News
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6070e7efd10af62d9d72bd1a/duh-pengusaha-sebut-proyek-infrastruktur-jokowi-bisa-mubazir
Jakarta - Sejak tahun 2014, berbagai macam proyek infrastruktur dibangun di tanah air. Mulai dari jalan tol, pelabuhan, bandara, jembatan, bendungan, lumbung pangan, dan sebagainya. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), infrastruktur memang menjadi salah satu prestasi andalannya. Di balik proyek infrastruktur, ada BUMN yang ditugaskan negara untuk membangunnya. BUMN itu pun juga
Lapor Hansip
10-04-2021 06:49

Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir

Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir

Jakarta - Sejak tahun 2014, berbagai macam proyek infrastruktur dibangun di tanah air. Mulai dari jalan tol, pelabuhan, bandara, jembatan, bendungan, lumbung pangan, dan sebagainya. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), infrastruktur memang menjadi salah satu prestasi andalannya.

Di balik proyek infrastruktur, ada BUMN yang ditugaskan negara untuk membangunnya. BUMN itu pun juga menggaet vendor-vendor lokal untuk membantu pengerjaannya.

Namun, di balik ajakan kerja sama itu, vendor lokal harus menghadapi berbagai tantangan, salah satunya dalam masalah keuangan. Di setiap proyek yang dilelang BUMN, para vendor lokal harus bersaing menawarkan jasa yang murah dengan kualitas terbaik. Sayangnya, meski sudah menekan harga dan memberikan kualitas terbaik, para vendor lokal masih harus menunggu lama untuk menerima pembayaran dari BUMN.

"Mereka (BUMN) kan juga mencari harga terendah. Mereka kan sudah banting harga juga ketika tender. Mereka juga pasti mepet, maka mereka mencari harga yang lebih murah, tapi berkualitas. Tapi ketika sudah murah, berkualitas, tetap lambat pembayarannya, tetap dicicil. Itu yang dikeluhkan teman-teman di daerah," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa kepada tim Blak-blakan detikcom, Kamis (8/4/2021).

Di sisi lain, proyek yang telah dibangun pun tidak secara otomatis membuahkan keuntungan bagi BUMN, sehingga pembayaran kepada vendor lokal semakin molor. Oleh sebab itu, menurut Andi pembangunan infrastruktur bisa menjadi mubazir apabila tak dimanfaatkan dengan baik.

"Ya mubazir, bikin jalan nggak dimanfaatkan karena tidak tumbuh sentra-sentra ekonomi di antara infrastruktur yang harganya triliunan itu," tegas Andi.

Untuk itu, menurutnya sangat penting membangun sentra-sentra ekonomi di sekitar infrastruktur yang sudah dibangun dan menghidupkan. Dengan demikian, proyek yang telah dikerjakan pun tidak sia-sia, justru bisa memberikan multiplier effect bagi masyarakat.

"Saya tidak ingin mengatakan pemerintah tidak punya master plan yang bagus, tidak punya perencanaan yang baik. Karena maksud saya kita menikmati infrastruktur yang ada saat ini. Ini pencapaian yang luar biasa. Tinggal bagaimana jalan tol yang dibangun itu menjadi multiplier effect bagi masyarakat sekitarnya," papar dia.

Ia memberi contoh proyek infrastruktur yang berhasil dibangun dan dibangun Indonesia pada masa Orde Baru. Proyek apa itu, lihat di halaman selanjutnya.

Menurutnya, ada infrastruktur yang sukses dibangun di Indonesia bersama dengan sentra-sentra ekonominya. Infrastruktur itu adalah distrik Kuala Kencana di Kota Timika, Papua. Kuala Kencana adalah kawasan yang dibangun bak kota modern, yang diresmikan sejak tahun 1995.

Kuala Kencana dibangun dan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit (RS), pasar, dan sebagainya sehingga menciptakan sentra ekonomi. Menurutnya, Kuala Kencana harus dicontoh pemerintah dalam membangun infrastruktur.

"Ini menurut saya Pak Soeharto memberikan contoh kepada kita, bagaimana cara membangun kota. Pertanyaan saya, selama 25 tahun berganti-ganti presiden ini, sudah beberapa kali berganti presiden, kita ini asik saja membangun infrastrukturnya, tetapi tidak membangun industrinya," ujar Andi.


Oleh sebab itu, ia berharap ke depannya proyek yang diberikan BUMN kepada vendor lokal harus dilengkapi dengan perencanaan lengkap, sehingga bisa memberikan manfaat. Dengan demikian, BUMN yang sudah mengeluarkan anggaran besar-besaran untuk membangun infrastruktur tersebut bisa memperoleh pemasukan, dan tak lagi terlambat melunasi pembayaran kepada vendor lokal.

"Kalau ini jalan, multiplier effect ke pengusaha lokal ini sangat baik. Tapi lagi-lagi kami berharap siapapun partner BUMN yang terlibat supaya memperhatikan pembayaran ke teman-teman pengusaha agar tidak terlambat bayarnya," tutup Andi.

https://finance.detik.com/infrastruk...bazir?single=1

Koala kencana itu d bangun dan sepenuhnya d kelola oleh PT freeport punya amerika.. Bukan oleh soeharto.. emoticon-Malu (S)

Piaraan cendana detected.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:30
ex caleg DPR Golkar sih dia. Bosnya si @ajudan_pribadi

ini orangnya, lagi dipijetin @ajudan_pribadi
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir

https://www.tribunnews.com/seleb/202...g-tukang-pijat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jupie_wan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:37
Ya gak bisa instant cari keuntungan dari infrastruktur, emangnya buka UMKM, begitu buka langsung hitung laba/rugi..




profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:39
Dr semua proyek di daerah bandung,menurut ane kereta cepat bandung jakarta yg ga keliatan manfaatnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:41
Krn udah diajarkan klo hutang adalah solusi pembangunan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:48
Ya ga bisa instant cari keuntungan,kan hasilnya bisa dilihat 1000 tahun lagi....pakde visioner doi dah itung2an untuk 1000 tahun kedepan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embuhbanget dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:54
ciri khas bangsa...

pengen cepet hasilnya...
kl bangun infrastruktur atau usaha, pengen langsung dapet untung

ngga mikir jangka panjang
Diubah oleh Balziev
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 07:58
Taiklah...

Planning city gak mudh, Jakarta salah satu kawasan kota yg berantakan. Gak cuman Jakarta, mayoritas perkotaan Indonesia termasuk.

Selama ada lahan kosong bisa di bangun apa aja, persetan dengan Amdal klo bisa di manipulasi, toh nanti juga masuk kantong pemda emoticon-Leh Uga

Diubah oleh nowbitool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:13
ya mungkin bisa dimulai dari kebiasaan BUMN

jangan cari murah doang lah, cari kualitas dan skema pembayaran diperbaiki lagi

mana ada orang mau murah tapi berkualitas apalagi buat konstruksi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:19
Mungkin karena terjadi salah kaprah terkait "pemerataan" ..., terkait jargon "keadilan sosial".
Semuanya dikasih tanpa dipertimbangkan apakah yang dikasih itu kuat atau tidak menanggung bebannya.
Dan itu tidak cuma berlaku pada satu pihak, dalam hal ini .. pemerintah saja. Dari pihak rakyatnya .. tersinyalir juga. Bisa kita lihat sendiri dari sifat konsumtif yang dimiliki oleh rakyat. Mereka beli tanpa mempertimbangkan apakah itu benar-benar dibutuhkan oleh mereka untuk bertahan hidup atau sebatas mendongkrak gengsi mereka aja.
"Tumbu bertemu tutup" ... emoticon-Big Grin

Kalau suatu ranah/lingkup/sektor itu, ditemui berkaitan dengan ranah/lingkup/sektor ekonomi, moneter, bisnis, kiranya acuan pada bidang itu juga turut dimasukkan sebagai faktor dalam pemikiran.
Ketika besaran profit yang didapat dari keberadaan suatu benda, ternyata tidak mencukupi besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan 'mbayar hutang yang dibuat saat membuat/membeli benda itu, kiranya jangan pula memaksakan untuk membuat/membelinya. ===> Disini data statistik yang "jujur" diperlukan agar forecast-nya juga bisa benar, dan bukan semata mengandalkan optimistik semata. ===> Karena optimistik yang berlebihan itu sebetulnya sama aja kayak birahi. emoticon-Ngakak


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:27
Ayo dibangun pak, ini itu. Tp stlh dibangun mlh sepi. Bbrp kek pasar tradisional dibangun jadi gedung mlh ndak serame dulu, dan ndak sepadat dulu. Susah kyke merubah pandangan pasar tradisional yang kumuh menjadi gedung yang bersih. Mlh sepi jadinya. Kek pasar Bulu, bntk gedung tp ndak serame dulu.

Terlepas itu proyeknya pakdhe atau ndak, ya termasuk proyeknya pemerintah daerah lah ya.
Diubah oleh norlandtio
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan sindo.news memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:30
Tmii tuh coy, 44 th sdh menghasilkan trilyunan buat..........wkwkwkwkkkk
profile-picture
sindo.news memberi reputasi
1 0
1
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:34
Mending lu bikin patung spedah jok bisa langsung di pujapuji netijen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:36
Mubazir apanya.?

Yg penting sudah ada pencapaian..

Walau kurang atau belum berguna.. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan sindo.news memberi reputasi
2 0
2
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:53
Lu pikir bangun infrastructure itu seperti bikin kue, udah jadi bisa langsung ngehasilin uang, ga lah, bertahap, bertahun2 baru kerasa, mungkin kerasanya periode pemerintahan yg kedepan bukan yg sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 08:56
Jangan lupa dg utangnya negara, plus utang proyek dr bumn

Tuh 3 bumn besar kita tewas krn proyek infrakstruktur

Jadi negara nanggung 2 utangan sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sindo.news dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 09:02
Bikin dulu, mikir belakangan
profile-picture
sindo.news memberi reputasi
1 0
1
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 09:04
cebong kunyuk belyke : kill the messenger
sekedar berpendapat aja lgsng dibilang kadrun hti anies, kalau gk masuk golongan itu paling cendana demokrat
emoticon-Ngakak

susah emg kalau sopny auto jilat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b3jo.asoy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 09:06
yang gak bisa "dimakan" ya mubazir gan emoticon-Ngakak
profile-picture
sindo.news memberi reputasi
1 0
1
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 09:11
Bukan BUMN Karya saja pak, termasuk perusahaan setrum dan beberapa perusahaan logistik
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan sindo.news memberi reputasi
2 0
2
Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir
10-04-2021 09:13
Mana ada infrastruktur mubazir???
China bangun jalan sampe ke desa2, guning2.
Jalur kereta, bandara..

Sejak ada jln tol jawa mudik lebaran ga macet2an di pantura kyk dl
Lama2 kota yg dkt jl tol jd berkembang.

Kl jalan bagus sampe ke desa2 produk pertanian bisa cepat di bawa ke pasar .ada tol bisa lsg ke kota besar Harga jd murah.

Coba kl jln ga ada, rusak. Produkpertanian cepat busuk. Harga jd mahal.

Yg blm byk kemajuan jalur kereta. Kita udh telat bangun mrt/lrt.
Coba kl udh bangun mrt dr 20-30th yl jakarta ga macet parah spt skg.

Semua gara2 pemimpinnya berpikiran sempit, jangka pendek. Ga visioner

Maunya bikin proyek lsg untung/ga bikin jalan tp mungutin retribusi kyk tempat2 wisata daerah.
Gimana mau maju negara?

Yg di puji2 pemimpin yg buang2 duit bikin patung2. Di puji2 soalnya semua kebagian duit tutup mulut

Yg ngomong mubazir kyknya barisan sakit hati ga kebagian proyek/jabatan

Diubah oleh xonet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pendekarmalam dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia