• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak Ada Otak, Seorang Mertua Berikan Susu Kambing Pada Bayi Umur 34 Hari Biar Gemuk!

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Gak Ada Otak, Seorang Mertua Berikan Susu Kambing Pada Bayi Umur 34 Hari Biar Gemuk!

Sering ane mendengar beberapa orangtua di lingkungan terdekat, nyeletuk tentang

bayi yang menurut standar mereka kurang gemuk.

"Eh Ipeh, ini anaknye ngape kurus? Gak dikasih makan, ye!?" Tanya Bu Ani, dengan nada julidnya.

Menurut mereka, bayi gemuk sudah pasti sehat. Menurut mereka bayi kurang gemuk berarti kurang dikasih makan, benarkah?


Spoiler for Berat Badan Bayi:


Mulai heboh dijagat media sosial, khususnya dunia IG dan Per-Tik-Tok-an. Seorang ibu yang baru melahirkan diajak main ke rumah mertuanya oleh sang suami. Sampai di rumah mertua, sang bayi yang berusia 34 hari dan dianggap kurang gemuk itu langsung diberi susu kambing yang ditambahkan madu. Dengan alasan, bahwa susu formula itu haram, susu kambing lebih bergizi dan bikin gemuk.

Benarkah? Tentu saja benar, benar bahwa susu kambing bergizi tinggi. Namun, yang namanya bayi baru lahir tentu sistem pencernaannya akan berbeda dengan balita atau bahkan orang dewasa. Diperlukan waktu bagi sistem pencernaan manusia agar aman mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Itulah kenapa saat ini dengan bertambah cerdasnya manusia, maka program ASI Eksklusif digalakkan dengan semangat. Kemudian dilanjutkan dengan MPASI yang paling cepat diberikan pada usia 5 bulan atau bahkan menunggu dulu hingga 7 bulan pada beberapa kasus. Darisini kita lihat bahwa pendidikan mengajarkan manusia untuk lebih kritis terhadap sistem pencernaan manusia (terutama yang baru lahir) agar dikenalkan pada makanan-makanan secara bertahap.



Bolehkah Susu Kambing Diberikan Pada Bayi Berumur 34 Hari?
Menurut dr. Dyan Mega Indrawati, pemberian susu kambing boleh diberikan kepada balita asal sudah berusia lebih dari 6 bulan (sumber).

Disebut boleh juga dengan catatan harus tetap waspada, karena meskipun bergizi tinggi, kandungan asam folat pada susu kambing terbilang rendah. Kekurangan asam folat pada balita dapat menyebabkan mereka anemia.


Bicara tentang hubungan seorang menantu (khususnya perempuan) di mata mertua (ibu si suami) tentu akan sedikit rumit, terutama dalam hal mengasuh anak. Si mertua yang memang dari segi pengalaman sudah pasti memiliki lebih banyak cerita ketimbang si menantu, kebanyakan merasa paling tau dan paham. Sehingga berani mengambil inisiatif yang menurutnya benar. Tak jarang, inisiatif ini jika dibatasi oleh para anak, mereka akan tersinggung.

Kalau tujuan inisiatif tersebut adalah agar anak menjadi lebih sehat, mungkin masih bisa ditolerir. Dalam kasus ini? Hanya supaya si bayi menjadi lebih gemuk dan lucu dilihat. Gak ada otak, 'kan?

Gambar : Google, Instagram

Referensi :



3. Instagram

[spoiler=video di IG]




Quote:


Quote:
Diubah oleh agungdar2494 07-04-2021 07:25
cheria021
killstarpopper
over.power
over.power dan 40 lainnya memberi reputasi
39
18.3K
478
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.