ukhtyfit81Avatar border
TS
ukhtyfit81
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
Seputar Anak dan Keluarga



Orang tua adalah madrasah utama bagi anak-anak nya. Segala yang orang tua lakukan akan menjadi contoh terhadap anak dan akan jadi duplikat anaknya, jadi jangan salahkan anak jika akhlaknya tidak baik, karena bisa jadi kelakuan kitalah yang di tiru oleh anak-anak. Karena biasanya otak anak akan selalu mencerna apa yang kita ajarkan dan apa yang dilihat anak akan ia terapkan.

Pentingkah mengajarkan tatakrama kepada anak?

Penting baget, karena ketika kita ajarkan tatakrama kepada anak, anak akan menerapkannya kepada orang lain dan menjadi kebiasaan sampai dewasa.

Jadi ajarkan lah anak tatakrama agar menjadi anak yang baik dan berakhlak mulia.

Mengajarkan anak tatakrama adalah kewajiban orang tua, jadi didiklah anak dengan baik kalau mau jadi anak yang baik pula.

Tatakrama adalah hal yang penting agar anak punya sopan santun, jangan biarkan anak tergelincir kedalam pergaulan yang salah.

Apa saja tatakrama yang harus di ajarkan kepada anak?

1. Menyapa dan Memberi Salam



Ajarkan lah anak untuk selalu menyapa terlebih dahulu kepada siapapun tanpa terkecuali, dan ajarkan untuk selalu memberi salam ketika baru datang dan bertemu orang.

Karena jika anak sudah terbiasa melakukannya, maka ia akan seterusnya menerapkan apa yang di ajarkan.

2. Menepati Janji dan Waktu



Nah apapun alasannya anak harus bisa menepati janji, jangan sampai ia mengingkari janjinya sendiri karena sesuatu hal, karena janji adalah janji yang harus di tepati.

Jangan ajarkan anak gampang membuat janji apalagi janji itu gak bisa di tepati, jadi ajarkan lah kepada anak untuk selalu menepati janji.

Waktu

Ajarkan lah anak untuk selalu mengatur waktunya, jangan sampai ia lupa waktu. Berilah anak jadwal agar ia bisa melakukan apapun dengan teratur.

3. Mengucapkan Tolong Ketika Meminta Bantuan



Terkadang orang tua lupa mengajarkan anak untuk 'mengucapkan kata tolong'

Seringkali hal ini selalu dia nggak remeh, tapi akibatnya akan jadi patal karena ketika anak butuh bantuan ia akan seenaknya menyuruh tanpa memperdulikan adab.

Padahal ini penting sekali loh!
Jadi ajarkan lah anak untuk selalu mengucapkan tolong ketika meminta bantuan, bantuan sekecil apapun itu, agar anak menjadi terbiasa.

4. Mengucapkan Terimakasih Ketika Menerima Sesuatu



Ajarkan lah anak untuk mengucapkan terimakasih ketika di beri sesuatu, apapun yang di terimanya dan sekecil apapun yang di berikan untuknya, kita harus mengajarkannya. Agar ia akan terbiasa menerapkannya.

5. Meminta Maaf Jika Berbuat Salah



Mengajarkan anak untuk meminta maaf itu penting, jangan sesekali membela anak ketika salah, karena itu akan menjadi kebiasaan, ajarkan lah anak meminta maaf sekecil apapun kesalahannya dan terhadap siapapun jika ia salah ia wajib meminta maaf.

6. Tidak Menyela Pembicaraan Orang Lain



Jangan biarkan anak menyela pembicaraan orang, apalagi orang tua, itu tidak baik.

Ajarkan lah anak untuk selalu mendengarkan terlebih dahulu sampai selesai.

7. Menatap Mata Lawan Bicara



Ketika berbicara dengan anak ajarkan lah untuk menatap lawan bicaranya, jangan sampai terpokuskan kepada hal lain saat bicara.

Apalagi sekarang banyak anak ketika berbicara malah pokus dengan gadget atau mainannya.

8. Mau Berbagi dan Membantu Orang Lain



Ajarkan lah anak untuk berbagi dan membantu orang apapun itu yang bisa di bagi dan dibantu, berbagi dan membantu saudara, teman ataupun orang yang membutuhkan.

Jadi ia tidak akan sungkan untuk berbagi dan membantu kepada siapapun itu.


9. Meminta Ijin Sebelum Menggunakan Barang Orang Lain



Ajarkan lah anak untuk selalu meminta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain, jangan sampai setelah menggunakan baru meminta ijin.

10. Menjaga Etika Saat Makan



Ajari anak menjaga etika saat makan, seperti jangan terburu-buru, duduk yang benar, kalau ada makanan yang jauh ajarkan lah untuk meminta tolong mengambilkan.

Nah itulah 10 tatakrama yang wajib di ajarkan kepada anak jika anak kalian ingin menjadi anak yang shaleh dan shalihah, berilmu dan beradab.

Berilah contoh yang baik untuk anak-anak agar anak menjadi manusia yang berguna, berakhlak mulia, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Nah gimana GanSist, kuy diskusi santuy, jangan lupa cendol segar, rate, dan share jika bermanfaat!

Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih

Sumber: 1, 2
Diubah oleh ukhtyfit81 05-04-2021 13:50
cheria021
husnamutia
aygilagility
aygilagility dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.