Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606faa2a5ba9f1181c44f013/apakah-produktif-harus-selalu-menghasilkan-profit
Pernahkah merasa kurang berguna, mau ngelakuin suatu hal pasti rasanya serba salah. Apalagi soal hobi, ini yang sering terjadi. Contohnya misal ts lagi belajar gitaran di kamar sendirian, tiba tiba mikir kok kayak ngga ada guna belajar gitar karena ngga ngehasilin apa apa dari ngebawain lagu atau ngecover dsb. Dan itu jadi penghancur mood dan ngebuat ts mikir untuk udaha
Lapor Hansip
09-04-2021 08:13

Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
Gambar ngambil di Google

Pernahkah merasa kurang berguna, mau ngelakuin suatu hal pasti rasanya serba salah. Apalagi soal hobi, ini yang sering terjadi. Contohnya misal ts lagi belajar gitaran di kamar sendirian, tiba tiba mikir kok kayak ngga ada guna belajar gitar karena ngga ngehasilin apa apa dari ngebawain lagu atau ngecover dsb. Dan itu jadi penghancur mood dan ngebuat ts mikir untuk udahan belajar gitarnya.

Sering juga tuh di medsos atau di artikel artikel, banyak yang nulis "kita itu harus produktif selama masa pandemi ini", terus dibuat juga listickle di artikelnya produktifnya kayak ngisi waktu luang dengan hobi. Tapi yang jadi pertanyaan lagi nih ya, apakah produktif itu harus menghasilkan suatu profit? Kalo iya, berarti artikel itu salah dong.. Tapi kalo tidak harus menghasilkan profit, berarti ada yang salah dengan ts yang merasa kurang berguna.

Contoh lain yang membuat ts bertanya tanya adalah ada artikel yang mengatakan bahwa denger podcast itu produktif. Menurut ts, ada kalanya denger podcast itu produktif dan ada kalanya tidak. Misal dengar podcast waktu ngerjain tugas, karena bakalan bingung mau fokus kemana, alhasil pengerjaan tugasnya melambat. Selain itu juga, ngedegar podcast pasti membutuhkan paket internet yang pasti kalo durasinya berjam-jam bakalan ngehabisin paket bisa sampe gigaan byte.

Kalo menurut ts sendiri sih, produktif itu ngga harus ngehasilin profit kayak uang dan keuntungan finansial lainnya, karena produktif juga secara harfiah berarti menghasilkan suatu keluaran yang berguna. Nah mungkin dari gitaran, bisa meningkatkan skill ts dalam bermusik yang sewaktu waktu nanti ada gunanya, ya namanya nasib mana ada manusia yang tau, iya kan?... Tapi pertanyaan ts masih belum terjawab nih yang masalah kenapa rasanya kurang berguna kalo lagi menyalurkan hobi, apakah ts melakukannya diwaktu yang kurang tepat? Atau ts seharusnya menyalurkan hobi yang berbeda?

Mungkin itu saja, sekian keresahan dari ts... Harapannya sih ada yang lebih paham dan bisa menjelaskannya di komentar... Kalo engga juga gapapa, paling tidak ada diskusi pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih 🙏
Diubah oleh rizapadlevi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
09-04-2021 08:27
Menurut agan dan aganwati sekalian gimana nih?
0 0
0
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
09-04-2021 12:22
Produktif itu soal menghasilkan sesuatu. Sesuatu yg dihasilkan itu ga mesti uang. Ente bisa menghasilkan keterampilan, ide, karya, atau bahkan ilmu baru. Soal duitnya, tinggal gimana ente menjual apa yg ente hasilkan.

Ente punya ilmu atau keterampilan baru, ya ente bisa jual jasa kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
09-04-2021 14:06
Pengertian produktif adalah segala sesuatu yang menghasilkan atau mendatangkan keuntungan, dalam jumlah yang besar dan banyak atau yang sering kita sebut dengan sikap yang memiliki konsep, bahwa hari ini harus bermanfaat lebih baik dibanding hari kemarin, serta hari esok harus lebih baik dari hari ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
09-04-2021 15:38
wah ini simple tapi bikin bingung , kaya cari passion sih sebenernya.
kadang ga cuma ada 1 hal yg kita sukai, ada beberapa , dan kerap kali beberapa hal itu ga berhubungan satu sama lain .

jadi kalau mau belajar bingung tu, kepikiran kalo aku belajar ini nanti aku ga mahir ini dong , bla bla bla
galau kan? kalo aku sih tetep pilih satu yg paling ku sukai dan ga bisa bosen gitu lho lakuin hal itu walopun sering

kalu ditanya Produktif apakah harus Menghasilkan Profit?
jawabanku IYA

Kenapa ?
Jujur menghasilkan profit dari hobi itu lebih asik drpada Kerja karena kewajiban di kantor misal.
Ya atau ya?

Jadi walopun ga profit skr , setidaknya bikin milestone kapan hobi mu ini bisa menghasilkan, setidaknya berusaha untuk menghasilkan , perkara ada profit gaknya ya proses kedepannya

itu sih gan menurutku
CMIIW
emoticon-Ultah
Diubah oleh robotomax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 01:39
Many people, including scientists, were not rich doing what they loved. Everything was based on enthusiasm, the desire to learn new things, to achieve the set goal and just experiment. Poets wrote because they fell in love with married or single young girls, but this is also an aspiration. Productivity is about gaining experience, or rather, getting results. And everyone has his own. Someone has money, someone has power, someone has an ego.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:05
kalo menurut ane sih produktif itu artinya hal-hal yang dilakukan yang membuahkan hasil atau pencapaian pada diri sendiri. jadi meskipun hobi gitu, buat orang lain gak penting tapi buat kita itu jadi suatu pencapaian yang buat kita sendiri senang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:13
apakah profit melulu tentang materi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tulip.putih dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:14
Memang gak harus ngehasilin profit sih.. Yg penting tuh diri kita ngerasa ada skill yg nambah, itu udah cukup dibilang produktif..
profile-picture
profile-picture
rizapadlevi dan bauasemloe memberi reputasi
2 0
2
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:17
ga harus profit kok
kalau menghasilkan kesenangan sendiri jg termasuk produktif kok
profile-picture
profile-picture
rizapadlevi dan bauasemloe memberi reputasi
2 0
2
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:20
Ya, gue juga sering mempertanyakan ini gan..
profile-picture
rizapadlevi memberi reputasi
1 0
1
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:25
Saya dulu produktif nulis artikel di blog, tapi gk untung malah buntung, akhirnya saya berhenti blogging
profile-picture
profile-picture
rizapadlevi dan setiapmenit memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:27
gitubye gan
nice sharenya
profile-picture
rizapadlevi memberi reputasi
1 0
1
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:30
Apakah membersihkan dan merapihkan rumah yang berantakan termasuk kegiatan yang produktif?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:31
yg namanya produktif ya udah pasti menghasilkan profit.


dan perlu di ingat.
profit itu g melulu harus dalam.bentuk uang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:34
Kebanyakan juga gitu sih gan.. pasti menghasilkan profit..sedikit gpp yang penting produktif juga..
Diubah oleh sunshii32
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:35
During WFH ini ane isi dengan pelatihan dan alhamdulillah ane dah lulus dan menjadi orang ke-32 di Indonesia yg pny sertifikasi ini dan orang yg pertama di holding. Dan ane dah mulai main saham. Semoga apa yg ane lakukan sudah sedikit lebih produktif emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:48
Produktif itu adalah kegiatan yang dapat dinikmati hasilnya, dan belum tentu uang juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:50
Produktif menurut ane punya kegiatan yang berguna gitu, ga gabut tapi kegiatan nya ada manfaatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:55
Produktif wajib menghasilkan profit...
tp profit tidak selalu materi...

Bs pengalaman... bs relasi... jgn melulu duit emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:56
Kalau dari akar katanya sendiri ya, produktif, berkaitan dengan kata produksi, atau menghasilkan sesuatu.

Sesuatu itu tentunya diartikan sesuatu yg positif ya.

Skrg pertanyaan-nya, apakah aktivitas kita itu menghasilkan sesuatu yg positif, atau negatif.

Aktivitas yg sama, dilakukan dua orang yg berbeda, bisa saja kemudian pada orang pertama menjadi menghasilkan sesuatu yg positif, sementara pada orang kedua menghasilkan sesuatu yg negatif.

Tergantung sikap dan bagaimana mereka memandang, memaknai dan memproses aktivitas itu scr internal dlm diri mereka.

Mungkin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
B-Log Collections
Stories from the Heart
seumur-hidup-dibalik-penjara
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia