News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
234
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607172e38c45d742286f95d3/tol-trans-sumatera-ditolak-sby-dieksekusi-jokowi-kini-bumn-tanggung-kerugian
Presiden Jokowi pada periode pemerintahan ke-1 & ke-2 sangat masif mendorong proyek jalan Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. Bila di Trans Jawa dikerjakan oleh swasta dan BUMN karena secara investasi menguntungkan, beda dengan proyek jalan tol di Sumatera. Secara kelayakan bisnis, Internal Rate of Return (IRR) proyek Tol Trans Sumatera rendah atau di bawah bunga perbankan. Sehingga tak menarik
Lapor Hansip
10-04-2021 16:41

Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian

Presiden Jokowi pada periode pemerintahan ke-1 & ke-2 sangat masif mendorong proyek jalan Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. Bila di Trans Jawa dikerjakan oleh swasta dan BUMN karena secara investasi menguntungkan, beda dengan proyek jalan tol di Sumatera.

Secara kelayakan bisnis, Internal Rate of Return (IRR) proyek Tol Trans Sumatera rendah atau di bawah bunga perbankan. Sehingga tak menarik dan tak menguntungkan secara bisnis. Akhirnya, Jokowi menugaskan BUMN infrastruktur, yakni PT Hutama Karya (Persero) untuk membangun Tol Trans Sumatera sepanjang 2.046 km.

Sebagai langkah awal, pemerintah memberikan bantuan permodalan berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk membantu pembiayaan di Tol Trans Sumatera yang diproyeksi menelan biaya investasi Rp 475,96 triliun. Artinya, 60 persen pembiayaan proyek dari PMN dan modal Perseroan, sisanya disokong oleh pinjaman perbankan hingga penerbitan surat utang.

“Ya. Memang itu tidak layak secara finansial tetapi sangat membantu pertumbuhan perekonomian jalan yang dilewati. Makanya kita minta penyertaan modal negara,” ujar Bintang Perbowo dalam wawancara dengan kumparan Kamis (13/2/2020). Saat itu, Bintang masih menjabat sebagai Dirut Hutama Karya.


Hingga akhir 2020, Hutama Karya bersama kontraktor pendukung telah menyelesaikan pembangunan 1.156 km jalan Tol Trans Sumatera, sementara 643 km sedang dalam proses konstruksi. Karena proyek tak layak secara bisnis, keuangan Perseroan ikut terdampak.

Hutama Karya mencatatkan kerugian Rp 2,09 triliun sepanjang tahun buku 2020. Kinerja Hutama Karya ini menurun tajam dibandingkan tahun 2019 yang masih mencatatkan laba bersih Rp 1,99 triliun. Biaya keuangan akibat pembayaran beban bunga pinjaman juga melonjak 215 persen di 2020 menjadi Rp 2,55 triliun.

Tol Trans Sumatera Sempat Ditolak SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum berakhirnya masa jabatan periode ke-2, disebutkan menolak campur tangan keuangan negara di proyek Tol Trans Sumatera. Suntikan PMN ke Hutama Karya ditolak DPR atas rekomendasi pemerintah. Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Tempo pada Agustus 2014, Sekretaris Kabinet kala itu, Dipo Alam menolak pemberian PMN ke Hutama Karya untuk proyek tol di Pulau Sumatera. Dipo disebut ingin ‘mengamankan’ Presiden SBY dari masalah hukum.

https://riaunews.com/2021/04/tol-tra...gung-kerugian/

Masih rugi ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 10:18
Ngutang di jalur transportasi itu ga salah kok.
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 10:22
rugi tapi kepake. tinggal tungu waktu agak lama untuk balik modal.
candi hambalang apa kabar tuh?
kepake untuk apa????
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 10:42
Mungkin yg ribut bilang rugi Mungkin Dia Dan Keluarga begal ny yg rugi. Berkurang Mobil yg mau dibegal
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 10:43
Ya akhi, dapet salam dari hambalang emoticon-Ngakak
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 10:48
rakyat tidak makan jalan tol wahai pemerintah thogut
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 11:32
Kadrun goblok teriak2 proyek rugi tp nikmatin tuh jalan tol sambil bilang dlm hati, biasa Lampung palembang 12 jam skarang cuma 5 jam, tp tetep yg salah jokowi...
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 11:36
Masalah jalan tol ini, kalo bisa semua pulau ada jalan tolnya dari ujung ke ujung...contohya ane yang merasakan dari zaman blm masuk listrik ampe sekarang dah masak pake listrik jauh bedanya. Apalagi masyarakat yang jalannya masih tanah liat menjadi jalan ber aspal sangat besar pengaruhnya... Misalnya petani, akan ada motivasi sendiri,,,,"wah enak yah bertani sekarang gampang bawa hasil kebunnya ke kota" atau "bang belikan lah canter baru itu, kau kan toke sawit, biar cepat buah kami diagkat,biar jangan nunggu ampe sore. Jalan ditempat kita kan dah bagus". Dari sini nampak, bisa menambah semangat masyarakat yang terdampak pembagunan ini.
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 12:33
wajar . sby tipikal main aman .gk brani keluarin kebijakan yg gk populer
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 13:33
Sumatera masi angker.. susah daerah sana bebrapa titik bnyk tkg palak .. penodongan
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 14:07
Bukan sekarang waktu yg tepat buat menilai
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 14:14
Yg ngomong tol ini ga membantu kira2 nar sumbernya penduduk sumatra bukan ya?
Wkwkwkkkkkk
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 14:15
emang sepanjang taon 2020 hutama karya cuma garap ini doang ? kok seperti mau di giring bahwa rugi nya HK gara2 ni proyek emoticon-Bingung
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 14:54
* bandung - aceh = 4 hari 3 malem ( 2 driver )

semenjak ada tol :

* bandung - aceh = 3 hari 2 malem ( 1 driver )



matursuwun pakde
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 15:09
10-20 thn rame tol sumatera,cus tambah jumlah penduduk,pabrik pabrik tambah nyk
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 15:36
Rakyat ga makan infrastruktur camkan itu
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 15:46
Ntar deh kalo pandemi dah usai, orang dah tumpah ke jalan lagi, bisa dievaluasi kalo tol tetep sepi
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 18:46
Tujuan BUMN emang nya kaya gitu kan
Utk mem back up pembiayaan yg ga ada untung nya utk negara
Betul dari pada di pake bikin candi
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 22:28
Gilakk biayanya banyak juga gan 😁,
0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
11-04-2021 22:28
ya gak mungkin langsuung untunglah.. lugu amet..
pasti ada estimasi BEP sekian tahun..
mulai profit sekian th...

palagi masih covid gini.. pasti sepi..
semua sektor mundur

cmiiw..
ini hutama karya masuk pengoperasian tol jg ye..
bukannya ini harusnya jasamraga ?

hutamakarya taunya ngebangun doank..
proyek kelar..pemerintah bayr
kalo sampe rugi management proyekny yg salah ?


0 0
0
Tol Trans Sumatera, Ditolak SBY Dieksekusi Jokowi, Kini BUMN Tanggung Kerugian
13-04-2021 14:29
gpp rugi... msyrkt sumatra ngerasain nikmatnya jalan tol setelah 75 thn merdeka....
setidaknyabukan dikorupsiin kyk candi tetangga yg lengser kmrn
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia