gaygeneAvatar border
TS
gaygene
NU Said Aqil: Agama Bukan dari Langit, Tapi dari Manusia


Terkini.id, Jakarta – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Sirojm menjelaskan bahwa manusia tidak hanya ditugaskan untuk fokus ke hal-hal ketuhanan melainkan kemanusiaan juga.

Hal itu ia sampaikan dalam diskusi daring yang di mana meminta dosen agama di fakultas umum tak banyak ajarkan Aqidah dan Syariah.

Awalnya, Said Aqil menilai bahwa sebaiknya tak banyak bincang soal akidah karena menurutnya berpotensi untuk berkembangnya paham radikal.

“Bagi dosen agama yang mengajar agama di bukan fakultas agama, tidak usah banyak-banyak bincang akidah dan syariah. Cukup dua kali pertemuan. Rukun iman dan (rukun) islam,” kata Said Aqil, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa, 6 April 2021.

Namun, Said memberi pengecualian kepada jurusan-jurusan tertentu. “Kecuali (jurusan) ushuluddin, kecuali (jurusan) fiqih atau tafsir hadis. Itu terserah, itu harus mendalam,” ujar Said Aqil.

“Tapi kalau dosen yang mengajar di fakultas yang umum, Teknik, hukum misalkan enggak usah banyak-banyak tentang aqidah dan syariah, cukup dua kali,” tambahnya.

Hal itu dinilai Said Aqil bisa menimbulkan radikalisme jika banyak membicarakan soal hal-hal metafisik.

“Kenapa? Kalau ini diperbanyak, nanti isinya, surga-neraka, Islam, kafir, lurus, benar, sesat. Terus-terusan bicara itu radikal jadinya,” ucap dia.

Di samping itu, Said Aqil berdasarkan Quran dan Hadist menjelaskan bahwa manusia tidak hanya ditugaskan untuk melakukan hal-hal terkait teologi atau ‘ilahiyah’ , tetapi juga menyangkut kemanusiaan.

“Agama bukan dari langit, tapi dari manusia sendiri,” jelasnya.


Lebih lanjut, Saiq Aqil ini menilai bahwa sudah sepatutnya akademisi Islam bisa mengembalikan masa kejayaan peradaban Islam.

Ia kemudian memberikan contoh saat kejadian beberapa abad yang lalu, di mana intelektual Islam lebih maju dari Eropa dan China

“Waktu itu Eropa masih tidur, China masih tradisional. Islam sudah maju luar biasa,” paparnya.


“Bagaimana para ulama para pemikir para teknokrat sudah mencapai kemajuan teknologi yang luar biasa,” tambah dia.

https://makassar.terkini.id/nu-said-...-dari-manusia/
samsol...
scorpiolama
jiresh
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.1K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.