• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • Agar Tidak Gagal Glowing, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Dalam Dunia Persekincare-an

ElviHusna
TS
ElviHusna
Agar Tidak Gagal Glowing, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Dalam Dunia Persekincare-an
Kesalahan-kesalahan dalam skincare



Hola, Agan dan Sista. Welcome back to my thread. Bagaimana kabarnya Agansis? Semoga sehat selalu ya. Kali ini ane kembali dengan topik yang paling dicintai cewek-cewek, wkwk. Ya, kali ini ane akan kembali membahas tentang skincare.

Baca Juga! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Biar Gak Salah Pikir Skincare

Diakui, zaman sekarang kesadaran merawat wajah bagi cewek dan cowok itu sangat tinggi, tak heran produsen kosmetik dan skincare pun bersaing dalam menciptakan produk yang aman dan berkualitas dengan harga aneka ragam.

Nah, ane mau ngingetin nih, buat sista-sista, jangan suka pakai krim abal-abal ya, kesian kulit wajah kita. Sekarang banyak sekali tuh produk lokal yang bagus-bagus dengan harga ramah di kantong. Hanya perlu kesabaran aja dalam merawat, karena produk lokal yang bagus itu kerjanya gak instan. Ingat ya, gak instan. Dan ... ane sering banget lihat teman-teman yang pakai produk instan, maunya langsung putih glowing, tapi ujung-ujungnya malah jerawatan dan merah.

Oke, back to topik. Sesuai dengan judul di atas. Ane akan membahas tetang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan perempuan dalam dunia skincare sehingga bikin gagal glowing. Pernah nggak sih sista ngerasa udah keluarin budget banyak buat beli skincare, udah rajin rawat rutin, tapi hasilnya gak maksimal?

Jujur ane pernah!

So, simak thread ini sampai habis ya, siapa tahu memang sista sering melakukan kesalahan-kesalahan yang ane sebutkan di bawah ini.

Kesalahan-kesalahan dalam dunia skincare

1. Tidak mencuci wajah setelah memakai cleansing water/micelar water



Nah, ada sebagian perempuan setelah membersihkan wajah dengan cleansing water atau micelar water, tapi gak dibilas.

Ini adalah tahapan dan pemikiran yang salah. Karena kita dianjurkan untuk membersihkan wajah dengan cleansing supaya kotoran, debu dan make up di wajah terangkat. Nah, setelah cleansing wajib dicuci wajahnya menggunakan sabun pencuci wajah yang cocok. Kalau tidak dicuci, maka kotoran akan menumpuk lagi, karena tekstur wajah setelah cleansing itu berminyak. Jadi sempurnakan dengan mencuci pakai facial wash dan bilas hingga bersih.

Mana nih yang pernah begini? Hayooo!

Mukai sekarang jangan salah lagi ya.

2. Cara pakai kapas yang salah



Hmmm ... sering gak sih kalau pakai micellar water pakai kapas, terus kapasnya digosok-gosok kasar ke wajah?

Ane sering. Uh, rasanya berdosa banget sama wajah ane, wkwk.

Kebanyakan dari kita kalau pakai kapas itu digosoknya kasar, berulang-ulang, keras dan dengan arah yang gak karuan. Rasanya kalau gak kasar, gak kuat-kuat belum puas gitu, belum bersih.

Padahal menggosok kapas dengan kasar ke wajah secara berulang-ulang itu berdampak negatif untuk kulit wajah kita. Karena tekstur kapas itu kan kasar, jadi itu dapat merusak skin barrier kita dan menjadikan kulit kering, tipis dan sensitif. Menggosok dengan kasar akan membuat retakan-retakan kecil di kulit wajah yang tak terlihat mata.

Skin Barrier adalah lapisan terluar kulit wajah yang membantu menjaga kulit dari berbagai macam faktor.

Bagaimana cara memakai kapas dengan benar?



Caranya tuangkan micelar water memenuhi sisi kapas, jangan biarkan ada sisi kapas yang masih kering ya, semuanya harus lembab. Setelah itu gosok ke wajah dengan lembut dari arah dalam ke luar.

Arah gosokannya harus benar, dari dalam ke luar. Jangan sebaliknya, karena bisa menimbukan tarikan kulit ke bawah hingga terjadinya kerutan atau penuan dini.

Jangan lakukan kesalahan ini ya, sis. Cukup ane aja yang pernah salah. Wkwk.

3. Merawat seluruh wajah dengan skincare yang sama



Maksudnya, wajah itu kan ada beberapa bagian, ada mata, hidung, bibir, pipi dan dagu dengan tekstur dan ketebalan yang berbeda. Nah, terkadang kita sering pakai satu skincare untuk seluruh wajah. Itu gak boleh ya, sis.

Karena di bagian tertentu kulit kita sangat halus, seperti mata. Maka tidak boleh pakai pelembab wajah di area mata. Untuk area mata pakailah eye cream yang sesuai, karena itu sudah dibuat dengan komposisi yang cocok untuk mata.

Begitupun untuk bibir, pakailah lip cream atau lipcare lain yang untuk bibir. Kalau untuk bibir, ane rasa semua orang tahu ya, itu beda banget.

Nah, jika tipe kulitnya kombinasi, ane kasih tips mengakali cara pakai pelembab. Kan kalau kulit kombinasi yang berminyak cuma bagian T zone, jadi pelembabnya banyakin di pipi aja, biar kadar minyaknya sesuai seluruh wajah. Sementara di daerah T zone, pakai sisa olesan tangan di pipi tadi aja, jadi tipis-tipis gitu.

4. Takut melembabkan kulit yang berminyak



Untuk tipe kulit berminyak, seringnya takut untuk melembabkan kulit.

'udah berminyak, dipakai pelembab makin minyakan dong!'

Ini pemikiran yang salah ya. Meskipun jenis kulitnya berminyak tetap harus memakai pelembab. Disarankan pakai yang tekstur gel, agar minyaknya tidak berlebihan. Karena fungsi pelembab itu untuk menyeimbangkan kondisi kulit dan memberikan lingkungan yang menenangkan.

5. Terlalu banyak takaran skincare



Terkadang untuk mendapatkan hasil terbaik, kita berpikir untuk memakai skincare dalam porsi atau takaran ynag banyak untuk satu wajah.

'pakai banyak-banyak aja biar lebih efektif, biar cepet hasilnya.'

Ini sering banget terjadi, termasuk ane sih.

Kita mikirnya, pakai banyak biar cepat bereaksi, tapi nyatanya salah. Jika dipakai banyak takaran untuk satu wajah itu malah akan mengakibatkan kulit wajah kayak susah bernapas gitu lho. Kulit semacam gak diberi ruang untuk meregangkan atau rileks diri sendiri. Terlalu banyak pakai skincare malah akan membuat kulit wajah memproduksi minyak berlebih, jadi jangan heran kalau setelah pakai skincare malah menjadikan kulit berminyak. Misal dari tipe kulit normal bisa jadi kulit berminyak.

Solusinya, pakai secukupnya saja asal merata dan rutin. Itu saja!

Berikut adalah takaran yang dianjurkan dalam pemakaian skincare

- sebiji kacang untuk pelembab wajah, krim tangan atau kaki.

- sebiji anggur untuk facial wash, toner, masker dan body lotion.

- sebiji beras untuk eye cream dan serum.

Well, itulah sedikit pembahasan mengenai kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam dunia persekincare-an.

Agansis pernah melakukan yang nomor berapa?

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat! Jangan lupa cendol rate komen dan share ya. See you!:kangen:terimakasih:terimakasih

Karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik.

Ditulis oleh @ElviHusna
Narasi pribadi
Referensi dan gambar
1 2 3
Diubah oleh ElviHusna 14-04-2021 12:40
DheaafifahaygilagilityBaarish
Baarish dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.4K
184
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
Beauty
icon
5.2KThread6.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.