ih.sul
TS
ih.sul
Kenapa Sih Kita Bisa Ngantuk?


Halo agan agan yang baru bangun tidur, matahari sudah ada di atas kepala sekarang jadi kalo agan agan baru bangun tidur kebangetan namanya.

Bicara soal tidur, tidur adalah suatu keadaan dimana tubuh kita ‘mati’ untuk sesaat dan mengistirahatkan otot otot di dalam tubuh. Saat seseorang tidur biasanya diawali dengan proses mengantuk terlebih dahulu meski ada beberapa orang yang bisa tidur tanpa perlu mengantuk alias pingsan.

Pernah nggak sih terlintas di pikiran kita kenapa kita bisa mengantuk? Biasanya saat mengantuk mata akan terasa berat dan otak akan menyuruh kita untuk tertidur tapi sebenarnya darimana asal rasa ngantuk tersebut?

Di dalam otak kita terdapat kelenjar pineal. kelenjar ini adalah oragan yang mengeluarkan zat zat atau hormon yang memiliki fungsi bagi tubuh manusia.

Kelenjar ini men sekresikan hormon melatonin. hormon ini berfungsi untuk mengontrol hormon hormon lain supaya bisa mempertahankan circadian rythm.

cyrcadian rythm atau irama sirkadian adalah jam biologis manusia selama 24 jam. Irama inilah yang memiliki peran penting bagi manusia untuk tertidur dan terbangun. Jadi hormon melatonin lah yang menyebabkan manusia mengantuk.



Jika hormon melatonin menyebabkan manusia mengantuk kenapa manusia tidak mengantuk setiap saat?kenapa hanya disaat saat tertentu saja?

Sekresi hormon melatonin di kelenjar pineal ternyata ditentukan oleh cahaya. Di dalam kelenjar pineal terdapat serabut saraf yang beberapa diantaranya terhubung langsung dengan penglihatan sehingga sangat sensitif terhadap cahaya.

Hormon melatonin paling banyak dihasilkan pada pukul 02-04 pagi dimana waktu tersebut merupakan saat gangguan cahaya paling minimal.
Paparan cahaya akan menghentikan sekresi hormon melatonin oleh karna itu di malam hari manusia akan lebih mengantuk dibanding siang hari.

Untuk gampangnya saat gelap produksi hormon melatonin meningkat dan saat terang produksi hormon melatonin menurun

Dengan irama sirkadian itu maka memang sewajarnya manusia beraktivitas di siang hari dan tidur di malam hari. Namun terlalu banyak cahaya di malam hari atau terlalu sedikit cahaya di siang hari dapat mengganggu irama sirkadian.

Contohnya saat mengalami jetlag dimana waktu biologis tubuh berubah atau bekerja dengan shift malam.

***

Kemudian saya bertanya tanya sendiri. Dulu saat saya masih sma saya sangat sering tertidur pada jam pelajaran. Apa yang menyebabkan itu? Padahal kondisi kelas sangat terang.

Ternyata hormon melatonin dapat dipengaruhi oleh banyak hal selain cahaya.

Apa saja?

kurang tidur



Tidur memiliki banyak fungsi dan salah satunya adalah membuang zat zat yang tidak penting seperti halnya hormon melatonin. Waktu tidur yang sedikit akan membuat tubuh tak dapat membuang hormon melatonin secara sempurna sehingga melatonin akan menumpuk dan akhirnya menyebabkan kantuk di pagi hari. So pastikan kalian semua tidur dengan cukup.

makanan



Ada beberapa zat yang dapat menjaga kesadaran tubuh manusia seperti halnya kafein, obat obatan atau capsaicin. Dengan meminum kopi di malam hari memang dapat membuat kita terjaga semalaman namun saat efek kafein habis hormon melatonin yang terus menumpuk akan menyerang dan membuat kita jauh lebih mengantuk dari biasanya.

Ada juga yang bilang bahwa manusia lebih mudah mengantuk saat perut kenyang. Ini disebabkan gizi yang kita serap dari makanan akan membantu merangsang berbagai hormon diotak dan salah satunya adalah melatonin.semakin banyak yang kita makan semakin besar pula rangsangannya. So, jika agan agan tidak ingin mengantuk sehabis makan janganlah makan terlalu kenyang.

gangguan mental



Otak merupakan organ paling penting dalam tubuh dan jika otak mendapat beban yang berlebihan seperti stress maka akan mengganggu banyak kerja tubuh. Stress yang berlebih juga akan mengganggu produksi hormon melatonin dan membuat pola tidur yang tidak teratur.

olahraga



Berolahraga dapat memicu detak jantung yang semakin cepat dan peredaran darah meningkat. Meningkatnya peredaran darah juga mempercepat proses metabolisme seperti pembuangan hormon melatonin. Inilah yang menyebabkan seseorang bisa dengan cepat sadar sepenuhnya di pagi hari jika berolahraga dan juga membuat seseorang sulit tidur sesudah olahraga.

kondisi



Meski tidak terasa namun kelelahan pasti akan menumpuk dalam tubuh saat kita beraktivitas. Karna itulah saat tubuh sedang tidak siaga atau pikiran sedang benar benar tenang maka keinginan untuk tidur akan langsung mengambil alih.

Rasa kantuk akan datang saat tubuh dalam kondisi pasif dimana kita tidak dituntut untuk melakukan apa apa. Hal inilah yang membuat saya sering tertidur saat dikelas.

***
Jadi intinya tidur itu merupakan kebutuhan setiap manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai hal yang kurang baik bagi tubuh.

Jadi jagalah kesehatan agan agan dengan tidur yang cukup dan makan yang teratur.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


Spoiler for sumber:
Diubah oleh ih.sul 30-07-2019 04:58
anasabilamilktoasthoneypakolihakbar
pakolihakbar dan 14 lainnya memberi reputasi
15
30.4K
142
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.