• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Hal Yang Menjadi Ciri Khas Android Jadul, Sangat Berbeda dengan yang Sekarang Gan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Hal Yang Menjadi Ciri Khas Android Jadul, Sangat Berbeda dengan yang Sekarang Gan
Selamat datang lagi kembali di thread ane gan.

Sejak diperkenalkan sejak 2008 yang lalu, sistem operasi Android tidak langsung seperti sekarang. Melainkan awalnya masih kalah dengan OS lain khususnya oleh Symbian dan juga iOS yang saat itu baru saja muncul di tahun 2007. Android tidak langsung secanggih sekarang. Pada perangkat Android jadul, kita dulu mungkin masih ingat jika RAM 1GB saja sudah cukup besar apalagi untuk smartphone Android keluaran sebelum 2013.

Android sekarang RAM-nya sudah besar, game sudah sekelas konsol,chipset yang semakin canggih dan banyak aplikasi penunjang kehidupan dan juga hiburan. Contohnya adalah seperti aplikasi transportasi online atau aplikasi lainnya yang tidak akan ditemukan pada saat sebelum tahun 2012. Nah, di bawah ini adalah daftar apa saja yang terjadi pada perangkat Android jaman dulu. Langsung saja ke pembahasannya gan.

1. RAM Kecil (Ngelag)

Salah satu ciri khas dari Android jadul adalah RAM yang kecil. Ya iyalah, namanya juga teknologi pasti bertahap. Tapi tetap saja pada saat itu RAM Android jadul bisa penuh sesak dengan seketika sehingga lag pun akan akbrab dirasakan oleh pengguna Android saat itu. Sebagai contoh, pada tahun 2012 perangkat Android yang memiliki RAM 1GB sudah tergolong besar tapi tetap akan cepat sesak dengan aplikasi yang berjalan di latar. Salah satu kelemahan Android jadul memang adalah lag yang kerap terjadi dan cukup sering diejek oleh pengguna iOS dengan sebutan "Androlag".

2. Baterai cepat habis

Percayalah, agan yang pernah menggunakan Android jadul, baterai adalah masalah krusial yang sangat menyebalkan. Dengan kapasitas baterai yang tidak sebesar sekarang dan teknologi yang belum diupgrade, baterai Android jadul sangat cepat terkuras habis bahkan untuk kelas flagship pun juga demikian. Maka dari itu lahirlah Power Bank sebagai salah satu solusinya. Android jadul dalam sehari bisa membutuhkan charge sampai 3 kali bahkan lebih. Baterai pada Android mulai menjadi awet sejak sekitar tahun 2016 di mana banyak pabrikan yang menyematkan baterai dengan kapasitas besar di produk smartphone mereka.

3. Layar Tidak Besar

Dulu ada yang memprediksi jika orang-orang tak membutuhkan layar HP yang besar dan ternyata prediksi tersebut salah. Hampir semua smartphone Android keluaran terbaru layarnya di atas 6 inchi. Sedangkan Android jadul layarnya tidak terlalu besar. Paling besar mungkin hanya 5 inchi.Sedangkan untuk yang entry level ada yang hanya 3 inchi saja. Salah satu Android jadul yang layarnya kecil adalah Samsung Galaxy Y yang dirilis pada akhir 2011 yang lalu.

4.Brand Lokal Masih Berjaya

Sejak Xiaomi menyerang dan diikuti oleh yang lainnya, pasar smartphone Android di Indonesia dikuasai oleh brand asal Tiongkok. Sedangkan pada saat era Android jadul,brand lokal sempat ikut merasakan kejayaan. Salah satunya adalah seri Andromax yang dikeluarkan oleh Smartfren dan bekerjasama dengan Haier dan Sense.Juga Evercoss saat itu sempat membuat heboh dengan meluncurkan Cross A7S dan diserbu oleh para pecinta gadget.

5.Belum Ada Game Super Berat
Apa game Android yang populer saat ini? Bisa dibilang PUBG Mobile, Asphalt 9, Genshin Impact, Fortnite Mobile,dll. Pada Android jadul game yang paling berat adalah seri Modern Combat. Pada era Android jadul, belum ada game online yang benar-benar sangat populer. Mungkin yang pertama populer adalah Clash of Clans. Game yang populer untuk Android jadul adalah Temple Run 2, Jetpack Joyride, Angry Bird, Subway Surfer,dll.

6.Tidak Semua orang Punya Android


Pada awal-awal masa peluncuran Android, tidak banyak orang yang menggunakannya seperti sekarang. Malah di Indonesia dulu banyak yang masih memakai Blackberry. Makannya Whatsapp dulu kurang populer dan kalah dari BBM. Sebelum tahun 2013 pengguna Android belum sebanyak seperti sekarang. Smartphone Android pada saat itu belum menjadi benda yang umum. Kalau sekarang mah dari anak SD sampai lansia juga punya Android.

7. Aplikasi dan kegunaan belum sebanyak sekarang


Kalau sekarang banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Android mulai dari pekerjaan hingga aplikasi hiburan seperti Tiktok. Ada juga aplikasi lainnya yang menunjang kehidupan sehari-hari seperti ojol. Lain halnya dengan Android jadul, aplikasinya paling sebatas sosmed dan game doang.

Nah, gan. Itulah pembahasannya. Ada yang mau nambahin enggak nih? emoticon-Ngakak

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Andr...rating_system)
dhinyzfrn
over.power
viqririatra
viqririatra dan 30 lainnya memberi reputasi
31
10.9K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.