trifatoyah
TS
trifatoyah
Ada Kuntilanak Jualan Papeda, Mau Beli?


Kalau dulu anak-anak begitu takut mendengar suara cekikikan kuntilanak, tapi sekarang sudah tidak lagi, bahkan mbak kunti itu sekarang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, yang mau beli dagangannya. Apalagi kalau bukan jajanan kegemaran anak-anak se Nusantara.

Jaman memang serba sulit, apalagi setelah virus Corona melanda negeri, banyak usaha gulung tikar, pegawai kena PHK, imbas dari virus Corona memang luar biasa. Untuk mengatasi dapur tetap ngebul berbagai usaha dilakukan, termasuk Mbak Lia ini, dia rela berdandan seperti kuntilanak untuk menjajakan dagangannya berupa papeda.

Sebelum ada virus Corona melanda, penjual jajanan anak-anak ini biasa mangkal di sekolah-sekolah, praktis setelah Corona melanda mereka tidak berjualan di sekolah lagi, pemilik kantin di sekolah juga harus putar otak agar dapur tetap ngebul. Ada yang beralih memulai usaha dagangnnya secara online juga.

Seperti teman penjual lotekan yang pernah saya buat Thread kemarin, dia menjajakan lotekan melalui Media Sosial.
Sering saya jumpai pedagang makanan dadakan di pinggir jalan.
Karena tidak bisa mangkal di sekolahan. makanya para pedagang itu jualan keliling kampung. Bahkan ketika saya sedang melaksanakan pembelajaran melalui home visit ada saja penjual yang menghampiri, ya sebenarnya kasihan juga.



Wanita itu bernama Lia Afidah 30 tahun warga Jrebeng Kembang, Karangdadap, Pekalongan Jawa Tengah. Ini tetangganya temanku Bunda Nanik kalau ketemu bisa nanya-nanya nih. Setiap hari berpenampilan layaknya Kuntilanak, dengan tertawanya yang khas keliling kampung.

"Hihihihihihihihihihihihihihi."

Bukannya anak-anak ketakutan malah mendekati suara itu, ya Mbak Lia memang seorang pedagang papeda, jajanan anak-anak yang konon berasal dari Papua. Anak-anak begitu menanti kedatangan mbak Lia.

Papeda ini memang jajanan anak-anak dengan rasa jagung, ataupun balado. Saya sering memperhatikan ketika anak-anak membeli papeda ini, mereka menambahkan bumbu tabur sendiri, tentu saja dengan ijin penjualnya.
Biasanya sih anak-anak itu sangat akrab dengan penjualnya.



Dengan mengendarai sepeda motor Mbak Lia keliling kampung dengan tertawa layaknya kuntilanak beneran, anak-anak bukanya pada ketakutan eh malah datang mendekat untuk membeli dagangannya.



Sebelum berangkat mbak Lia selalu merias wajahnya, biar kelihatan seperti kuntilanak, tapi sepertinya anak-anak tidak takut dengan penampilannya. Malah menunggu-nunggu kehadirannya. Jajanan anak seharga Rp 1000 ini laris manis ternyata. Bukan hanya anak-anak remaja pun ada yang beli, penasaran dengan suara mbak kuntinya mungkin.





Marketing yang diterapkan Mbak Lia sih sah-sah saja, karena pedagang bebas berkostum, karena dulu di Pekalongan juga ada penjual mie lidi yang memakai pakaian necis layaknya pegawai kantoran dan dagangannya laris manis. Bahkan sampai masuk TV juga dulu. Entah kalau mbak Kunti yang satu ini. Kalau penjual mie lidi memang mangkal di Pekalongan kota, sedangkan Mbak Kunti ini lumayan jauh dari kota. Ada juga penjual cilor yang dandan layaknya penyanyi Rock, dengan rambut panjangnya. Berbagai marketing yang diterapkan menurut saya sih patut diacungi jempol. Berani tampil beda demi mengais rejeki.

Kalau suatu saat nanti saya ketemu mau beli lah, karena nggak jauh juga dari tempat tinggal saya. Bahkan saya juga sering lewat Desa Jrebeng Kembang.
Asal jangan ketemunya Mbak Kunti beneran bisa lari di tempat nih. Ya takuuuut lah.



Pernah juga saya melihat penjual sarang laba-laba, jajanan anak-anak gitu yang dimasak di tempat, eh bungkusnya digambari sendiri sama penjualnya, ditanya anaknya yang mau beli minta gambar apa, sayangnya waktu itu saya lagi gak bawa ponsel, anak-anak pada antusias membelinya.

Okey deh Gan Sis demikian Thread saya kali ini, tentang marketing penjual papeda keliling, semoga dagangannya laris manis ya Mbak Lia, mungkin bisa menginspirasi para pedagang yang lain, untuk bisa menarik pembeli, pokoknya yang penting halal, usaha lancar dah berkah tentunya. Aamiin ya rabbal alamin.

Sampai jumpa di Thread selanjutnya semoga tetap bahagia bersama dengan orang-orang tercinta.
Bye ... bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar
Klik
Klik

Diubah oleh trifatoyah 12-04-2021 05:11
c4punk1950...vikamujiadimakola
makola dan 19 lainnya memberi reputasi
20
94.1K
1.1K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.