News
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6072bde274cbaa3cd90f863f/siti-oetari---istri-pertama-sukarno-yang-jarang-diketahui
Kita lebih mengenal sosok Ibu Fatmawati sebagai "First Lady" setelah kemerdekan Indonesia, namun sebelum menikah dengan Fatmawati, Bung Karno telah lebih dulu menikah dengan gadis yang bernama Siti Oetari. Namanya mungkin memang tidak terlalu sering disebut dalam sejarah Indonesia, namun wanita asal Surabaya tersebut sebenarnya adalah istri pertama Bung Karno.
Lapor Hansip
11-04-2021 16:14

Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Past Hot Thread
Kita lebih mengenal sosok Ibu Fatmawati sebagai "First Lady" setelah kemerdekan Indonesia, namun sebelum menikah dengan Fatmawati, Bung Karno telah lebih dulu menikah dengan gadis yang bernama Siti Oetari.Namanya mungkin memang tidak terlalu sering disebut dalam sejarah Indonesia, namun wanita asal Surabaya tersebut sebenarnya adalah istri pertama Bung Karno.

Pernikahan pertama Bung Karno waktu itu dimulai di usia yang masih sangat muda, yakni usia 20 tahun. Sukarno waktu itu menikahi Siti Oetari yang berusia 16 tahun. Oetari adalah putri pertama dari tokoh Sarekat Islam, Haji Oemar Said Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto adalah 'Bapak Kos' Sukarno, selain itu Tjokro adalah sosok yang menginspirasi sekaligus guru bagi para pelajar yang kos dirumahnya yang berlokasi di Gang 7 Peneleh, Surabaya. Karena tinggal di tempat yang sama, hal itu membuat Siti Oetari dan Sukarno sering bertatap muka sehingga menjadi akrab. Keduanya bertemu pertama kali ketika gadis itu berumur 14 tahun, sementara Sukarno masih berusia 18 tahun.

Pada usia tersebut, tentu mereka sudah bisa tertarik dengan lawan jenis. Tidak butuh waktu lama bagi Sukarno untuk jatuh hati pada Oetari. Suatu hal yang tidak mengherankan, mengingat Oetari mempunyai wajah yang rupawan. Ternyata gayung pun bersambut, Oetari juga tertarik kepada Sukarno. Di mata Oetari, pemuda tersebut dikenal sebagai orang yang supel dan pandai.


Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Sukarno dan Oetari.

Ilustrasi Gambar: boombastis.com



Selain dikenal sebagai "Singa Podium" karena kemampuannya dalam berpidato, agaknya gelar "Raja Gombal" bisa disematkan kepada Bung Karno. Dengan rayuan mautnya, sudah banyak wanita yang berhasil ditaklukan. Kebetulan Sukarno juga memperlihatkan kepiawaiannya dalam "merayu" kepada Siti Oetari.

Suatu hari Siti Oetari diajak oleh Sukarno untuk berjalan-jalan di sebuah taman. Kesempatan tersebut tentu saja tidak dilewatkan begitu saja untuk menggombali gadis itu. Kurang lebih percakapannya seperti ini.


Quote:“Lak, tahukah engkau bakal istriku kelak ?” Oetari hanya menggeleng menanggapi pertanyaan itu.

Sukarno kemudian kembali bertanya, “Kau ingin tahu ?”

Karena sedikit penasaran, Oetari pun bertanya, “Di mana ?”

"Kau ingin tahu ? Boleh... Orangnya dekat sini. Kau tak usah beranjak karena orangnya ada di sebelahku..." tutur Sukarno.

Oetari sama sekali tidak menyangka dengan ucapan itu. Dia hanya dapat tersenyum dan terdiam beberapa lama. Hingga sebuah kata pun terucap, "Aku juga mencintaimu," ujar Oetari.



Pada waktu itu, mereka sedang duduk berdampingan. Mendengar gombalan seperti itu, hati wanita mana yang tidak meleleh ? Terlebih lagi, orang yang mengatakannya adalah Sukarno yang dari dulu sudah banyak disukai oleh banyak gadis. Tak hanya digombali saja, gadis itu juga diberi panggilan sayang, yaitu 'Lak'.


Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Ilustrasi taman zaman dulu.

Foto: ndonesia-zaman-doeloe.blogspot.com



Dari situ hubungan Sukarno dan Oetari semakin dekat. Meski begitu, Sukarno tetap berusaha menaruh hormat pada Tjokro dengan tidak menunjukkan kasih sayangnya kepada Oetari di hadapan Tjokro. Pada tahun 1919, istri Tjokro, Suharsikin wafat. Tjokro sempat kehilangan semangat dan Oetari merasakan kesedihan yang mendalam. Melihat Oetari bersedih, Sukarno pun ikut berduka.

Suatu hari, paman Oetari menanyakan sesuatu pada Sukarno. Sukarno ditanya apakah ia memiliki perhatian pada Oetari ? Tanpa ragu, Sukarno menjawab “Iya.” Hanya saja ia sempat dibuat ragu, mengingat saat itu baik Sukarno maupun Oetari masih berusia muda. Tapi akhirnya, Sukarno membulatkan tekad untuk menikahi Oetari.

Pernikahan Soekarno dengan Oetari dilakukan di rumah Tjokroaminoto yang legendaris, Gang Peneleh 7, Surabaya. Meski Tjokro adalah tokoh yang dikenal publik, pernikahan putrinya berlangsung sederhana dan dengan persiapan seadanya.


Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Gang Peneleh 7, tempat kos sekaligus tempat pernikahan Sukarno dan Oetari.

Ilustrasi: historia.id



Sebelum prosesi akad nikah, sempat terjadi ketegangan antara Sukarno dengan penghulu. Masalahnya cukup sepele. Penghulu meminta Sukarno mengganti jas dan dasi yang dikenakan saat akad nikah. Menurut sang penghulu, gaya pakaian Sukarno tidak sesuai dengan adat dan kebiasaan Islam pada masa itu. Sukarno pun marah, dengan suara lantang, Sukarno menolak peemintaan sang penghulu. Dia membentak penghulu dengan kata-kata tajam.

Quote:"Tuan Kardi... saya menyadari bahwa dulunya mempelai hanya memakai pakaian Bumiputra, yaitu sarung. Tetapi, ini adalah cara lama, aturannya sekarang sudah diperbarui," kata Sukarno.

Emosi membuat Sukarno terus mengeluarkan kata-kata tajam. Bahkan, ia mengancam akan membatalkan pernikahan.

"Barangkali lebih baik tidak kita lanjutkan hal ini sekarang," ujar Sukarno.

Protes terhadap perilaku Sukarno juga diperlihatkan imam masjid. Sejumlah tamu bahkan meninggalkan ruangan karena enggan terlibat debat. Tetapi, Sukarno tetap pada pendiriannya.

"Persetan tuan-tuan semua. Saya pemberontak dan akan selalu memberontak. Saya tidak mau didikte di hari pernikahan saya," ujar Soekarno.



Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Setelan jas yang pernah membuat ribut di hari pernikahan.

Ilustrasi: boombastis.com



Pernikahan itu kemudian berlangsung setelah Sukarno menenangkan diri. Saat menenangkan diri itu, jari Soekarno terbakar saat hendak menyalakan korek api ketika akan merokok untuk meredakan ketegangan. Sukarno memaknai itu sebagai sebuah firasat tidak baik dalam pernikahannya dengan Oetari.

Sukarno menikah dengan Oetari pada tahun 1921, saat itu Bung Karno berusia 20 tahun dan Oetari berusia 16 tahun. Setelah menikah, hubungan Sukarno dengan Oetari tidak terlihat mesra. Bahkan, Sukarno dan Oetari tidak menikmati masa bulan madu. Firasat buruk Sukarno pada hari pernikahannya pun mulai terlihat.

Setelah menikah, Sukarno semakin sibuk dengan aktivitas politik, termasuk ikut menemani Tjokro ke berbagai acara. Pada perkembangannya Sukarno pun mulai berpidato menggantikan Tjokro, saat Tjokro berhalangan.

Dikutip dari otobiografi Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, kepada Cindy Adams, Sukarno mengatakan kalau Oetari tak pernah disentuh dan tetap dijaga dalam keadaan suci. Rasa sayang kepada Oetari adalah rasa sayang seorang kakak terhadap adiknya.

Namun, ketika Oetari jatuh sakit, Sukarno tetap merawatnya dengan sepenuh hati. Akan tetapi sebagai suami istri tak ada keintiman yang tercipta. Meski berdampingan di satu tempat tidur, tetapi secara jasmaniah Bung Karno menganggap hubungannya sebagai kakak beradik.

Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Siti Oetari.

Ilustrasi Gambar: boombastis.com



Bung Karno juga memaknai pernikahannya sebagai 'kimpoi gantung', karena niat Sukarno menikahi Oetari untuk meringankan beban Oetari yang waktu itu baru kehilangan sang ibunda. Dilihat dari usia, sejatinya mereka belum matang untuk melepas masa lajang.

Pada tahun 1921 setelah menyelsaiakn pendidikannya di Surabaya, Bung Karno memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung/ITB). Ia pun harus meninggalkan sang istri di Surabaya. Namun, baru dua tahun di Bandung, Sukarno memilih menceraikan Oetari.

Pangkal masalahnya karena Sukarno muda waktu itu kepincut istri orang yang merupakan cinta sejati pertamanya, Inggit Garnasih. Inggit merupakan ibu kos Sukarno di Bandung. Menurut pengakuan Bung Karno yang juga tertulis dalam otobiografinya, saat bertemu Inggit, Sukarno merasakan cinta dewasa yang sudah ada birahi di dalamnya.

Karena kepincut sang ibu kos, Bung Karno lantas memutuskan untuk menceraikan Oetari pada tahun 1923, hal yang sama juga dilakukan Inggit dengan meminta cerai kepada suaminya. Kemudian Sukarno menikahi Inggit tanggal 24 Maret 1923. Perceraian antara Suakrno dan Oetari tidak membawa semacam luka. Masing-masing ikhlas dengan perpisahan yang ada. Setelah berpisah dengan Bung Karno, Oetari menikah dengan orang lain, sedangkan sang proklamator memulai kisah cintanya dengan Inggit.


Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Inggit Garnasih dan Soekarno.

Ilustrasi: wikipedia.org



Pengakuan Sukarno yang tidak pernah menyentuh Inggit sempat diragukan kebenarannya oleh Lambert Giebels, salah satu penulis otobiografi Sukarno berkebangsaan Belanda. Menurut Giebels, Oetari yang secara fisik memiliki daya tarik dan masih muda tidak mungkin 'didiamkan' Soekarno. "Bahwa apa yang dikatakan (Sukarno) pada otobiografi itu adalah penghinaan bagi Oetari yang manis dan menarik itu," ucap Giebels, dikutip dari buku Istri-istri Soekarno.

Lantas benarkah Sukarno tidak menyentuh Oetari sama sekali ? Hal ini masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang, namun dari beberapa otobiografi yang pernah ditulis, Sukarno dengan tegas mengatakan tidak pernah 'menyentuh' Oetari.

Tidak begitu banyak foto mengenai Siti Oetari yang bisa ditelusuri di dunia maya, jika gan sist penasaran dengan sosok Siti Oetari. Agan dan sista bisa melihat sedikit gambaran mengenai sosok Siti Oetari pada diri Maia Estianty. Kebetulan Mbak Maia merupakan cucu dari Siti Oetari.


Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui

Maia Estianty cucu Siti Oetari.

Ilistrasi: maiaestianyreal/Instagram



Setelah bercerai di usia 18 tahun, Siti Oetari kembali menikah pada tahun 1924 di usia 19 tahun dengan seorang bernama Sigit Bachroensalam. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai seorang putra benama Harjono Sigit Bachroensalam yang lahir tanggal 21 September 1939. Bapak Harjono Sigit juga dikenal sebagai ayah dari artis Maia Estianty. Bapak Sigit meninggal pada tahun 1981, meninggalkan Ibu Oetari sebagai janda di usia 76 tahun.

Cukup banyak wanita yang menjalin hubungan dengan Bung Karno, dan nenek dari Mbak Maia adalah salah satunya. Meskipun sosoknya jarang diketahui dan jarang disebut dalam buku sejarah di sekolah, akan tetapi beliau pernah menjadi seseorang yang spesial di hati Sang Putra Fajar.


Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah






Referensi: 1.2.3.4.5
Ilutrasi Gambar: boombastis.com, wikipedia.org
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 14:35
Jarang diekspos media istri pertama Soekarno ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 15:02
Mantap.. Jelas bgt penjelasannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 15:21
Dy muda ,mempunyai daya tarik..tidak mungkin tidak disentuh..itu kata penulis
#setuju
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 15:31
keturunan yg ini mirip gak..???emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 15:38
Masa d anggurin aga g percaya. Lagian tega juga ni BK, dinikahi cm buat alesan gtu. Kolot banget. Mana nyangkut ama istri orang lg. Blom smpe disitu dia juga ninggalin Inggit demi Fatma, dan ninggalin Fatma stelah punya anak lagi2 dgn istri orang Hartini. Hartini tp trmasuk yg paling setia dan sabar meski di cap buruk waktu itu. Belum puas gtu, Soekarno masih pula Nikahin Dewi Soekarno yg konon katanya mantan Geisha, kemudian lanjut Hariyati si Penari istana, kemudian Yurike Sanger yg dri manado, lanjut lg Kartini Manopo (mantan pramugari Garuda), trakhir yg diakui lgi yg dri kukar si Heldi Jafar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 15:58
nikeh cere nikeh cere, bosenan banget si bung ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 16:48
memang Lakik banget ini orang.. anak bapak kos dinikahi, istri orang dinikahi, anak angkat dinikahi. joss
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:19
Wah kalo tampangnya mirip maia mah cakep itu mah emoticon-Matabelo
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:20
Jadi total bung Karno pernah pny istri brp orang ya?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:21
Kalimat yang saya suka dari Soekarno "Persetan tuan-tuan semua. Saya pemberontak dan akan selalu memberontak."
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:21
Level presiden emang beda ya, keren abis emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:28
wah ternyata banyak yg ga diketahui 😁
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 17:43
Apakah dengan Siti Oetari mereka mempunyai anak???
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 18:53
Ada yang bisa ngalahin kharismanya Bung Karno?
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 20:26
Wahh bunda maia ternyata keturunan orang2 berpengaruh
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 21:02
Quote:Original Posted By gonugraha76
Astaga ... baru tau kalau nenek mbak Maia ternyata istri pertama bung Karno. Soal gak bung Karno tidak pernah menyentuh ibu Oentari kayaknya kok meragukan. Faktor usia muda, fisik yang mendukung, sah sebagai suami istri dan sifat playboy bung Karno jadi alasan ane gak percaya.


betul om, kalau gak disentuh itu memang meragukan, apalagi tidur seranjang emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By pannotia.server
Wah...udah ada darah orang besar rupanya dalam diri maia...


betul gan, kakek buyutnya cukup berpengaruh juga


Quote:Original Posted By dieq41
Bung Karno memang penuh kharisma, ditambah lg jd orang no 1 di indonesia pada masanya


raja gombal gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By don7ing
pleboy tjap kopeah

btw setuju ma si giebels, krn layaknya kaka'ade (wlo ketemu gede) gak perlu pernikahan, toh gak deal tradisi kuno maunya si penghulu

tapi compare ma poto cucunya kesannya gak sebanding, dgn pertimbangan kids jaman old keknya cenderung natural/belom banyak polesan apalagi style ala selebrem.


sayangnya foto nenek beliau pas muda jarang banget terdokumentasi gan, beda dengan istri Sukarno yang lain. setidaknya kecantikan Mbak Maia masih terlihat natural, dibanding kecantikan istri mantan suaminya emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By jlamp
Menikahi anak gurunya tapi nggak dicolek sedikitpun..

Maksudnya apa Bung Karno ini....

emoticon-Bingung


nah itu, adalah hal tidak mungkin menurut ane gan emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By gabener.edan
ane sih udah denger klo maia itu turunan tokoh besar bre,cuman baru tau klo ternyata iniemoticon-Matabelo


kakek buyutnya HOS Tjokro, salah satu tokoh besar juga gan, luar biasa memang



Quote:Original Posted By redemption878
Bnyk x kturunan Soekarno yg jd artis
Ada yg jd DJ gw lupa itu
Trus ratna galih jg descend ny Soekarno
emoticon-Big Grin


wahh siapa yang jadi dj gan ?, baru tahu ane emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By TuanLi
kalo dipikir bung karno muda itu sebagai playboy matre yah, menikahi karena mencari keuntungan dari istrinya.


gila wanita, presiden nomer 2 gila kekuasaan emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 21:10
Quote:Original Posted By andrade.ag7
Eh baru tau cucunya maya estinaty


semoga nisa menambah wawasan gan, cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By saya.kira
Seleranya MILF


asmara terlarang di Kota Kembang gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By lupis.manis
Dan pernikahan pertama Maya pun juga berujung dengan cerai.. Untuk kemudian menikah lagi yang kedua kali beberapa tahun kemudian..

Like grand mother like grand daughter. emoticon-Turut Berduka


nyesel banget itu pasti mantan suaminya, masih terlihat natural mbak Maia cantiknya


Quote:Original Posted By hhendryz
gile neneknya maia estanty coy , pantes dagh emoticon-Wow


semoga bisa menambah wawasan gan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By MemoryExpress
Kangen peneleh 7.

Dulu pas kecil makan tahu campur, pecel, rujak cingur, sate ayam, kikil dll pas lewat tinggal panggil. Ntah masih ada ga yang jualan, biasa dipanggul, taroh di kepala, atau pakai gerobak

Ane pas masih kecil mereka uda mbok2, ntah masih hidup apa ngga ya.

Cm terakhir ane denger cerita banyak pecandu di peneleh, ntah lah, uda puluhan tahun blm mampir peneleh


arek peneleh ya gan ?, rujak cingur salah satu favorit juga emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By extreme78
Baru tau ane ehemoticon-Ngakak


semoga bisa menambah wawasan gan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By emw.patrem
Sukarno mengatakan kalau Oetari tak pernah disentuh dan tetap dijaga dalam keadaan suci

emoticon-Wow gak caya emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak


memang sulit dipercaya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jabludngelud
Kakaknya maia lebih cakep lagi. Sekarang tinggal di aussie.
Sepupunya jg cakep2, anaknya ms hidayat.


terimakasih informasinya gan emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 21:17
Quote:Original Posted By theone222
Awalnya dengan anak bapak kos, kemudian dengan ibu kos. Kemudia naik level hingga menikahi Ratna sari Dewi (Japan)


total ada 9 kalau tidak salah gan istrinya


Quote:Original Posted By ash.10winston
Jarang diekspos media istri pertama Soekarno ini.


betul, istri pertama padahal anak gurunya


Quote:Original Posted By sultanmasikeren
Mantap.. Jelas bgt penjelasannya


terimakasih sudah mampir gan, masih ada typo ditulisannya, cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By seringboering
Dy muda ,mempunyai daya tarik..tidak mungkin tidak disentuh..itu kata penulis
#setuju
emoticon-Traveller


benar2 meragukan gan emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By jagotorpedo
keturunan yg ini mirip gak..???emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui


hmm mirip siapa ya ? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By a.dirnt
Masa d anggurin aga g percaya. Lagian tega juga ni BK, dinikahi cm buat alesan gtu. Kolot banget. Mana nyangkut ama istri orang lg. Blom smpe disitu dia juga ninggalin Inggit demi Fatma, dan ninggalin Fatma stelah punya anak lagi2 dgn istri orang Hartini. Hartini tp trmasuk yg paling setia dan sabar meski di cap buruk waktu itu. Belum puas gtu, Soekarno masih pula Nikahin Dewi Soekarno yg konon katanya mantan Geisha, kemudian lanjut Hariyati si Penari istana, kemudian Yurike Sanger yg dri manado, lanjut lg Kartini Manopo (mantan pramugari Garuda), trakhir yg diakui lgi yg dri kukar si Heldi Jafar.


betul kata agan, sudah komplit yang agan sebut. Ibu Hartini paling sabar, di pangkuan beliau Sang Putra Fajar meninggal


Quote:Original Posted By mubafirs
nikeh cere nikeh cere, bosenan banget si bung ini emoticon-Leh Uga


biar awet muda gan emoticon-Peace


Quote:Original Posted By ksatriaplastic
memang Lakik banget ini orang.. anak bapak kos dinikahi, istri orang dinikahi, anak angkat dinikahi. joss


andai ada buku cara merayu wanita karya Sukarno, pasti laku di pasaran gan
profile-picture
gonugraha76 memberi reputasi
1 0
1
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 21:20
Quote:Original Posted By andvha
Level presiden emang beda ya, keren abis emoticon-Wow


kharismanya tak tertandingi gan


Quote:Original Posted By the.nii.clan
wah ternyata banyak yg ga diketahui 😁


semoga bisa menambah wawasan baru gan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By newkris
Apakah dengan Siti Oetari mereka mempunyai anak???


tidak gan, menikah dengan Inggit selama 20 tahun pun belum dikaruniai anak, baru saat menikah dengan Fatmawati beliau dikaruniai anak


Quote:Original Posted By night.fury95
Ada yang bisa ngalahin kharismanya Bung Karno?


belum ada gan kayaknya

Quote:Original Posted By arimbii11
Wahh bunda maia ternyata keturunan orang2 berpengaruh


betul, cicit dari HOS Tjokro juga gan
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Siti Oetari - Istri Pertama Sukarno yang Jarang Diketahui
12-04-2021 21:56
Kenapa yang ditulis di sejarah tapi fatmawati ya kalo nyatanya siti oetari?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia