sateituenakAvatar border
TS
sateituenak
Tanggapi Soal Terorisme, Quraish Shihab Jelaskan Ibadah dan Jihad Tertinggi


PR TASIKMALAYA - Ustaz Quraish Shihab angkat bicara menanggapi aksi terorisme yang terjadi di Makassar dan di Mabes Polri.

Ustaz Quraish Shihab menjelaskan, ibadah tertinggi dan jihad tertinggi adalah melawan gejolak hawa nafsu.

Hal itu disampaikan oleh Ustaz Quraish Shihab, saat dipinta tanggapan oleh Najwa Shihab dalam program Catatan Najwa pada Jumat, 9 April 2021.
Baca Juga: Ingin Main Sinetron Bareng Pemain Ikatan Cinta? Berikut Syarat Ikuti Castingnya

"Abi terus terang tidak ingin berkata bahwa salat dan jihad yang tertinggi dalam tingkatan ibadah, tapi yang tertinggi adalah syahadat Laa ilaha Illallah," tuturnya dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari YouTube Najwa Shihab.

Menurut Ustaz Quraish Shihab, syahadat itulah yang tertinggi dan semua kegiatan apapun baik itu kecil atau besar harus dikaitkan dengan Laa Ilaha Illallah dan sejalan dengannya.


"Jadi kalau ada satu kegiatan dan kegiatan itu dinilai sebagai kegiatan jihad, tetapi jika tidak sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan Allah, maka itu tidak memiliki nilai tertinggi dan tidak direstui oleh Agama," tambahnya.

Ustaz Quraish Shihab menyampaikan, selama ini banyak kesalahpahaman tentang jihad, padahal jihad itu menggunakan seluruh daya untuk mencapai sesuatu yang luhur.

"Jadi jihad bukan hanya dalam bentuk perang bahkan kalau kita buka ayat-ayat [url=https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/tag/Al%20Qur'an][color=#0bb1ef]Al Qur'an[/color][/url] maka kita akan menemukan bahwa sejak Nabi di Mekah itu sudah ada perintah jihad," ujarnya.


Menurutnya, dalam Surah Al Furqon menjelaskan berjihadlah melawan para pendurhaka dengan Jihad yang besar, dalam artian berjihad dengan nilai-nilai [url=https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/tag/Al%20Qur'an][color=#0bb1ef]Al Qur'an[/color][/url] bukan dengan pedang.

Ustaz Quraish Shihab juga menegaskan, tidak ada upaya untuk meyakinkan orang tentang kebenaran agama dengan kekerasan.

"Kalaupun ada jihad yang dimaksud dengan jihad yang besar itu dalam [url=https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/tag/Al%20Qur'an][color=#0bb1ef]Al Qur'an[/color][/url] atau hadist adalah jihad melawan gejolak nafsu, misalnya ingin membalas dan lain sebagainya," ungkapnya.

Baca Juga: FIM dan Dona Sports Dibuat Takjub dengan Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Karena itu mereka yang melakukan bom bunuh diri menurut Ustaz Quraish Shihab, telah salah langkah.

"Mestinya mereka itu berjihad dengan menampilkan nilai- nilai ajaran agama dan menunjukan kehebatan ajaran agama ini," tuturnya.

Menurut Ustaz Quraish Shihabm, jika hal itu dilakukan, mereka akan menarik orang untuk menghargai Islam dan mereka yang beraktivitas kurang baik bisa lebih baik aktivitasnya.

sumber disini


judul asli karena kepanjangan

Tanggapi Soal Terorisme, Quraish Shihab Jelaskan Ibadah serta Jihad Tertinggi dalam Al Qur'an


Seseorang yang ane kagumi hingga saat ini. Layak sekali, sangat layak dipanggil habib tapi gak mau dipanggil habib. Langka ulama seperti Quraish ini di zaman ini.
Diubah oleh sateituenak 13-04-2021 02:30
Gentayaumal
Qthi
kinghenri84
kinghenri84 dan 32 lainnya memberi reputasi
29
6.3K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.