raeukiAvatar border
TS
raeuki
Beberapa Drama William Shakespeare, Mana yang Terbaik?
Siapa sih yang gak kenal sama Romeo and Julietkisah yang sudah sangat sering kita dengar sejak kecil, bahkan tercatat banyak film, lagu, FTV, serial, yang terinspirasi dari kisah cinta ini. Namun dari mana sebenarnya kisah ini berasal?

Setidaknya ane dulu waktu masih bocah gak bisa jawab, bahkan gak mikirin tentang ini, namun kisah ini diceritakan saja dalam banyak versi dan dikaitkan pada kisah cinta muda-mudi.

Quote:


Semakin dewasa waktu bermain berkurang namun waktu senggang bertambah, atas rasa penasaran dan kegabutan, ane pun mencari tahu dan menemukan nama William Shakespeare (1564 - 1616) sosok dibalik Romeo dan Juliet, dia adalah seorang penulis, aktor, penyair berkebangsaan Inggris yang tercatat sebagai salah satu penulis terbesar Inggris. Meskipun Shakespeare telah meninggal berabad-abad lalu, karyanya masih terus dibaca, dimainkan, dan diadaptasi sampai saat ini.  William Shakespeare meninggalkan hampir empat puluh drama, termasuk kolaborasinya dengan John Fletcherdan sastrawan lain. Pada trit kali ini ane ingin menulis beberapa drama William Shakespeare yang menurut ane bagus :

1. Hamlet

Quote:

Pertama ane masukan Hamlet, sebagai salah satu karya Shakespeare yang awal ane nikmati. Pertama kali ane mulai mencoba nonton Opera Hamlet di YouTube dan ane langsung suka, mudah-mudahan suatu hari nanti ane bisa datang ke pertunjukan opera untuk menonton secara langsung.
Naskah Hamlet diterbitkan sekitar tahun 1605 dan kira-kira ditulis oleh Shakespeare pada tahun 1600-1601, sebuah drama tragedi yang buat ane jadi semakin tertarik dengan tulisan William Shakespeare ini. Garis besarnya tentang upaya balas dendam seorang pangeran, yaitu Pangeran Hamlet yang ayahnya (Raja Denmark) mati dibunuh.  Pencarian Hamlet akan siapa pembunuh ayahnya, dan beragam hal yang setelahnya. Kisah balas dendam ini diceritakan sangat penuh dilema dan pertanyaan seputar moral. Ada satu buku yang juga ane suka tentang balas dendam karyanya Alexander Dumas, The Counte of Monde Cristo (OOT tapi gak berlebih). 
Hamlet juga kemudian banyak di adaptasi menjadi film yang salah satunya pernah diperankan oleh Mel Gobson, pada tahun 1990.

2. Macbeth
Quote:

Drama ini juga merupakan drama tragedi dan ane rasa kebanyakan kisah Shakespeare adalah tragedi sejauh yang ane baca. Ini merupakan drama tragedi yang pendek. Ane baca bukunya (terjemahan) selesai dalam dua hari, dan memang dikatakan sebagai drama tragedi Shakespeare terpendek.
Kisahnya tentang pembunuhan, pengkhianatan, keserahakan serta pertumpahan darah dalam ambisi kekuasaan.  
Macbeth diangkat berdasarkan Raja dan Ratu SkotlandiaMac Bethad mac Findlaích dan Gruoch. Disusun tak lama setelah peristiwa Gun Powder Plot tahun 1605, ditulis sekitar tahun 1603 sampai 1606. 
Macbeth bertemu dengan tiga penyihir yang meramalkan bahwa kelak ia akan menjadi Raja Skotlandia, maka jadilah Ia seorang Raja kemudian. TAMAT
Singkatnya seperti itu namun kisahnya sungguh sangat penuh tragedi bagaimana Macbeth menggulingkan raja sebelumnya, konflik batin yang dia rasakan. Bagaimana jika Macbath tidak pernah bertemu tiga penyihir tersebut?
Oya Macbeth juga beberapa kali diadaptasi ke dalam film, Machbeth (2015) salah satu adaptasi Machbeth terbaru yang ane tonton. 

3. Romeo and Juliet
Quote:
Dari sekian banyak drama yang ditulis Shakespeare mungkin ini yang paling terkenal di Indonesia, menjadi suatu idiom ketika cinta tak direstui orang tua. Romeo and Juliet menjadi kisah cinta yang tragis (lagi-lagi tragis), bagaimana dua keluarga berbeda yang ternyata tidak bisa bersatu sampai akhir. 
Adegan paling ikonik dalam drama ini adalah ketika Juliet nongol di jendela dalam dramanya yang kemudian pada filmnya Romeo dan Juliet bertemu di "balkon". 
Romeo and Juliet di tulis sekitar tahan 1595 oleh William Shakespeare. Kisah romatis nya mungkin so sweet tapi nyatanya ini adalah tragedi yang menyedihkan.

Dua tetangga, yaitu Montaguesdan Capulets adalah keluarga yang berseteru sejak lama. Namun dua muda-mudi jatuh cinta dan merahasiakan kisahnya, dan akhirnya mereka mati dengan tragis. TAMAT
Film Romeo and Juliet yang pernah ane tonton adalah versi Leonardo Dicaprio yang memerankan tokoh Romeo tahun 1996.

4. Julius Caesar
Quote:

Drama tragedi selanjutnya adalah Julius Caesardiangkat dari kisah Romawi Kuno yang sangat terkenal Julius Caesar sang kaisar yang dibunuh oleh sebuah konspirasi para Senator Romawi. 
Drama tragedi ini kira-kira ditulis pada tahun 1599. Menggambarkan konspirasi para senator dalam melawan kediktator Kaisar Romawi, Julius Caesar.

Dalam drama ini nama tokoh, pembunuhan dan akibat pembunuhan tersebut sama dengan kisah aslinya. Shakespeare mengambil sumber sejarah dari Plutarkos (Plutach), seorang sejarawan Yunani untuk drama ini. Julius Ceaser adalah salah satu dari beberapa drama Romawi yang ditulis Shakespeare, berdasarkan peristiwa nyata sejarah Romawi. Drama lain ada Coriolanus jugaAnthony and Cleopatra.

Meskipun judul drama ini adalah "Julius Caesar," namun Caesar bukan tokoh utama dalam drama ini, Julius Ceasar hanya muncul dalam adegan awal lalu kemudian mati dibunuh. Drama lebih berkembang pada kisah setelah konspirasi pembunuhan tersebut. Drama ini sangat mencerminkan kecemasan umum rakyat Inggris kala itu. Ratu Elizabeth seorang penguasa yang kuat dan sudah tua namun menolak menyebutkan siapa penggantinya. Rakyat Inggris khawatir akan terjadi perang saudara sebagaimana yang diceritakan dalam drama setelah kematian Kaisar kuat Julius Caesar. Ini merupakan tragedi yang mencekam sekaligus memukau, bagaimana Shakespeare menerjemahkan sejarah menjadi suatu karya. Namun drama Julius Caesar bukan sejarah Julius Ceasar, Shakespeare menggambarkan dan menerjemahkan segala imajinasinya dalam karya tersebut. Drama Julius Ceasar juga telah banyak diangkat ke dalam film, yang ane belum pernah tonton satupun. 

5. Midsummer Night's Dream 
Quote:

Setelah empat list drama tragedi untuk menutup pada list kelima ane masukan Midsummer Night's Dream sebuah drama romantik-komedi yang sangat menghibur penuh imajinasi. Drama ini ditulis pada pertengahan tahun 1590-an.

Plot cerita dalam drama ini rumit menurut ane namun sangat menarik untuk membaca terus halaman selanjutnya. Kisah cinta dua pasangan muda-mudi Athena yang berpetualang di hutan dan bertemu peri. TAMAT.
Drama menceritakan perjalanan "cinta sejati" yang banyak halangan rintangan, tak jadi beban pikiran, sehingga kisahnya tidak menjadi seperti Romeo dan Juliat, yah ini penuh dengan komedi,  kisah sihir dan para peri yang mempesona. Drama ini bahkan memengaruhi sutradara film Die Hard (1988), John McTiernan. Ia terinspirasi aksi Bruce Willshanya berlangsung dalam satu malam setelah membaca A Midsummer Night's Dream. 
Nah itu dia lima drama William Shakespeare yang ane udah baca dan tonton dramanya dari beberapa pertunjukan opera yang tayang di YouTube. Menurut GanSis mana yang terbaik? atau GanSis punya drama Shakespeare yang lain. Komen-komen di bawah ya ...
emoticon-Shakehand2

Narasi : @raeuki

Sumber : 12345
Diubah oleh raeuki 07-04-2021 15:04
nite.hime
wisudajuni
Junmai92
Junmai92 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
5.5K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.