
Bagus sih niat nya..
Asal jgn semau nya aja nanti, mentang2 gak ada rival ngasih harga semaunya, pelayanan semaunya..
Misal:
1. Nerima karyawan hanya muslim
2. Hari raya idul fitri toko tutup, padahal bukan muslim doang yg tinggal di sumbar
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 08:52
Seinget gua indongaret ma alfadongok ditempat gua banyak dipake raja2 lokal buat cuci duit deh emoticon-Leh Uga

Oh iya di sumbar mereka cuci duit kmn dong? Infaq? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh bauasemloe
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 08:54
Ane belinya di warung tetangga
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 08:55
Sebenarnya tidak masalah sih. Asalkan konsisten. Kalau di daerah nya sendiri tidak mau ada Indomaret dan Alfamart, maka hendaknya pengusaha minang jangan buka Indomaret Alfamart di daerah provinsi lain. Daerah sendiri nya minta diproteksi, tapi warga minang nya bebas investasi Indomaret Alfamart di provinsi orang. Begitu pula tol. Di daerah nya sendiri gak mau dibangun tol, tapi kalo mudik seneng bener masuk tol Lampung dan sumsel. Biar adil gitu.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 08:56
ya menurut ane sih lebih mahal dikit dr pd toko kelontong, kl yg murah paling kl pas lg ada promo2 aja, memang belanja di merah n biru nyaman, ada AC, toilet, tp duduk, bersih, ya tp semua itu kan ga gratis pasti ada itungan nya mankanya harga nya lebih mahal sedikit

contoh
merah & biru
ane beli barang 1 item 18.800
pas keluar + Parkir 2 rb

toko kelontong
ane beli harga nya 18.000
kl ga ada duit bisa ngeteng lg
ga ada parkir

emoticon-Ultah emoticon-Sundul Up emoticon-Ultah emoticon-Sundul Up
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:00
bukannya rejeki udah ada yg ngatur?
di daerah rumah gw ada 3 idm dan 2 alfa, ada bnyk toko kelontong dan semuanya rame2 aja
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:04
Satu sisi bagus, tapi di sisi lain doi juga harus push kinerja Dinas PPKUKM setempat supaya mengisi peluang tersebut. Sejauh mana mereka melakukan pembinaan dalam memunculkan pengusaha lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:05
Oh jadi tetep ada tpi hasil gabungan bumd dan juned.. keuntungan dibagi 4 .. ya sikit dapetnya. Sekalian isi dalem jualan nya bikin sendiri kaya snak. Pembersih dll
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:05
Konsumen bakal memilih harga termurah, price predatory, dibalik harga murah dan monopoli pasti ada ikan kecil yg mati.
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:06
ane dukung 212 mart untuk ekspansi ke sana.
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:10
sri nanti marah....
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:18
2017 ane jln2 ke banyuwangi..dsana jg ga ada alfamart n indomart..toko2 n warung hidup jdnya
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:25
Kok pada takut sih ama indo dan alfa...orang kesana paling bayar tagihan ama beli cemilan...
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:37
bilang aja ganti alfamart sama indomart pake nagarimart
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:42
Di tempan ane juga kagak ada alfa ma indo bre, ya adanya toko ritel lokal aja bre, anehnya dia punya 7 cabang di kota ane tpi anehnya cabang 1 dengan cabang lainnya tu harganya beda dan perbedaan harganya tu mencolok banget, sebut saja namanya saga di mari kloe ada orang Jayapura pasti tau ama tu toko emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:45
Emang masih ada orang di sumbar? Gw pikir dah kosong. Orang udah pada dagang di tanah abang emoticon-Wakaka
Diubah oleh kakeksegalatahu
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:46
mantab
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:53
Kalau yakin bisa memajukan retail brand khas lokal mah lanjutkan
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 09:54
Plus minus sih...plusnya iklim umkm sekelas warung terjaga
Minusnya harga2 produk bisa terlalu liar
0 0
0
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
13-04-2021 10:13
Ini mindset kuno yg jg terjadi di seluruh negara...bknnya makin tertantang untuk bersaing , malah pake cara ' pemuda setempat' buat monopoli... gak kyk sumbar..Di tasik alpha /indo mulai kelabakan ngadepin toserba lokal tasco, ga pake jurus monopoli...
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia