News
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6073e58bd508993c352ca2d1/ngaku-sulit-bayar-thr-penuh-pengusaha-terserah-mau-diapakan
Pemberian tunjangan hari raya (THR) tidak boleh dicicil dan wajib diberikan selambat-lambatnya H-1 Lebaran kepada karyawan. Jika melewati batas waktu yang disepakati, pengusaha bakal dikenakan denda dan sanksi administratif sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.
Lapor Hansip
12-04-2021 13:15

Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan

Past Hot Thread
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan

Pemberian tunjangan hari raya (THR) tidak boleh dicicil dan wajib diberikan selambat-lambatnya H-1 Lebaran kepada karyawan. Jika melewati batas waktu yang disepakati, pengusaha bakal dikenakan denda dan sanksi administratif sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Anton J Supit mengatakan pemberian THR sudah pasti akan dilakukan bagi perusahaan yang mampu. Bagi yang tidak mampu, dia menyerahkannya kepada pemerintah tindak lanjutnya.

"Buat sebagian pengusaha yang mampu no problem, mereka akan tetap bayar. Bagi yang tidak mampu dan kesulitan cashflow kan mereka harus bayar double, gaji dan THR. Penjualannya tidak mencukupi, pasar lagi lesu, apakah mereka mau dihukum? Kita terserah pemerintah saja mau diapakan," kata Anton, Senin (12/4/2021).

Anton menyebut kondisi perusahaan yang tidak bisa membayar THR bukan dibuat-buat, meskipun jumlah yang bisa memenuhi kewajibannya dinilai akan bertambah dari tahun lalu. Namun belum semua perusahaan bisa memberi THR.

"Mau pinjam uang juga tidak tahu mau pinjam kemana kan ini masalah cashflow jadi harus dalam bentuk komunikasi. Artinya kalau untuk survive saja dia sudah sulit, mau ngambil dari mana? Kita jangan berasumsi keadaan sudah normal sehingga mengeluarkan kebijakan yang normal," tuturnya.

Baca juga:Parah... Sudah Mau Puasa Lagi, 103 Perusahaan Belum Bayar THR 2020

Untuk menambahkan, Ketua Komite Advokasi Dewan Pengupahan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Darwoto meminta jadwal pemberian THR bisa dilakukan sesuai bipartit (antara pengusaha dan pekerja).

"Prinsipnya kita menghargai keputusan pemerintah terkait surat edaran dimaksud, namun kita jangan menutup mata karena ada perusahaan yang betul-betul tidak mampu secara cashflow, sehingga perlu penjadwalan pembayaran THR secara bipartit," tuturnya.

Menurut Darwoto, jadwal pemberian THR sesuai hasil bipartit sah saja dilakukan bagi perusahaan yang memang benar tidak mampu.

"Kalau disepakati antara pekerja dan pengusaha kan boleh-boleh saja (dicicil), kan yang penting dibayar dan tidak dikurangi," imbuhnya.

https://finance.detik.com/berita-eko...h-mau-diapakan

Tahun ini mantap banget ya. UMR ngga naik, THR ngga penuh atau dicicil, tapi pemerintah masih tega akan naikkan tarif listrik, tol, dll. Sedap banget. 
Diubah oleh NEVERTALK1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hattori hanzo dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:16
Pasrah aja gaji dipotong 20%, mau dibalikin, dicicil, THR masih dapet penuh. Disikapi aja, jgn diratapi..
0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:30
Kayaknya tahun ini banyak yg ga bisa bayar thr
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:31
pengangguran, cuman bisa baca berita.
ikut nyimak ajah gan.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:32
Padahal yang namanya uang THR adalah uang yang ditungu tunggu selain dari gaji....betul tidak?? Kalau gak diberikan ...waduh....sedih juga sih.....
0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:37
Untung ane gak kerja, jadi ane gak membebani pengusaha emoticon-Malu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:37
Ane dr umur mulai kerja smp skrg pny anak blm pernah ngerasain duit THR kalem aja bre emoticon-Cool

Perusahaan emg gitu, cuan besar pekerja mana dibagi, kalo lg kejepit baru dah minta pengertiannya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:38
Sekg semua usaha sepi. Resto gw jg sepi. Kl Buruh pd ga mau ngerti pecat aja semua.
Biar aja pd demo tiap hari
Kan enak kerjanya demo trs
Demo minta kerjaan

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 17:59
bener susah sih kondisi
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:12
Perusahaan yg nggak mampu mestinya bisa ditalangi dulu oleh pemerintah untuk bayar THR..

Cash flow para pengusaha jadi sulit kan nggak lepas dari menuruti regulasinya pemerintah dalam menangani pandemi.. emoticon-Smilie

0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:14
Klo ga bisa bayar THR penuh jgn buka usaha njing!!
Diubah oleh BlackFhein
profile-picture
bajier memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:21
Jgn kam pengusaha...... Lah utk rakayat aja tega di sembelih kok.

Jd gak usah baper dan sok menderita. Contohlah rakyat kecil walau menderita tetap bisa rokokan dan ngopi tiap hari
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:22
Kalau sejak dulu pengusaha indo peduli kesejahteraan karyawannya otomatis mereka akan sungkan terhadap bosnya. Tp faktanya yg ane lihat selama ini justru sebaliknya, pengusaha memeras tenaga & otak karyawannya tanpa diimbangi upah yg sepadan. Ibarat mereka bayar avanza mintanya dapat fortuner, bayar fortuner mintanya dapat alphard dst
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dell656 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:24
Ane paham, lg masa pandemi juga sih
emoticon-Malu
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:26
banyak jg kok perusahaan yg play victim ditengah corona.
padahal nyatanya ga semua sektor atau komoditas yg kena dampak jelek korona, yg paling kena mah sektor pariwisata sama sebagian retail
tapi komoditas lain? bukannya semua masih dibeli, dengan harga wajar... konsumtif masyarakat masih sama kok, tetep beli makan, beli barang... terus kemana dong uangnya kalo semua blg terdampak corona?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dell656 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:43
Yang pns ama bumn juga dong biar fair
0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:51
Untung karyawan gw slama ini ga pernah minta thr,kerja 24 jam jg ga masalah asal dipenuhi aja permintaannya yg mayan mahal diawal
0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:55
semoga cpt kelar pandemi
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:58
udahlah. Ini masih masa pandemi, belum semuanya pulih. Pengusaha dan karyawan saling paham aja.

Saya jg karyawan. Bukan pengusaha. Tp saya tw atasan saya jg berdarah2 survive di masa pandemi ini. Saya gk muluk2 nuntut THR, perusahaan ttp survive n saya bs ttp gajian aja saya ud seneng emoticon-Smilie

Banyak perusahaan yg collapse. Banyak karyawan yg diberhentikan. Klo masih punya kerjaan syukuri aja emoticon-Smilie

Klo sebagian buruh gk percaya perusahaannya bkal jujur kondisi keuangan, bawa aja ke meja hijau. Lagian klo emg dr awal ud suudzon trus sama para atasan, ngapain masih kerja di sana mpe saat ini? Keluar aja cari tempat lain yg lebih sehat n gajinya lebih besar.

Klo nyari kerja di tempat lain juga gk sanggup, nggak pede bakal dapet, nggak usah banyak ngeluh. Masih untung ada yg mau mperkerjakan.

Dibuat simpel aja. Gk suka ya cari tempat lain, gak sanggup ya syukuri kerjaan sekarang, klo masih gak percaya pengusaha ya jadi pengusaha aja sana cobain emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 18:58
Ekonomi tahun ini dibanding tahun lalu lebih parahan mana?
0 0
0
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
12-04-2021 19:14
Berhenti mengeluh,
ambil sekopmu,
ayo mengaduk semen bersamaku.

emoticon-Cool



---


Bersyukur gw masih dpt pekerjaan (tidak dirumahkan) di era pandemi kek gini.
Diubah oleh not.allowence
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia