Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6067a2187ec5ce066d42eaed/enam-kota-di-as-ini-siap-membayar-digital-nomad-agar-tinggal-di-sana
Digital Nomad adalah satu sebutan baru, bagi mereka yang memperoleh penghasilan mereka tanpa harus bekerja 5 hari seminggu di kantor. Mereka bebas mengatur waktu mereka sendiri dan tidak terikat oleh tempat tinggal untuk mendapatkan pe
Lapor Hansip
03-04-2021 06:00

Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana

DIGITAL NOMAD

Masih ingat kasus Kristen Gray? Warga negara AS yang berkunjung di Bali dan akhirnya dideportasi dari Indonesia?

Digital Nomad adalah satu sebutan baru, bagi mereka yang memperoleh penghasilan mereka tanpa harus bekerja 5 hari seminggu di kantor. Mereka bebas mengatur waktu mereka sendiri dan tidak terikat oleh tempat tinggal untuk mendapatkan penghasilan.

Sebenarnya dari dulu pun tentu ada mereka yang memiliki posisi di mana pekerjaan tidak mengikat mereka lagi.

Namun di jaman di mana semua serba online, semakin banyak orang yang berhasil mendapatkan sumber penghasilan yang memberi mereka kebebasan untuk bekerja di mana saja.

Entah itu sebagai Programmer freelance, YouTuber, Blogger, trader, dsb.

Apalagi setelah terjadinya pandemi, di mana muncul kebijakan agar karyawan bekerja dari rumah. Pandemi ini menunjukkan bahwa bekerja tidak sama dengan hadir di kantor mulai jam 08:00-17:00.

Seseorang bisa produktif di mana saja dia berada.

Pemerintah dari berbagai kota dan negara pun dengan cepat melihat peluang ini.

Bayangkan jika seorang YouTuber tajir, tinggal di kota atau negara anda. Dia akan memenuhi kebutuhan hidupnya dan berbelanja di kota atau negara anda. Perekonomian kota dan negara anda, secara tidak langsung akan ikut 'kecipratan' rejeki yang dia dapatkan dari web.

Sehingga beberapa pejabat pemerintahan pun mulai berlomba mengeluarkan kebijakan yang menarik bagi para Digital Nomad ini (bukan dideportasi, malah diiming-iming agar datang).

Dari sumber referensi no.1 (expertvagabond.com) misalnya, setidaknya tercatat ada 18 negara yang memberikan visa ijin tinggal khusus untuk para Digital Nomad ini.

Yang paling agresif di antara negara-negara ini dalam menarik kedatangan Digital Nomad adalah AS.

Menurut sumber referensi no.2 setidaknya ada 6 kota di AS, yang bukan saja mengijinkan orang tinggal di kota mereka. Mereka bahkan bersedia membayar Digital Nomad yang bersedia menjadi warga kota mereka.

Tentu saja ada syarat-syarat penghasilan minimum dan bukti bahwa orang tersebut mendapatkan penghasilan dari usaha online-nya.


Berikut 6 kota di AS yang akan memberikan uang bagi Digital Nomad yang bersedia tinggal di kota mereka.

1. West Lafayette, Indiana

Inisiatif pemberian subsidi untuk berpindah sebesar 4000 Euro (sekitar 68 juta) ini muncul dari Universitas Purdue.

Mereka yang berhasil mendapatkan kuota akan tinggal di lingkungan kampus, akses ke jaringan dan fasilitas-fasilitas lain yang ada di kampus. Kandidat bisa mendapatkan uang sebesar 4000 Euro untuk digunakan sebagai biaya relokasi.

2. Savannah, Georgia

Sedikit berbeda dengan West Lafayette, program dari Kota Savannah ini khusus mencari profesional di bidang teknologi, dan akan memberikan uang ganti relokasi sebesar 1600 Euro atau sekitar 27 juta.

3. Tulsa Oklahoma

Penerima program ini akan mendapatkan 8500 Euro dan kesempatan untuk tinggal di lingkungan perumahan yang khusus sesuai dengan bidang pekerjaan, atau passion mereka, bertetangga dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sejalan.

Harapannya agar mereka bisa berkembang membentuk komunitas yang hidup dan hangat.

4. Topeka, Kansas

Kota Topeka memiliki dua pilihan bagi para Digital Nomad uang sebesar 8500 Euro, jika mereka berencana untuk membeli rumah di kota tersebut.

Atau subsidi sebesar 4000 Euro untuk kebutuhan hidup, jika Digital Nomad memilih untuk menyewa (artinya kemungkinan hanya akan tinggal sementara saja). Salah satu kelebihan kota ini dibandingkan kota lainnya, Topeka tercatat memiliki biaya kebutuhan hidup yang lebih rendah dibandingkan rata-rata biaya kebutuhan hidup di kota lain di AS.

5. Montpelier, Vermont

Montpelier disebut sebagai kota teraman di Amerika, dan bagi digital nomad yang bersedia untuk pinah ke kota ini, Montpelier menyiapkan 4200 Euro/tahun (sekitar 71,4 juta) selama 2 tahun.

Pendaftar yang pindah dan kemudian menjadi pekerja atau bisnis tetap di kota itu, akan mendapatkan bantuan sebesar 6,300 Euro (sekitar 107 juta).

6. Harmony, Minnesota

Harmony, Minnesota memberikan penawaran terbesar, 10.000 Euro, atau sekitar 170juta untuk membeli rumah.


-----------

Demikian gan sis, membaca berita ini, TS jadi teringat bagaimana akibat perang dunia II, AS berhasil menyaring banyak orang berbakat dari berbagai negara Eropa yang pergi mengungsi.

Saat ini mungkin situasi yang sama sedang terjadi.

Bagaimana dengan Indonesia gan sis? Apakah kita perlu ikut-ikutan dengan negara lain? Mengundang warga negara asing untuk tinggal di negara kita?



Sumber referensi
1. https://expertvagabond.com/digital-n...ad-work-visas/
2. https://www.euronews.com/travel/2021...-towns-america
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 06:31
Kota kota open minded yaa.. Mereka tau peluang dibalik itu semua sampe berani menawarkan tempat tinggal beserta jaminan hidup disana.. Menarik sih, patut dicontoh juga..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 07:41
Oklahoma kota tornado emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 08:06
kalo dapat penghasilan bnyk dari online ngapain pindah ke negara maju yg pajak nya besar.. mending ke negara kecil yg ga ribet..
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 08:52
gitu ye gan
kabar youber sm , influencer dll kena pajak gmna?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 09:39
dibali jadi banyak digital nomad didaerah canggu khususnya emoticon-linux2 itu ada videonya dibali asal g nyebarin paham SJW aja silahkan klo mau kerja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 10:23
Bisa nih para konten kreator tinggal di sana
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 11:13
Berarti emang semakin banyak orang orang yang mengakui kalo bidang ini bisa bikin suatu daerah berkembang ya. Semoga aja semakin maju
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 12:03
‏‏‎
‏‏‎
Diubah oleh Mie88888
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 12:33
Quote:Original Posted By lonelylontong
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana

DIGITAL NOMAD

Masih ingat kasus Kristen Gray? Warga negara AS yang berkunjung di Bali dan akhirnya dideportasi dari Indonesia?

Digital Nomad adalah satu sebutan baru, bagi mereka yang memperoleh penghasilan mereka tanpa harus bekerja 5 hari seminggu di kantor. Mereka bebas mengatur waktu mereka sendiri dan tidak terikat oleh tempat tinggal untuk mendapatkan penghasilan.

Sebenarnya dari dulu pun tentu ada mereka yang memiliki posisi di mana pekerjaan tidak mengikat mereka lagi.

Namun di jaman di mana semua serba online, semakin banyak orang yang berhasil mendapatkan sumber penghasilan yang memberi mereka kebebasan untuk bekerja di mana saja.

Entah itu sebagai Programmer freelance, YouTuber, Blogger, trader, dsb.

Apalagi setelah terjadinya pandemi, di mana muncul kebijakan agar karyawan bekerja dari rumah. Pandemi ini menunjukkan bahwa bekerja tidak sama dengan hadir di kantor mulai jam 08:00-17:00.

Seseorang bisa produktif di mana saja dia berada.

Pemerintah dari berbagai kota dan negara pun dengan cepat melihat peluang ini.

Bayangkan jika seorang YouTuber tajir, tinggal di kota atau negara anda. Dia akan memenuhi kebutuhan hidupnya dan berbelanja di kota atau negara anda. Perekonomian kota dan negara anda, secara tidak langsung akan ikut 'kecipratan' rejeki yang dia dapatkan dari web.

Sehingga beberapa pejabat pemerintahan pun mulai berlomba mengeluarkan kebijakan yang menarik bagi para Digital Nomad ini (bukan dideportasi, malah diiming-iming agar datang).

Dari sumber referensi no.1 (expertvagabond.com) misalnya, setidaknya tercatat ada 18 negara yang memberikan visa ijin tinggal khusus untuk para Digital Nomad ini.

Yang paling agresif di antara negara-negara ini dalam menarik kedatangan Digital Nomad adalah AS.

Menurut sumber referensi no.2 setidaknya ada 6 kota di AS, yang bukan saja mengijinkan orang tinggal di kota mereka. Mereka bahkan bersedia membayar Digital Nomad yang bersedia menjadi warga kota mereka.

Tentu saja ada syarat-syarat penghasilan minimum dan bukti bahwa orang tersebut mendapatkan penghasilan dari usaha online-nya.


Berikut 6 kota di AS yang akan memberikan uang bagi Digital Nomad yang bersedia tinggal di kota mereka.

1. West Lafayette, Indiana

Inisiatif pemberian subsidi untuk berpindah sebesar 4000 Euro (sekitar 68 juta) ini muncul dari Universitas Purdue.

Mereka yang berhasil mendapatkan kuota akan tinggal di lingkungan kampus, akses ke jaringan dan fasilitas-fasilitas lain yang ada di kampus. Kandidat bisa mendapatkan uang sebesar 4000 Euro untuk digunakan sebagai biaya relokasi.

2. Savannah, Georgia

Sedikit berbeda dengan West Lafayette, program dari Kota Savannah ini khusus mencari profesional di bidang teknologi, dan akan memberikan uang ganti relokasi sebesar 1600 Euro atau sekitar 27 juta.

3. Tulsa Oklahoma

Penerima program ini akan mendapatkan 8500 Euro dan kesempatan untuk tinggal di lingkungan perumahan yang khusus sesuai dengan bidang pekerjaan, atau passion mereka, bertetangga dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sejalan.

Harapannya agar mereka bisa berkembang membentuk komunitas yang hidup dan hangat.

4. Topeka, Kansas

Kota Topeka memiliki dua pilihan bagi para Digital Nomad uang sebesar 8500 Euro, jika mereka berencana untuk membeli rumah di kota tersebut.

Atau subsidi sebesar 4000 Euro untuk kebutuhan hidup, jika Digital Nomad memilih untuk menyewa (artinya kemungkinan hanya akan tinggal sementara saja). Salah satu kelebihan kota ini dibandingkan kota lainnya, Topeka tercatat memiliki biaya kebutuhan hidup yang lebih rendah dibandingkan rata-rata biaya kebutuhan hidup di kota lain di AS.

5. Montpelier, Vermont

Montpelier disebut sebagai kota teraman di Amerika, dan bagi digital nomad yang bersedia untuk pinah ke kota ini, Montpelier menyiapkan 4200 Euro/tahun (sekitar 71,4 juta) selama 2 tahun.

Pendaftar yang pindah dan kemudian menjadi pekerja atau bisnis tetap di kota itu, akan mendapatkan bantuan sebesar 6,300 Euro (sekitar 107 juta).

6. Harmony, Minnesota

Harmony, Minnesota memberikan penawaran terbesar, 10.000 Euro, atau sekitar 170juta untuk membeli rumah.


-----------

Demikian gan sis, membaca berita ini, TS jadi teringat bagaimana akibat perang dunia II, AS berhasil menyaring banyak orang berbakat dari berbagai negara Eropa yang pergi mengungsi.

Saat ini mungkin situasi yang sama sedang terjadi.

Bagaimana dengan Indonesia gan sis? Apakah kita perlu ikut-ikutan dengan negara lain? Mengundang warga negara asing untuk tinggal di negara kita?



Sumber referensi
1. https://expertvagabond.com/digital-n...ad-work-visas/
2. https://www.euronews.com/travel/2021...-towns-america


Barangkali @KS69 berminat... emoticon-Big Grin


biar nggk jadi pengangguran disini dan WESTERN PHOBIA melulu... emoticon-Ngakak
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 12:39
Ini di US tapi kok dikasihnya Euro 😂
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 14:04
Tawaran yang cukup menarik, semoga saja para digital nomad indonesia tidak bergeser kesana. Meskipun ada tawaran uang jika mereka pindah kesana, tapi biaya hidup disana tentunya juga tidak sedikit.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 15:01
orang asia ke u.s sih dipersulit lho klo mau berkembang, white supremacy banget pokoknya
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 15:41
Crypto trader gak termasuk ya emoticon-Bingung
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
11-04-2021 21:05
Mau jugaaa donggg hehehehehe..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
12-04-2021 06:58
Bayarin digital nomad asli amrik aja biar gak pada ke bali kayak kasus kemarin tuh
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
12-04-2021 10:35
Pinter juga strateginya emoticon-Big Grin gak ditiru Indonesia tuh? emoticon-Malu
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
12-04-2021 11:28
tuh tinggal mau diem d kota sana...
0 0
0
Enam Kota di AS Ini Siap Membayar Digital Nomad Agar Tinggal di Sana
12-04-2021 21:02
Ttp baca dan mencoba paham
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia