News
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606d40d783aced387b036dee/ask-apakah-menurut-agan-mui-memiliki-privilegetertentu
Beberapa netizen menyampaikan pandangannya atas MUI mengenai sertifikasi halal yang seharisnya diatur dan dikeluarkan oleh Kementerian Agama, bukan oleh ormas. Beberapa netizen lain juga mengatakan bahwa MUI terkesan sangat kebal sekali dan negara seperti takut jika MUI dibubarkan.
Lapor Hansip
07-04-2021 12:19

[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki Privilege Tertentu?

Past Hot Thread
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?


Sesaat setelah sarapan bubur ayam, dan ditutup dengan secangkir teh daun mint, Ane pun langsung melakukan rutinitas keseharian Ane yaitu melihat-lihat apa yang sedang terjadi di media sosial. Ya, mau gimana lagi Gan, kalau kerja di bidang industri kreatif berbasis digital, emang perlu banget untuk selalu update perkembangan yang ada di dunia maya, hehe..

Beberapa menit setelah membuka media sosial, Ane pun tertarik dengan sebuah pembahasan dari Luqman Hakim yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB. Melalui akun Twitter-nya, Luqman mencuit sebuah isu pembahasan tentang Majelis Ulama Indonesia (MUI). Berikut ini cuitan yang disampaikan oleh Luqman pada 7 April 2021, pukul 12.32 AM.

"MUI itu ormas, bukan Kementerian/Lembaga Negara. Clear ya kedudukan MUI. Sbg ormas, negara harus perlakukan MUI sama seperti ormas2 lain. Jika negara beri previlige tertentu, pasti akan ada pihak2 yg gunakan MUI utk cari untung pribadi/kelompok. Apakah sdh terjadi? Ada yg tahu?"

Cuitan tersebut langsung menjadi pembahasan hangat netizen. Beberapa netizen menyampaikan pandangannya atas MUI mengenai sertifikasi halal yang seharisnya diatur dan dikeluarkan oleh Kementerian Agama, bukan oleh ormas. Beberapa netizen lain juga mengatakan bahwa MUI terkesan sangat kebal sekali dan negara seperti takut jika MUI dibubarkan.

Mengenai sertifikasi halal, terdapat juga netizen yang geli terhadap sertifikasi halal kulkas. Menurutnya, sertifikasi halal kulkas terkesan menggelikan tapi ya sudahlah. Pokoknya, banyak sertifikasi dari MUI yang menurut mereka terkesan aneh.

Tak hanya soal sertifikasi saja, netizen lain pun juga membalas cuitan dari Luqman dengan pandangan Gus Dur dan Gus Mus terhadap MUI. Ada netizen yang mengungkit bahwa Gus Dur dulu pernah berkata untuk "bubarkan saja MUI", dan perkataan Gus Mus yang mengatakan bahwa MUI itu sebenarnya makhluk apa.


Gus Dur Usulkan Pembubaran MUI (30/12/2007, AntaraNews)
Gus Dur Usulkan Pembubaran MUI



Gus Mus: MUI Itu Sebenarnya Makhluk Apa? (01/04/2015, Tempo)
Gus Mus: MUI Itu Sebenarnya Makhluk Apa?


Menanggapi pembahasan mengenai MUI ini, bagaimana tanggapan Agan?

Apakah Agan sepakat dengan argumen netizen-netizen tersebut, atau Agan punya pandangan sendiri dalam menyikapi terkait MUI?

Coba yuk kita diskusikan di thread ini.

emoticon-No Sara Please
Diubah oleh RickyAdr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 20 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 15:56
............itu kang stempel, dan dengan modal stempel mereka ngeruk duit pebisnis layaknya bpom, omset ratusan milyar...menggelikan emoticon-Najis



dengan kata lain "Preman" ! emoticon-Ngakak
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 15:57
Majelis ulama indonesia tapi bermain politik
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:09
MUI bukannya di bawah dept agama?

Kalo PGI statusnya seperti apa?
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:15
MUI itu anak perusahaan kemenag. badan usaha berkedok ormas. kan enak gak kena pajak seperti badan usaha. bisnis utamanya sertifikasi halal
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:16
mui dulu itu strateginya presiden soeharto, sekarang jadi kebablasan emoticon-Frown
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:16
Wkwkwk... Nyerang MUI lewat sertifikatnya, sok ambil aj tuh sertifikat halal dari MUI, skrg jg udh ada lembaga khususnya

MUI ga cuma terbitin sertifikat halal aj. Fungsinya mirip dengan organisasi umat beragama lainnya spt PGI, WALUBI, dll. Klo MUI dibilang ga ada gunanya brarti organisasi umat beragama lainnya ga ada gunanya.

[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
Diubah oleh whoever
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:22
wah no comment ane gan.. dari pada komen netijen gak jelas
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:26
MUI skarang ini udh beda sama MUI jaman dulu yg isinya emang ulama. MUI skarang isinya tuh politikus sama pebisnis yg cari uang. Apalagi jadi ulama jaman skarang tuh gampang. Asal punya pengikut, bisa disebut ulama. Meskipun agamanya dangkal
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:30
Quote:Original Posted By megatron21
MUI skarang ini udh beda sama MUI jaman dulu yg isinya emang ulama. MUI skarang isinya tuh politikus sama pebisnis yg cari uang. Apalagi jadi ulama jaman skarang tuh gampang. Asal punya pengikut, bisa disebut ulama. Meskipun agamanya dangkal


Klo ulama agamanya ga dangkal nanti dibilang radikal gan emoticon-Embarrassment

Diubah oleh whoever
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:45
Bubarkan atau bentuk organisasi baru untuk mengayomi semua agama.

Tbh saya sebagai muslim tidak merasakan manfaat sama sekali kecuali penentuan puasa dan lebaran titik.

Apalagi sekarang sudah terlalu mencampuri dunia politik yang notabene bukan merupakan domain mereka.

Sudah merupakan rahasia umum semenjak kaum wahabi /salafi / IM /khilafah dan kaum oppportunis antek orba menguasai maka berubahlah semua tataran kewajaran dan etika sebuah institusi yang konon seharusnya bisa menjadi teladan.

Bersatu selalu dalam melawan ideologi khilafah dan intoleransi. emoticon-I Love Indonesia (S)

Wassalam.
profile-picture
maverick1371 memberi reputasi
1 0
1
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:49
Kenapa dilakukan cap/label Halal bukan cap/label Haram?
Bukannya dari segi efektifitas dan efisiensi melabeli sesuatu yang haram lebih mudah?
Karena setau ane, segala sesuatu itu Halal kecuali yang diharamkan.

Ane heran sampe sendal wanita saja ada label halalnya, trus Apakah jika sendal wanita tsb bersentuhan dengan sendal yang bukan muhrimnya (sendal pria) atau menginjak sesuatu yg najis (tai), apa menjadi tidak halal lg? emoticon-Thinking
profile-picture
Jazed memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:51
privilege MUI: stempel selalu halal, kalau tidak halal bukan stempel MUI. emoticon-Big Grin
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 16:52
Penjual stempel emoticon-Hammer2
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:03
Sertifikasi halal itu perlu, dan monopoli sertifikasi kehalalan itu perlu juga. Karena untuk menjamin kehalalan produk yang dijual oleh pedagang kepada konsumen. Itu makanya MUI diberi privilege semacam itu. Kalau sertifikasi kehalalan nggak dikontrol 1 lembaga, dan privilege itu diberikan oleh orang2 yang bukan ahlinya maka kekacauan produk makanan akan terjadi dan orang nggak mudah percaya. Bukan cuma di Indonesia aja yang punya lembaga seperti MUI, di Australia sekarang ada AHFS (Australian Halal Food Services) dan privilege itu diberikan pemerintah Australia untuk mengontrol sertifikasi kehalalan. Di Singapore ada (Majelis Ugama Islam Singapore) dan diberi privilege untuk mengatur produk2 halal. Jadi dimana salahnya kalo ada 1 lembaga yang ngatur keperluan umat yang berhubungan dengan halal haram makanan?. Dan sepertinya yang nanya diluar negri ada apa nggak, mending ente jalan2 dulu keluar negri. Biar tau disana ada apa.
Diubah oleh narukustation
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:32
Namanya juga ORMAS
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:36
masyarakatnya yg lebih percaya stempel itu kan, coba aja ada tempat makan yg nggk pake stempel itu, dijamin kaga laku.

Harus dimulai dr masyarakatnya
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:45
Klub cosplay Piccolo...
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:49
Apaan tuh MUI, fans-nya kacau, apalg klub kebanggaannya bakal tanpa gelar musim ini, msh berharap ama tuh klub, apalg fans-nya di Indonesia suka koar2 gk jelas.

MUI itu kan Manchester United Indonesia fans club kan?
0 0
0
[ASK] Apakah Menurut Agan MUI Memiliki PrivilegeTertentu?
07-04-2021 17:53
Bubarkan MUI....seringkali berpolitik dan minus mengawasi perkembangan ajaran agama islam.
emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia