• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Franz Beckenbauer, Maskot Piala Eropa 1972 dan Penemu Posisi 'Sweeper'

anyahebatAvatar border
TS
anyahebat
Franz Beckenbauer, Maskot Piala Eropa 1972 dan Penemu Posisi 'Sweeper'

Franz Beckenbauer (Ispo.com/Imago Intercontinental Cup Winner and Footballer of The Year In Germany and Europe)

Menyambut Piala Eropa atau Euro Cup 2020 yang akan diselenggarakan pada 11 Juni - 11 Juli 2021, Ane kali ini mau bahas salah satu sosok yang bersejarah dan diakui sebagai bintang di satu musim pada gelaran turnamen tersebut, yakni Franz Beckenbauer.

Namun, jika ingin membahas pesepakbola yang lahir di Jerman Barat, 11 September 1945 ini kita harus mundur agak jauh ke tahun 1972. Dimana kala itu, Piala Eropa sedang diadakan di Belgia pada 14 - 18 Juni 1972.

Kala itu, Jerman Barat pertama kalinya berhasil meraih gelar Juara Piala Eropa 1972 atas penampilan apik dari para pemain bintangnya, seperti Uli Hoeness, Gerd Mueller, Sep Meier, dan Franz Beckenbauer mengalahkan Uni Soviet dengan skor 3-0.


(Franz Beckenbauer menerima Piala Eropa 1972/UEFA)



Dalam tahun yang sama, yaitu 1972, Beckenbauer mendapatkan gelar "Pemain Eropa Terbaik" . Dua tahun setelahnya, 1974, karena nama besarnya di Jerman Barat dan Tanah Eropa Beckenbauer didapuk menjadi Kapten Tim Jerman Barat pada perhelatan akbar Piala Dunia. 

Gelar "Pemain Eropa Terbaik" tersebut kembali Beckenbauer didapatkan pada 1976. Selain itu, prestasi Beckenbauer juga tertulis sebagai tiga trofi Liga Champions ketika membela Bayern Munchen dan empat kali peraih gelar juara Bundes Liga.

Pada 1990, jiwa kepemimpinannya Beckenbauer pun teruji ketika dipercaya sebagai pelatih Jerman Barat. Ternyata Beckenbauer pun sukses membuktikan dengan berhasil mengangkat Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 1990 usai menaklukkan Argentina dengan gol yang dicetak Andreas Brehme dan berakhir skor 1-0.


(Selebrasi Jerman ketika Piala Dunia 1990/Getty Images)

Nah Gan Sis, sosok Beckenbauer yang terkenal cerdas juga terbukti melalui sisi inovator dalam dirinya yang luar biasa. Ketika masih jadi pemain sepak bola, Beckenbauer menemukan posisi dalam formasi permainan. Apakah ituuuu?

Ya, Beckenbauer merupakan penemu dari posisi sweeper/libero/penyapu dalam formasi sepak bola.Ia konsisten dalam menyerang, kuat dalam bertahan, dan pintar menjalankan strategi. Untuk skill menyerang, nggak usah ditanyakan lagi! Beckenbauer memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam shooting, passing, dan dribbling.

Namun sayangnya, posisi ini sudah hampir punah dalam formasi sepak bola modern. Karena kalau bisa Gan Sis lihat, sekarang lebih fokus terhadap sistem penyerangan yang efektif daripada satu bek terakhir yang diposisikan di belakang. (Kalau menurut kalian gimana? Coba share di kolom komentar kenapa posisi sweeper & libero sudah jarang dipakai).

Kalau diganti ke pemain di jaman sekarang, kira-kira siapa ya yang sosoknya mirip dengan Franz Beckenbauer?




mrschandlerbing
mrschandlerbing memberi reputasi
1
1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.