rizapadlevi
TS
rizapadlevi
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?

Gambar ngambil di Google

Pernahkah merasa kurang berguna, mau ngelakuin suatu hal pasti rasanya serba salah. Apalagi soal hobi, ini yang sering terjadi. Contohnya misal ts lagi belajar gitaran di kamar sendirian, tiba tiba mikir kok kayak ngga ada guna belajar gitar karena ngga ngehasilin apa apa dari ngebawain lagu atau ngecover dsb. Dan itu jadi penghancur mood dan ngebuat ts mikir untuk udahan belajar gitarnya.


Sering juga tuh di medsos atau di artikel artikel, banyak yang nulis "kita itu harus produktif selama masa pandemi ini", terus dibuat juga listickle di artikelnya produktifnya kayak ngisi waktu luang dengan hobi. Tapi yang jadi pertanyaan lagi nih ya, apakah produktif itu harus menghasilkan suatu profit? Kalo iya, berarti artikel itu salah dong.. Tapi kalo tidak harus menghasilkan profit, berarti ada yang salah dengan ts yang merasa kurang berguna.

Contoh lain yang membuat ts bertanya tanya adalah ada artikel yang mengatakan bahwa denger podcast itu produktif. Menurut ts, ada kalanya denger podcast itu produktif dan ada kalanya tidak. Misal dengar podcast waktu ngerjain tugas, karena bakalan bingung mau fokus kemana, alhasil pengerjaan tugasnya melambat. Selain itu juga, ngedegar podcast pasti membutuhkan paket internet yang pasti kalo durasinya berjam-jam bakalan ngehabisin paket bisa sampe gigaan byte.

Kalo menurut ts sendiri sih, produktif itu ngga harus ngehasilin profit kayak uang dan keuntungan finansial lainnya, karena produktif juga secara harfiah berarti menghasilkan suatu keluaran yang berguna. Nah mungkin dari gitaran, bisa meningkatkan skill ts dalam bermusik yang sewaktu waktu nanti ada gunanya, ya namanya nasib mana ada manusia yang tau, iya kan?... Tapi pertanyaan ts masih belum terjawab nih yang masalah kenapa rasanya kurang berguna kalo lagi menyalurkan hobi, apakah ts melakukannya diwaktu yang kurang tepat? Atau ts seharusnya menyalurkan hobi yang berbeda?

Mungkin itu saja, sekian keresahan dari ts... Harapannya sih ada yang lebih paham dan bisa menjelaskannya di komentar... Kalo engga juga gapapa, paling tidak ada diskusi pada kolom komentar dibawah.


Terima kasih 🙏
Diubah oleh rizapadlevi 02-02-2022 13:09
khoirul48Daniswara92i.am.legend.
i.am.legend. dan 21 lainnya memberi reputasi
20
3.3K
69
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.3KThread40.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.