Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/605da4c732a21f1e4d673e4d/mengenal-fenomena-doppelganger-penyebab-wajah-kita-mirip-orang-lain
Nah, kasus kembar tapi KW alias kembar beda orangtua ini disebut dengan fenomena doppelganger, Gansis. Hmm ... agak susah ya namanya? Ya maklum sih, emang kata tersebut berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan gaenger (pejalan).
Lapor Hansip
26-03-2021 16:09

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Apakah Gansis sering mengalami dibilang mirip si ini, si itu, si anu, padahal nggak ada pertalian saudara? Ujung-ujungnya dikatain wajah pasaran, karena banyak banget kembaran KW-nya.
emoticon-Ngakak

Di kalangan pesohor pun sering kita jumpai hal demikian. Ada yang sempat kemarin viral kemarin, seorang penjual bakso bernama Dimas Ramadhan yang wajahnya dibilang mirip Rafi Ahmad.

Ada juga salah satu diva pop tanah air, Rossa, yang dibilang mirip dengan penyanyi asal Malaysia bernama Shiha Zikir. Shiha pernah ikut ajang kompetisi Dangdut Academy Asia di salah satu stasiun televisi nasional. Dari situ banyak yang bilang wajah, suara, gaya panggung Shiha mirip dengan Rossa. Nggak hanya kata orang Indonesia, warga Malaysia juga menganggap mereka mirip.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Terus ada lagi kembar tapi bukan saudara, artis sinetron Chelsea Olivia dan mantan penyanyi cilik yang tergabung dalam Trio Kwek Kwek, Leony. Ingat nggak, Gansis? Padahal mereka bukan saudara.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Nah, kasus kembar tapi KW alias kembar beda orangtua ini disebut dengan fenomena doppelganger, Gansis. Hmm ... agak susah ya namanya? Ya maklum sih, emang kata tersebut berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan gaenger (pejalan).

Lantas, adakah penjelasan ilmiah tentang fenomena doppelganger ini? Secara penelitian khusus yang dilakukan oleh ilmuwan sih, belum ada. Namun, secara teori ada beberapa ilmuwan yang mengemukakan pendapat ilmiahnya.

Seorang ilmuwan forensik dan pakar pengenalan wajah dari George Washington University bernama Daniele Podini, mengemukakan bahwa jumlah populasi seluruh manusia di bumi dan fakta bahwa genetika manusia bekerja secara acak, bisa menyebabkan adanya kemiripan antara seseorang dengan orang lain, walaupun bukan saudara kandung.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Penjelasannya begini, sel dalam tubuh kita ini memiliki 46 kromosom. Kromosom adalah kumpulan DNA berisi informasi tentang tinggi badan, warna kulit, warna mata dan lain-lain yang diturunkan oleh orangtua, kakek, buyut, dan leluhur kita. Informasi inilah yang bekerja secara acak, sehingga dalam satu keluarga, ada beberapa kemiripan, juga perbedaan.

Dengan banyaknya populasi manusia di bumi ini, mungkin saja antara satu orang dengan lainnya ada persamaan leluhur yang sudah jauh banget kalau dibikin silsilah. Inilah kemudian yang menjelaskan kenapa bisa mirip padahal bukan saudara. Padahal bisa saja kakek buyut atau leluhurnya sama.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Lalu ada Richard E. Lutz MD anggota Associate Professor dari Pediatrics and Clinical Geneticist Munroe-Meyer Institute di University of Nebraska Medical Center, yang pendapatnya masih nyambung dengan Podini. Menurut Richard, ketika ada dua orang yang mirip, padahal tinggalnya berjarak ribuan kilometer, boleh jadi mereka sebenarnya masih satu leluhur. Kemudian anak turunnya menyebar ke lain daerah, bahkan lain negara.
emoticon-sudahkuduga

Masuk akal memang ya, Gansis. Emang leluhur dari leluhur manusia ketemunya ya pada Adam dan Hawa juga.

Dalam bidang penegakan hukum, fenomena ini penting diperhatikan, Gansis. Misalnya ketika wajah seseorang mirip dengan seorang kriminal yang diburu, harus diidentifikasi betul biar nggak salah tangkap. Terus ada juga seorang yang wajahnya mirip kepala negara, bisa dipekerjakan untuk mengalihkan perhatian. Kayak di film-film gitu.

Quote:Sebagai informasi tambahan, Gansis. Dalam budaya Eropa dan Amerika, mereka percaya bahwa fenomena doppelganger ini adalah seseorang yang sedang melihat refleksi dirinya sendiri. Semacam sosok dirinya yang ada di masa depan gitulah.

Mitosnya, seseorang yang bertemu dengan dirinya sendiri jadi firasat
nasib buruk yang akan menimpa. Konon, Ratu Elisabeth dan Abraham Lincoln pernah bertemu dengan sosok dirinya sendiri, dan tak lama setelah kejadian itu, mereka pun meninggal dunia.
emoticon-Takut

Duh, serem ya.Tapi itu mitos mereka ya.


Nah, kalau pendapat dan pengalaman Gansis sendiri bagaimana? Yuk, ngobrol santuy di kolom komentar sambil ngopi.

emoticon-nyantaiemoticon-Kaskus Radio


Malang, 26 Maret 2021

Tulisan : @InaSendry
Narasi : Opini Pribadi
Referensi : 1 2 3 4
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
02-04-2021 17:07
Pas kecil sempet denger mitos kalo di dunia ini kita punya 7 kembaran
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 06:14
Temen ane ada yang mirip di buku smp, dia cowo tapi yang dibuku cewe. Mirip bgt sempet dijadiin bahan leluconemoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 06:55
Quote:Original Posted By InaSendry


Apakah Gansis sering mengalami dibilang mirip si ini, si itu, si anu, padahal nggak ada pertalian saudara? Ujung-ujungnya dikatain wajah pasaran, karena banyak banget kembaran KW-nya.
emoticon-Ngakak

Di kalangan pesohor pun sering kita jumpai hal demikian. Ada yang sempat kemarin viral kemarin, seorang penjual bakso bernama Dimas Ramadhan yang wajahnya dibilang mirip Rafi Ahmad.

Ada juga salah satu diva pop tanah air, Rossa, yang dibilang mirip dengan penyanyi asal Malaysia bernama Shiha Zikir. Shiha pernah ikut ajang kompetisi Dangdut Academy Asia di salah satu stasiun televisi nasional. Dari situ banyak yang bilang wajah, suara, gaya panggung Shiha mirip dengan Rossa. Nggak hanya kata orang Indonesia, warga Malaysia juga menganggap mereka mirip.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Terus ada lagi kembar tapi bukan saudara, artis sinetron Chelsea Olivia dan mantan penyanyi cilik yang tergabung dalam Trio Kwek Kwek, Leony. Ingat nggak, Gansis? Padahal mereka bukan saudara.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Nah, kasus kembar tapi KW alias kembar beda orangtua ini disebut dengan fenomena doppelganger, Gansis. Hmm ... agak susah ya namanya? Ya maklum sih, emang kata tersebut berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan gaenger (pejalan).

Lantas, adakah penjelasan ilmiah tentang fenomena doppelganger ini? Secara penelitian khusus yang dilakukan oleh ilmuwan sih, belum ada. Namun, secara teori ada beberapa ilmuwan yang mengemukakan pendapat ilmiahnya.

Seorang ilmuwan forensik dan pakar pengenalan wajah dari George Washington University bernama Daniele Podini, mengemukakan bahwa jumlah populasi seluruh manusia di bumi dan fakta bahwa genetika manusia bekerja secara acak, bisa menyebabkan adanya kemiripan antara seseorang dengan orang lain, walaupun bukan saudara kandung.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Penjelasannya begini, sel dalam tubuh kita ini memiliki 46 kromosom. Kromosom adalah kumpulan DNA berisi informasi tentang tinggi badan, warna kulit, warna mata dan lain-lain yang diturunkan oleh orangtua, kakek, buyut, dan leluhur kita. Informasi inilah yang bekerja secara acak, sehingga dalam satu keluarga, ada beberapa kemiripan, juga perbedaan.

Dengan banyaknya populasi manusia di bumi ini, mungkin saja antara satu orang dengan lainnya ada persamaan leluhur yang sudah jauh banget kalau dibikin silsilah. Inilah kemudian yang menjelaskan kenapa bisa mirip padahal bukan saudara. Padahal bisa saja kakek buyut atau leluhurnya sama.

Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!

Lalu ada Richard E. Lutz MD anggota Associate Professor dari Pediatrics and Clinical Geneticist Munroe-Meyer Institute di University of Nebraska Medical Center, yang pendapatnya masih nyambung dengan Podini. Menurut Richard, ketika ada dua orang yang mirip, padahal tinggalnya berjarak ribuan kilometer, boleh jadi mereka sebenarnya masih satu leluhur. Kemudian anak turunnya menyebar ke lain daerah, bahkan lain negara.
:sudahkuduga

Masuk akal memang ya, Gansis. Emang leluhur dari leluhur manusia ketemunya ya pada Adam dan Hawa juga.

Dalam bidang penegakan hukum, fenomena ini penting diperhatikan, Gansis. Misalnya ketika wajah seseorang mirip dengan seorang kriminal yang diburu, harus diidentifikasi betul biar nggak salah tangkap. Terus ada juga seorang yang wajahnya mirip kepala negara, bisa dipekerjakan untuk mengalihkan perhatian. Kayak di film-film gitu.

Nah, kalau pendapat dan pengalaman Gansis sendiri bagaimana? Yuk, ngobrol santuy di kolom komentar sambil ngopi.

:nyantai emoticon-Kaskus Radio


Malang, 26 Maret 2021

Tulisan : @InaSendry
Narasi : Opini Pribadi
Referensi : 1 2 3 4


contoh koq ga ada yang mirip

ngasih contoh tu model Katy Perry sama Zoey Deschanel gitu lo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 07:00
Ane belom ketemu yg mirip,
Siapa tau artis emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 07:01
Ane pernah naik bis liat doppelganger ane. Model2 nya mirip dari cara berpakaian juga mirip2. Terus sama2 pura2 ga ngeliat. Kayak orang ketemu pake baju kembaran di jalanan malah pengen kabur bawaannya emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 07:18
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 07:32
Ku taunya doppleganger itu skill nya sun mobel lejendemoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 07:46
Dan, artis yg paling banyak kembarannya adalah Rhoma Irama emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 08:59
Gue mirip ama siapa ya?
Selain orang tua ane wkwkwkwk
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 09:24
kartunya mahal nih setau gw, atk speed jadi berapa persen gitu
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 09:32
Manusia ada 7 kembarannya didunia
Kucing ada 9 nyawa...
Mitos,epos kah?
emoticon-Traveller
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 09:35
Jangan heran. Naruto aja bisa bikin 1000 kembaran
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 10:28
emang ada kan 10 org yg mirip kita tersebar di penjuru dunia..

org2 bilangnya reinkarnasi pdahal mah ya emang gtu siklusnya
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 10:44
Manpasinjoek

Ane pernah nemu tuh dikampung seruling bambu emoticon-Hammer2
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 11:18
Wah ane belum pernah ketemu dopleganger ane emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 11:54
kalo tetanggaan tapi anak nya mirip kenapa gan?
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 12:43
ane udah kenal istilah ini sejak lama sih, pertama tau dari nonton film seriesnya the flash.. hehehe tp selain disangkut pautin ama adanya kembaran di dunia nyata, kadang juga disangkut pautin ama kembaran tak kasat mata juga.. kaya dijawa dikenal istilah "sedulur papat limo pancer"
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 13:44
Bryce Dallas Howard dan Jessica Chastain

Natalie Portman dan Keira Knightley

Zoey Deschanel dan Katy Perry

kalau doppleganger menurut ane kebanyakan dari barat sono gan kayaknya
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 14:03
mungkin klo seliwat keliatan sama.. tp klo diperhatiin tetep aja beda.
0 0
0
Mengenal Fenomena Doppelganger. Penyebab Wajah Kita Mirip Orang Lain!
05-04-2021 17:06
Tp nemang bener lho ada orang yg bener mirip, saya pernah ngalamin kirain temen gak tahunya bukan.. malu kan jadinya
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia