si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Learmousine - Jet Pribadi Mewah yang Tidak Bisa Terbang
Apakah agan dan sista pernah terpikir bahwa sebuah pesawat jet eksekutif yang sudah tidak dipakai bisa dimodifikasi menjadi sebuah mobil ? Jujur ane pribadi tidak berpikir sampai sejauh itu. Namun, ide gila merubah pesawat menjadi mobil tersebut ternyata benar-benar ada yang melakukannya.

Pada tahun 2018 lalu seorang desainer bernama Dan Harris dari Oregon, Amerika Serikat, mulai mengenalkan hasil rancangan berupa pesawat jet hasil modifikasi tersebut kepada publik. Sejak tahun 2005 Harris sebenarnya suda mendapat ide untuk mengubah sebuah jet eksekutif Learjet yang telah di grounded menjadi sebuah kendaraan jenis limousin. Ia baru benar-benar menyelesaikan pekerjaannya pada tahun 2018.

Dan Harris sendiri membutuhkan sekitar 40 ribu jam kerja untuk mewujudkan mobil impiannya yang dinamai Learmousine, ia menghabiskan dana mencapai Rp 14,5 miliar untuk memodifkasi pesawat jet bekas tersebut. Meski memiliki tampilan luar layaknya pesawat, mobil ini ternyata legal di Amerika gan sist. Sang pemilik mobil pun tak perlu takut akan kena tilang polisi emoticon-Big Grin




Ilustrasi: topgear.com



Untuk melakukan modifikasi yang lumayan ekstrim ini, Harris mempercayakan pengerjaan modifikasi pesawat tersebut kepada karoseri Exotic Coach yang berbasis di Chicago. Body pesawat lantas dikimpoikan dengan rangka baja khusus sebagai dudukannya.

Hampir semua bagian pesawat masih dipertahankan, mulai dari bagian ekor, tempat mesin sampai kaca di bagian samping. Hanya bagian sayapnya saja yang ditanggalkan. Karena tidak lagi beroperasi sebagai pesawat, maka pada bagian mesin turbin jet yang dipasang di samping telah diganti dengan speaker.Untuk melaju di aspal, Learmousine dibekali ban Kumho 325/25R28 dan velg 28 inci.

Learmousine milik Dan Harris memiliki panjang 12,8 meter, lebar 2,4 meter, dan memiliki bobot 5.443 kg. Kabinnya yang cukup panjang tersebut dapat menampung 18 penumpang sekaligus. Ruang kabin Learmousine cukup istimewa, tersedia fitur hiburan seperti Audio 17.000 watt yang dilengkapi TV plasma 42 inci, kamera, panel lampu penerangan, dan sejumlah speaker.










Interior Learmousine.




Pada bagian mesin sudah diganti dengan speaker.

Ilustrasi: Exotic Coach



Beralih ke sektor dapur pacu alias mesin, mobil ini dibekali mesin Chevrolet Vortec V8 berkapasitas 8.100 cc, tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 400 horse power. Sementara kecepatan maksimumnya bisa mencapai 160 km/jam.

Namun, setelah berhasil mewujudkan impiannya tersebut, Harris justru dibuat galau, antara menjual atau memakainya sendiri. Setelah dipikir-pikir, daripada hanya dipakai sendiri, Harris justru punya ide untuk menjual mobil tersebut. Pada tahun 2020 lalu ia kemudian melelang mobilnya tersebut, melalui rumah lelang Mecum Auctions. Namun, saat itu mobilnya gagal terjual. Penawaran tertinggi kala itu hanya mencapai angka Rp 8,7 miliar, setengah dari biaya modifikasi mobilnya.

Waktu itu Harris hanya ingin melepas jet tak bersayapnya pada angka 5 juta dolar AS (Rp72,6 miliar). Dan tahun ini Harris mulai melelang kembali mobilnya melalui rumah lelang yang sama gan sist, lelang kedua kali ini akan dilakukan pada tanggal 14-22 Mei 2021. Akankah jet tak bersayap milik Dan Harris ini akan terjual nantinya ?







Ilustrasi: thedrive.com




Ilustrasi: topgear.com



Learmousine


Negara Asal: Amerika Serikat
Desainer: Dan Harris
Dimensi Mobil: panjang 12,8 meter dan lebar 2,4 meter
Bobot: 5.443 kg
Mesin: Chevrolet Vortec V8 berkapasitas 8.100 cc (400 hp)
Kecepatan Maks.: 160 km/jam
Biaya Produksi: Rp 14,5 miliar




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: topgear.com dan thedrive.com
Junmai92
davecchio
japarina
japarina dan 34 lainnya memberi reputasi
35
6.2K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.