powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Kenapa Sisi Bulan Yang Terlihat Dari Bumi Selalu Sama?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Pelajaran saat jaman sekolah dulu mengajarkan kepada kita bahwa bulan itu berotasi (berputar pada sumbunya), berevolusi (mengelilingi) bumi, sekaligus juga berevolusi (mengelilingi) matahari. Artinya, bulan melakukan 3 gerakan sekaligus dalam satu waktu. Ia berputar pada porosnya seperti bumi, dan disaat yang bersamaan juga mengelilingi bumi sekaligus juga mengelilingi matahari.



Agak rumit dan sulit dibayangkan ya? Lebih gampangnya sih anggep saja bulan itu sebuah gangsingan yang berputar. Didekat gangsingan itu ada sebuah bola bekel. Nah, selain berputar, gangsingan itu juga bergerak mengelilingi bola bekel di dekatnya tadi. Di dekat bekel dan gangsingan, ada bola yang lebih besar ukurannya, yaitu bola voli. Jadi selain berputar dan bergerak mengelilingi bola bekel, gangsingan tadi juga bergerak mengelilingi bola voli. Sudah mudengsampai disini?

Anggap saja Gansis sudah mudeng ya. Ane yakin Gansis pandai - pandai kok sekolahnya, apalagi ini pelajaran anak SD, jadi ane yakin semua paham dengan penjelasan ane diatas. Kalau sudah mudeng, berarti kita sudah satu server nih.

GIF

Nah, kalau memang sudah satu server, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, pernahkah Gansis menyadari kalau sisi permukaan bulan yang menghadap ke bumi itu cuman itu - itu aja dan nggak pernah berubah? Padahal nih kan secara teori bulan itu bulat, terus dia berputar seperti gangsing, harusnya sisi bulan juga berubah kan saat bulan berputar? Apakah sebenarnya bulan itu cuman mengelilingi bumi doang tanpa berotasi (berputar)?

Hmm.. sebelum jauh kesana, ada sedikit cerita nih. Ane sendiri sudah tau kalau sisi bulan yang menghadap ke bumi itu selalu sama bahkan sejak SD dulu. Saat itu ane diceritain sama nenek ane. Kalau "gambar' bulan itu katanya gambar bidadari yang sedang memangku seekor kucing, atau bahasa Jawanya "widodari mangku kucing". Karena penasaran dengan cerita nenek, saat bulan purnama ane perhatikan bentuk motif permukaan bulan, dan sekilas memang ada nampak seperti gambar orang duduk, meski cuman samar - samar saja.



Dan karena sejak kecil ane termasuk lumayan kritis, ane bertanya ke guru SD ane. Pertanyaan ane sama dengan judul trid ini, kenapa sisi bulan selalu sama kalau memang bulan itu berotasi? Guru ane saat itu tidak bisa menjawab dan mengatakan dia akan mencari jawabannya dulu. Kalau sudah ketemu, akan disampaikan di kelas. Tapi nyatanya, sampai ane lulus, guru tersebut tak pernah menyampaikan jawaban atas pertanyaan ane. Entah dia belum menemukan jawabannya, atau mungkin dia lupa kalau ada pertanyaan muridnya yang butuh jawaban.

Nah, karena diera sekarang informasi dengan mudah didapat, dan ane juga merasa ada pertanyaan sejak jaman SD yang belum terjawab, dari pada ane terus penasaran dan malah akhirnya percaya dengan teori bumi datar, maka ane pun melakukan riset yang mendalam (baca : googling). Hasilnya, ternyata ada sebuah fenomena yang bernama tidal locking. Apa itu tidal locking?

Spoiler for Yusup..:


Secara bahasa yang mudah dipahami, tidal lockingadalah penguncian gravitasi. Karena adanya fenomena ini membuat periode rotasi (berputarnya bulan seperti gangsing) sama dengan periode bulan ber-revolusi (mengelilingi) bumi. Oleh karena kesamaaan periode itulah membuat sisi bulan yang tampak dari bumi selalu sama. Itu bisa diartikan juga manusia bumi tidak pernah bisa melihat sisi lain bulan. Apakah itu artinya sisi bulan yang dilihat di Indonesia sama dengan sisi bulan yang tampak dari Amerika atau belahan bumi lain? Jawabannya iya, sisi bulan yang terlihat dari bumi selalu sama, dilihat dari bagian bumi manapun.

Nah, sekarang sudah tau kan kenapa selama ini sisi bulan yang tampak cuman itu - itu aja. Lalu, apakah sisi bulan yang lain itu selalu gelap? Tentu tidak. Bulan kan mengelilingi matahari juga. Jadi sisi bulan yang lain tetap terkena cahaya matahari, hanya saja sisi tersebut tak pernah kelihatan dari bumi. Nah, buat Gansis yang mau menambahkan informasi seputar bahasan trid ini, dipersilakan komentar dikolom yang sudah disediakan.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini
Sumur Gambar : Om Google






Diubah oleh powerpunk 04-04-2021 07:33
edv039
EriksaRizkiM
nilwatikta1965
nilwatikta1965 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.4K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.