Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Cina Pamer Robot Anjing, Netizen: Memiliterisasi Teknologi Untuk Menyerang AS
Screenshoot video dari Twitter/UnitreeRobotics

Sebuah perusahaan raksasa teknologi robotika Cina "Unitree Robotics" mengunggah sebuah video singkat di media sosial Twitter, tentang perkembangan teknologi robot anjing mereka yang kini mulai tahap finishing. Robot dengan kecerdasan buatan ini bernama Aliengo, yang dirancang khusus dengan performa tinggi untuk menjadi robot pendamping berolahraga.


Dalam video tersebut memperlihatkan puluhan robot Aliengo berjongkok di lantai kemudian melompat kembali keposisi jongkok, lalu mencondongkan tubuh ke depan dan kemudian kembali kepada posisi awal, robot ini semuanya bergerak secara bersamaan. Tampaknya Cina sangat terobsesi dengan kecerdasan buatan (AI) baik bidang komputer atau robot.

Setelah diunggahnya video tersebut banyak komentar julid dan takjub netizen diantaranya akun Twitter.com/@pjwJR"China mencoba memiliterisasi teknologi ini untuk menyerang Amerika Serikat," sementara yang lain mengatakan bahwa adegan tersebut menyerupai beberapa cuplikan film "Metalhead - Black Mirror" yang dirilis pada tahun 2017, yang berkisah tentang para manusia yang lari dan bersembunyi dari anjing robot yang mematikan.

Foto: unitree.com

Menurut situs web Unitree.com, robot Aliengo tersebut dilengkapi dengan kamera kecerdasan buatan (AI) dan kamera pemetaan yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan Aliengo membuat peta 3D di sekitar mereka secara real time yang artinya setiap jalan yang dilewati robot akan dipetakan.

Robot Aliengo juga dapat mengenali manusia yang sudah diprogram tujuannya agar dapat mengenali pemilik, orang disekitar bahkan bisa digunakan untuk menetapkan target. Aliengo ini dapat berjalan baik di segala medan, dan juga bisa mengikuti majikannya kemana saja.

Foto: unitree.com

Selain itu, robot ini mampu melakukan aksi akrobatik yang kompleks, seperti jungkir balik, berlari dengan kecepatan maksimum 12 kilometer per jam dan membawa muatan hingga 5 kilogram. Robot Aliengo dapat hidup dan bergerak selama 1 hingga 2,5 jam dengan sekali pengisian daya.

Menurut perusahaan raksasa robotika Cina Unitree, pembuatan robot ini memiliki karakteristik untuk membantu manusia dalam berolahraga, dan sejauh ini tidak ada kaitannya dengan dunia Militer seperti persepsi dari beberapa orang.


Referensi: Dailymail.co.uk - Chinese robotics Aliengo
anjaultraskhoirul48Daniswara92
Daniswara92 dan 21 lainnya memberi reputasi
18
6.5K
91
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.