News
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607328a9a241e4360e478da4/ibu-bapak-siap-siap-berhemat-listrik-amp-lpg-3-kg-mau-naik
Pemerintah akan mengubah skema penghitungan harga listrik mengikuti tarif keekonomian. Hal ini akan berdampak bagi kenaikan tagihan listrik yang harus dibayarkan masyarakat.
Lapor Hansip
11-04-2021 23:49

Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik

Past Hot Thread
Quote:

Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Tarif listrik mungkin akan naik lagi. Hal ini terungkap dalam rapat antara Kementerian ESDM dan DPR pertengahan pekan ini.


Pemerintah akan mengubah skema penghitungan harga listrik mengikuti tarif keekonomian. Hal ini akan berdampak bagi kenaikan tagihan listrik yang harus dibayarkan masyarakat.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, sejak tahun 2017 lalu pemerintah memberlakukan tarif tetap dan saat ini akan memberlakukan tarif adjustment. Tujuannya untuk mengurangi beban dari APBN.

 Selama ini negara melalui APBN harus membayar selisih harga jual listrik atau kompensasi kepada PT PLN (Persero).

"Sejak 2017 kan memang kita tidak mengubah tarif listrik. Dan untuk segmen ini disebutnya kompensasi yang setiap tahunnya dibayarkan APBN ke PLN," ujarnya dalam Raker Banggar, Rabu (7/4/2021) lalu.

Rida menjelaskan, saat ini ada PLN memiliki 38 golongan pelanggan. Sebanyak 25 golongan mendapatkan subsidi dan 13 golongan atau 41 juta pelanggan tidak mendapatkan subsidi.

Golongan inilah yang selama ini harga jualnya tidak diubah Pemerintah sehingga harus dikompensasi saat terjadi perubahan kurs, harga Indonesian Crude Price (ICP), dan inflasi.

Oleh karenanya dengan skema tarif adjustment ini, kenaikan tarif listrik diperkirakan mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 101 ribu per bulan sesuai dengan golongan.

"Kalau diubah, itu naiknya Rp 18 ribu per bulan (900 VA), 1.300 VA naiknya Rp 10.800 per bulan. Lalu, kemudian yang R2 (2.200 VA) itu mungkin naiknya Rp 31 ribu per bulan. R3 (3.300 VA) naiknya Rp 101 ribu per bulan. Nah seterusnya," jelasnya.

Meski demikian, Pemerintah belum menetapkan kapan skema harga ini akan ditetapkan. Namun, ia berharap bisa segera diberlakukan pada tahun 2022 mendatang.

"Apakah ini akan sekaligus dinaikkan. Atau cuman beberapa kalangan aja, atau semua disesuaikan sekaligus dan bertahap sudah ada skenarionya untuk kompensasinya," tegasnya.

Kenaikan juga mungkin akan terjadi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg. Pekan ini Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah mengatakan pihaknya mendorong subsidi diubah menjadi skema pemberian bantuan sosial langsung kepada warga yang berhak menerima.
Alasannya, agar subsidi menjadi lebih tepat sasaran dan diterima oleh masyarakat dengan penghasilan terendah. Untuk itu, lanjutnya, data penerima subsidi akan disesuaikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Menurutnya, dengan diubah menjadi bantuan sosial (Bansos) langsung kepada warga, maka subsidinya akan menjadi lebih tepat sasaran. Seperti diketahui, subsidi LPG 3 kg selama ini masih ditujukan pada barang atau komoditasnya.


"Penjualan LPG akan disesuaikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial agar lebih tepat sasaran untuk 29,2 juta masyarakat bawah, 2,72 juta usaha mikro, 3,59 juta petani, dan 0,35 juta nelayan," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (09/04/2021).

Kemudian ke depannya menurutnya subsidi akan diberikan dalam bentuk non tunai langsung kepada masyarakat. Penerima subsidi menurutnya akan disatukan dalam Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga lebih efisien, tepat guna, dan tepat sasaran.

"Dalam jangka panjang mempergunakan sidik jari atau biometrik," ujarnya.

Jika subsidi LPG sudah tidak lagi ditujukan pada barang, maka harga jual LPG tabung 3 kg akan ditentukan sesuai dengan harga pasar. Artinya, harga LPG 3 kg akan naik sesuai dengan harga pasar.

"Kalau uang (bansos/ subsidi) langsung diterima masyarakat, harganya kan jadi sesuai keekonomian," ujarnya.

Harga LPG 3 kg di pasaran saat ini berkisar di harga Rp 20 ribu, artinya harga LPG 3 kg ini sekitar Rp 6.600 per kg. Sementara harga LPG non subsidi tabung 12 kg sekitar Rp 150 ribu, yang artinya harganya sekitar Rp 12.500 per kg.

Dengan demikian, ada gap atau selisih kurang lebih Rp 6 ribu per kg antara harga LPG bersubsidi tabung 3 kg dengan LPG non subsidi tabung 12 kg. Jika ikut harga pasar yang normal, maka harga LPG 3 kg akan naik menjadi sekitar Rp 37.500.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-3-kg-mau-naik



Tanda tanda roket lepas landas emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
magelys dan 20 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:03
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abk3304157 dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:12
Batubara naik. Bisa gak sih pakai lahar gunung diubah jadi energi??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:15
Anjrit listrik gw uda 3300, turunin lagi aja ke 2200 bisa ga ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rg13th dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:20
Sikat jo ..udah gk ada beban juga ...periode terahir .... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
klonenganjembud dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:27
YA BIASALAH!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 00:31
Kinerja bumn g beres kita yg nanggung semua hutang.
Pukul rata
Harga minyak naek untung nape jd kek bangke gini, gas paling gaje dinaikin lg sama pengecer bs 10 ap 20 rb lg.
Sambil Cari dana buat ibukota baru, g mungkin bangun dgn kapasitas listrik skrng salah satunya.
emoticon-Jempol

Yg dpt objekan proyek juga ud g mikir jabat apa ngga lg
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh Cosmoflip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 01:32
Ya gapapalah rakyat Indonesia kan kaya2. Bayar listrik doank mah kecil. Tiap hari aja bisa beli ferari. Berkat dipimpin 2 periode sama jokowi emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 01:46
2022 bkn waktu yg tepat karna ekonomi belum tentu bangkit akibat wabah koronak.
2023 atau 2024 mungkin naikin perlahan tapi kagak segede itu juga kaleee emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 02:22
Astaga.. Hadeuh.. emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 02:45
Selama hukum mati koruptor tidak di jalankan tidak akan mencapai hari tenang dalam pembangunan




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 02:47
LPG 3 Kg di tempat ane 45 ribu cuuoookkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jurumudi75 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:34
Duancooookkk, tolonglah jangan naik dulu di jaman yng masih ada pandemi kayak gini. gak kasih napas banget....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:37
Lebih baik masifkan program kompor listrik.
Kalau sudah banyak beralih.

Baru gas di hilangkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:45
Perlu turun daya ke 450 VA biar bayar listriknya murah.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:47
besok lebaran aja udah naek dari 20 jadi 30 katanya barang langka






























emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:54
mampus loe bonk. utang LN gakpp dah ada yg ngurus😂😂😂🖕🖕🖕
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 05:56
Biasa klo lebaran harga naek emoticon-Bingung apa nya yg dibingungin ?
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 07:02
Kalau diubah, itu naiknya Rp 18 ribu per bulan (900 VA), 1.300 VA naiknya Rp 10.800 per bulan. Lalu, kemudian yang R2 (2.200 VA) itu mungkin naiknya Rp 31 ribu per bulan. R3 (3.300 VA) naiknya Rp 101 ribu per bulan. Nah seterusnya

gak mudeng uraian ini?
maksunya harga per KWHnya beda² gitu?
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 07:15
Inilah cita cita hutang banyak... Perasaan tata kehidupan rakyat kecil... Terus meroket kemiskinan dimana mana🤣🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
belial dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ibu Bapak Siap-siap Berhemat, Listrik & LPG 3 Kg Mau Naik
12-04-2021 07:27
Kasihlah subsidi kepada orang yang tepat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia