trifatoyah
TS
trifatoyah
Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Assalamu'alaikum

Marhaban ya Ramadhan
Selamat menunaikan ibadah puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, berkah buat siapa saja yang menjalankan ibadah puasa.
Berbicara tentang puasa tentunya tak akan lepas dari yang namanya menu takjil. Bagi saya menyiapkan hidangan berbuka adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau melihat keluarga yang kita cintai menikmati hidangan takjil dengan gembira, menikmati apa yang kita sajikan dengan perasaan suka cita.

Kali ini saya ingin berbagi resep membuat menu takjil yang mudah buatnya tapi juga mantap rasanya. Dengan menggunakan bahan dasa pisang.

Menggunakan bahan dasar pisang, menu yang pertama adalah Cokmel pisang penyet yang artinya Coklat Melon Pisang penyet, menu takjil ini di sukai anak-anak banget dan juga orang dewasa tentunya, karena menghadirkan pisang, selai melon, dan juga meses, pokoknya manis-manis gimana gitu.

Untuk membuat aneka cemilan ini saya biasa berbelanja di Syariah Mart, untuk pisangnya kebetulan baru dikasih sama ibu mertua jadi nggak perlu beli, kalau nggak dikasih biasanya juga panen dari kebun sendiri. Alhamdulillah ada beberapa tanaman pisang.

tempat membeli perlengkapan membuat takjil.

Pisang kepok depan rumah

pisang kepok hasil panen


1. Cokmel Pisang penyet




Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Cokmel pisang penyet adalah sebagai berikut:

- Pisang kepok (saya memilih pisang kepok ini karena paling enak diantara pisang-pisang yang lainnya)

- Selai melon

- Meses Coklat

- Tepung terigu 200 gr

- Minyak goreng

- Gula pasir satu sendok teh

- Garam secukupnya

- Air secukupnya

Cara membuat Cokmel Pisang penyet adalah sebagai berikut:

Pertama-tama kita kupas dulu pisangnya, kemudian buat adonan untuk menggoreng pisang, tepung terigu, gula pasir dan juga garam, tambahkan air secukupnya, seperti membuat pisang goreng.

Kedua panaskan wajan, masukan pisang yang sudah dicampur dalam adonan kedalam minyak yang sudah mendidih, goreng dengan api sedang sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Ketiga penyet pisang menggunakan sendok, olesi dengan selai melon dan juga taburan meses taraaa Cokmel pisang penyet siap untuk dihidangkan.

Spoiler for Cokmel Pisang Penyet:


2. Pisang Goreng Krumpul



Berikutnya pisang goreng krumpul, menu takjil ini juga cocok banget untuk menu berbuka, pokoknya pisang goreng itu top markotop lah, apalagi dibuat dengan rasa cinta ea ... ea ...

Membuat pisang goreng krumpul ini juga mudah banget Gan Sis, pokoknya semua orang bisa deh kecuali males, mager ya gak bakalan bisa.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pisang krumpul adalah sebagai berikut:

- Pisang (bisa pakai pisang kepok, pisang raja ataupun pakai pisang tanduk)

- tepung terigu 200 gr

- gula pasir satu sendok teh

- garam secukupnya

- air secukupnya

- minyak goreng

- satu butir telur

Cara membuat pisang Krumpul adalah sebagai berikut:

Pertama-tama kupas pisang, potong kecil-kecil kemudian masukan kedalam adonan tepung terigu yang sudah dicampur dengan telur, gula pasir, garam dan air secukupnya.
Kemudian panaskan minyak dalam wajan, goreng pisang satu sendok satu sendok sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan. Siap untuk dihidangkan.

Spoiler for Pisang Kumpul:


3. Kolak Pisang







Menu takjil berikutnya adalah kolak pisang, kolak pisang yang saya buat tanpa menggunakan santan dengan campuran kolang-kaling menambah rasa kolak semakin yummy. Kolang-kaling ini juga nggak beli, karena Mbahnya anak-anak pengepul kolang-kaling dari petaninya.

Cara membuatnya seperti membuat kolak pada umumnya tapi tanpa menggunakan santan. Jadi rasanya lebih seger apalagi kalau dicampur es wah seger banget deh.

4. Penyet-penyet pisang meses

Spoiler for Pisang Penyetku:


Pisang penyet adalah menu Andalan berbuka, mudah buatnya mantaps rasanya. Tinggal goreng, penyet-penyet deh, terus kasih toping, mudah bukan, nggak pakai ribet lagi.

5. Pisang Goreng Aja



Pisang goreng, menu takjil istimewa, mudah buatnya, ya pisang goreng tinggal kupas pisangnya, sediain tepung terigu, gula pasir, garam secukupnya dan goreng. Menggoreng pisang pakai api yang sedang saja ya biar nggak cepat gosong.

6. Pisang Krispy Mandi Coklat



Pisang krispy mandi coklat ini kesukaan anak-anak banget, dengan lelehan coklat yang lumer di mulut membuat puasa semakin semangat.

7. Lumpia Pisang





Lumpia pisang juga gampang banget membuatnya, tinggal buat kulut lumpia atau beli jadi, kupas pisang, gulung di kulit tambahkan gula pasir, goreng deh.

8. Pisang Krispy Original



Pisang Krispi original hanya digoreng dengan menggunakan tepung terigu yang dicairkan celup kedalam tepung roti goreng di api sedang sampai matang, angkat dan tiriskan, siap deh untuk disantap.

9. Pisang Krispy Tabur Keju



Pisang krispi tabur keju, membuatnya sama dengan pisang Krispy original, tinggal tambahin toping keju. Tata di piring siap deh dihidangkan untuk menu berbuka.

10. Pisang Krispy Tabur Meses



Selain taburan keju bisa juga dengan taburan meses, pisang krispy ini disukai banget sama anak-anak. Manis-manis kesukaan keluarga.







Nah itu dia Agan Sista beberapa menu berbahan dasar pisang kepok, yang bisa dijadikan referensi takjil untuk keluarga tercinta, semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya.

Berbukalah dengan yang manis

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
Diubah oleh trifatoyah 14-04-2021 03:15
cheria021Richy211alizazet
alizazet dan 36 lainnya memberi reputasi
37
8.1K
1.7K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.