• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Zaman Now!! Masih Ada Yang Mendengarkan Radio Atau Sudah Ditinggalkan?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Zaman Now!! Masih Ada Yang Mendengarkan Radio Atau Sudah Ditinggalkan?




Selamat Pagi, Petang dan Malam Gan/Sist



Bagaimana kabar juragan hari ini? Semoga sehat selalu dan menjadi orang yang berguna bagi keluarga, lingkungan dan juga negara. Silahkan duduk manis sambil santuy membaca thread ane yang sederhana ini, jadikan gabut ente hal yang bermanfaat ya gan.

Oke, kali ini ane mau bahas hal yang mungkin semua orang sudah paham yaitu "Radio" pertama kali adanya radio di tahun 1920 itupun di negara Amerika, sedangkan di Indonesia sendiri radio baru hadir di tahun 1925.



Namun tahun segitu Indonesia belum ada, masih bernama Hindia Belanda dan radio pertama bernama Bataviase Radio Vereniging atau BRV yang bertempat di kota Batavia kalau sekarang menjadi Jakarta. Dan bermunculanlah radio-radio di banyak kota Hindia Belanda, yang paling besar adalah Nederlandsch Indische Radio Omroep Mij (NIROM) yang disubsidi oleh pemerintahan Belanda.

Sedangkan untuk masyarakat lokal sendiri mendirikan radio bernama Solosche Radio Vereniging (SRV), pada 1 April 1933 yang didirikan oleh Mangkunegoro VII dan Ir. Sarsito Mangunkusumo. 



Setelah penjahahan usai lahirlah RRI di Indonesia, tepatnya di 11 September 1945. Setelah itu siaran radio swasta pun semakin marak, baik itu untuk mendengar infornasi, maupun siaran langsung sepakbola. Semakin banyaknya musik dan dunia hiburan di dunia, radio pun menjadi primadona.

Tahun 1990-2000 an, adalah masa kejayaan radio di Indonesia. Bahkan, banyak kisah drama yang disebut sandiwara radio membuat para penikmat radio menunggunya untuk di dengar. Setelah televisi yang awalnya hanya dipunya kalangan borjuis perlahan mulai merakyat, sejak saat itu radio pun mengalami penurunan pendengarnya.





Masih ingat ketika banyak orang kirim request lagu, kirim-kirim pesan, dan banyak program menarik lainnya dari radio, tak heran penyiar radio di era itu pun sukses terkenal menjadi artis. Bahkan pelawak-pelawak hebat di masanya berkarir dari siaran radio ssperti warkop DKI.

Tapi sekarang radio perlahan banyak yang tumbang, karena mulai ditinggalkan penggemarnya lagu-lagu yang mudah di download berbentuk mp4 lebih simple di dengar daripada harus memutar radio, iklan dan sponsor pun mulai beralih ke media lain seperti youtube, joox, spotify dan lainnya.





Channel FM dahulu lebih padat dibandingkan AM kini terasa lebih longgar, bahkan banyak juga radio yang menghentikan siarannya.

Tapi menurut kamu, apakah radio masih ada pendengarnya di tengah gempuran platform media online. Atau memang sudah banyak di tinggalkan, kamu sendiri masih suka mendengar radio ga sih?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.



emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 08-04-2021 06:44
shoyusushiamdar07Junmai92
Junmai92 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
7K
189
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.