leighkurgnovanAvatar border
TS
leighkurgnovan
Film Film Bergenre Cyber-Punk Terbaik Versi Ane
Film Film bertema Cyber-Punk terbaik menurut versi ane

Mendengar istilah Cyberpunk, semua pasti langsung teringat dengan Game Open world yang lagi booming sekarang, ya apa lagi kalau bukan game berjudul CYBERPUNK 2077 dari developer CD PROJEKT.
sebenarnya isitlah Cyberpunk itu sendiri sudah populer sejak era 80an. Cyber-punk merupakan gabungan dari dua arti Low-Life & High Tech dan sering digambarkan dengan suasana kehidupan manusia dengan didampingi teknologi canggih yang bersetting tidak begitu jauh dimasa depan dimana tatanan sosial sering digambarkan dalam kondisi distopia (dystopian) ataupun pasca kiamat (post apocalyptic), Genre cyberpunk juga membuat Istilah Hacker menjadi populer.
Banyak karya fiksi yang mengangkat tema cyberpunk berupa novel, komik, video game maupun film & anime. contoh yang paling terkenal adalah Novel Neuromancer yang merupakan bagian dari trilogy Sprawl karya penulis William Gibson, Do androids dream of electric sheep? karya Philip K. Dick yang dimana merupakan basic dari film cyberpunk legendaris Blade Runner.
dalam dunia komik ada Ghost In The Shell karya masamune Shirow, Akira karya katsuhiro Otomo dan Battle Angel: Alita karya Yukito Kishiro yang dimana ketiga komik itu semua sudah diangkat menjadi Anime dan Film.
Dan dalam dunia video game ada Series Deus-Ex, System Shock, dan yang sedang digabdrungi sekarang Cyberpunk 2077.

Nah dalam dunia film sendiri, Film-Film bertema Cyberpunk sendiri cukup banyak dan beragam. dari yang bergenre standard Sci-fi-Action bahkan yang bertema Body-Horror juga ada.
Berikut ane rangkum Film-film Bernuansa Cyberpunk terbaik versi ane;

10.Ready Player One (2018)
Di urutan ke sepuluh ada Ready Player One, Bersetting di tahun 2045, Film besutan Steven Spielberg yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama terbitan tahun 2011 karya Ernest Cline ini menceritakan tentang sebuah wasiat dari seorang pengembang dunia virtual bernama OASIS yang dimana ia membuat sebuah easter egg dan menjadikannya sebagai challenge bagi semua usernya untuk menemukannya. Dan bagi siapapun yang menemukannya akan mendapatkan sebuah keuntungan yang tak terbayangkan.
Film ini memiliki spesial efek yang bikin takjub dan juga menjadi sebuah "fan service" bagi para gamers dan penikmat film khususnya genre Sci-fi, banyak sekali reference pop culture yang ditampilkan dalam film ini.




09. Alita: Battle Angel (2019)
Film Cyberpunk rilisan tahun 2019 yang merupakan adaptasi dari manga berjudul Battle Angel Alita karya Yukito Kishiro ini menceritakan tetang Petualangan Alita, Cyborg Perempuan yang terbangun dengan "tubuh" baru dan tanpa ingatan masa lalunya setelah ia ditemukan dan dirakit kembali oleh seorang scientist bernama Dr Dyson Ido yang menganggap Alita seperti putrinya sendiri.
Alita mencoba beradaptasi dengan kehidupan barunya dan jatuh cinta dengan seorang pemuda bernama Hugo yang memperkenalkannya dengan Motorball sebuah permainan racing gladiator yang di ikuti oleh para cyborg.
Film ini terbilang cukup sukses dan faithfull terhadap source aslinya sebagai sebuah film adapatasi. bahkan Karakter Alita dibuat hampir menyerupai karakter dalam manga dan anime aslinya dengan desain bola mata besar yang merupakan ciri khas karakternya dalam anime.



08. TRON (1982)

Di urutan kedelapan ada Tron film Sci-fi Adventure garapan Disney, yang merupakan film pertama dari franchise TRON ini bercerita tentang seorang Hacker dan Developer Video Game, Kevin Flynn yang menciptakan sebuah Dunia Virtual yang dinamakan The Grid. di film pertamanya Tron (1982) menceritakan petualangannya saat terjebak didalam dunia virtual secara tidak sengaja karena ia ingin merebut kembali software buatan dirinya yang di bajak oleh ENCOM, perusahan software tempat dimana ia bekerja dulu.
Film pertamanya cukup sukses dan banyak dipuji karena visual dan special efeknya yang mengagumkan pada masanya. kesuksesan dan kepopulerannya membuatnya menjadi Film Cult dan menjadi sebuah franchise yang terdiri dari beberapa Video Game, Buku Komik, dan beberapa serial animasi serta sebuah Film Sekuel Live-Action; TRON: Legacy yang dirilis pada tahun 2010 dan juga mendapatkan sambutan yang positif.
Yang menarik, franchise TRON juga merupakan salah satu pionir game mobile populer Snake yang terinspirasi dari permainan Light Cycle dalam TRON.
GIF

07. AKIRA (1982)

Di urutan ketujuh, Film Anime yang disutradarai Oleh Katsuhiro Otomo dan berdasarkan manga berjudul sama yang juga merupakan karyanya sendiri ini mencertikan tentang pertikaian antara geng motor yang diketuai oleh Shōtarō Kaneda dengan sahabat masa kecilnya Tetsuo Shima yang secara misterius mendapatkan kekuatan telekinetic saat mengalami kecelakaan motor dan menjadi sebuah ancam besar bagi warga Neo-Tokyo, kota tokyo pasca kiamat dimasa depan. yang membuat film anime ini menarik adalah soundtracknya yang unik karena terinspirasi dari musik gamelan tradisional indonesia.

Filmnya sendiri juga sukses mendapatkan status cult dan membawa dampak signifikan dalam genre cyberpunk khususnya Japanese Cyberpunk.
GIF

06. Tetsuo: The Iron Man (1989)

Di urutan keenam, Tetsuo: The Iron Man garapan Shinya Tsukamoto. film cyberpunk dengan tema Body Horror yang merupakan seri pertama dalam trilogy tetsuo ini merupakan salah satu film cyberpunk yang unik karena tone Black and White a la Film film David Lynch dan soundtrack bergenre dark industrial arahan Chu Ishikawa yang sangat cocok dengan tema filmnya yang bercerita tentang seorang salary man (istilah pekerja kantoran di jepang) yang mendapati dirinya dikutuk perlahan berubah menjadi cyborg karena tidak sengaja menabarak seorang metal fetishist. cyborg disini bukan seperti cyborg pada umumnya. tetapi cyborg dengan elemen organik seperti pada kebanyakan film" body horor David Cronenberg. film yang cukup keren dan sekaligus disturbing.
cocok untuk fans David Lynch & David Cronenberg.
GIF

05. DREDD (2012)

Di urutan kelima ada DREDD besutan Pete Davis yang merupakan adaptasi dari komik Judge Dredd dan juga merupaka Remake dari film tahun 1995 yang dibintangi Syl. Stallone. yang membuat film remake ini menarik adalah temanya yang sering disebut sebut 11-12 dengan The Raid Redemption yang keluar lebih awal pada tahun 2011. Filmnya sendiri menceritakan tentang polisi khusus di sebuah kota futuristik yang ditugaskan untuk meringkus ketua kriminal Ma-Ma dari sebuah gedung apartement 200 lantai yang dijaga ketat oleh penjaga penjaganya yang loyal dan beringas.
(memang agak sedikit mirip the raid ya hehe). Karl Urban sukses memerankan DREDD dengan baik, bahkan bisa disamakan dengan karakter Doomguy dalam Video Game Doom. (fun fact Karl Urban memang pernah memerankan karakter Doomguy dalam Doom (2005))
GIF

04. Terminator II

Di urutan keempat ada Terminator II garapan James Cameron, seperti Aliens (1987) yang juga disutradari olehnya yang merupakan sekuel dari Alien (1979) Terminator II berhasil menjadi sebuah sekuel yang lebih unggul dari film pertamanya. film ini unik karena one linernya , dan perubahan karakter Terminator yang pada awalnya merupakan antagonis dalam film pertamanya menjadi protagonis pada sekuel dan film film berikutnya. lalu peran Sarah Connor yang pada awalnya seperti damsel in distress menjadi Ass-Kicking Heroine pada sekuel sekuelnya. karakternya menjadi sebuah standard gambaran karakter tough girl dalam perfilman hollywood (tentunya setelah Ellen Ripley)
GIF

03. Ghost In The Shell (1995)

Di urutan ketiga ada Ghost in the shell (1995) garapan Mamoru Oshii yang diangkat dari manga karya Masamune Shirow. menceritakan tentang pasukan polisi khusus yang menangani kejahatan cyber yang berhubungan dengan terorisme dan hacker, di ketuai oleh Major Motoko Kusanagi yang merupakan Cyborg dengan hanya tersisa Otak Manusia yang merupakan elemen organik dalam tubuhnya. Film anime tahun 1995nya merupakan yang terbaik dari sekuel sekuelnya karena elemen elemen religius dan filosofinya. serta efek efek visualnya yang banyak menginspirasi filmmaker" holywood seperti the wachowskis yang terkenal karena trilogy the matrixnya, serta soundtrack garapan Kenji Kawai yang unik dan memorable. GIF

02. Blade Runner (1982)

Di urutan Kedua; Blade Runner (1982) garapan Ridley Scott ini merupakan pionir dari semua film-film bergenre cyberpunk dan banyak menginfluence para filmmaker, game developer, penulis dan dalam banyak hal dalam kehidupan nyata khususnya dalam bidang teknologi.
dipuji karena tone neo-noir dan efek visualnya yang catchy dan soundtracknya yang merupakan khas musik synth pada tahun 80a, serta alur cerita yang kompleks. film yang merupakan adaptasi dari novel karya Philip K. Dick ini juga tidak hanya menginspirasi genre cyber-punk tapi juga genre bio-punk dan genetic enginering. seperti cloning dan manusia sintetik.
Sayangnya, Sekuelnya Blade Runner 2049 tidak mendapatkan pujian yang sama dengan film pertamanya. Walau secara aestetik, visualnya mengalami peningkatan.
GIF

01. The Matrix (1999)

Di urutuan pertama sudah pasti The Matrix (1999) garapan The Wachowskis yang dirilis pada tahun 1999. film ini merupakan sebuah gebrakan dalam genre sci-fi dimana didalamnya terdapat banyak elemen tidak hanya melulu soal teknologi canggih, namun juga elemen martial arts, filosofi dan naratif yang kompleks dan cenderung rumit.
film ini juga yang mempopulerkan efek Bullet time pada perfilman internasional.
Seperti Blade Runner, sayangnya sekuelnya tidak begitu seberhasil film pertamanya namun memang patut diacungi jempol untuk special efek dan penggarapannya. serta soundtrack yang memorable. (fun fact; The Matrix juga mempopulerkan Hape nokia pisang yang terkenal karena bentuk desainnya yang unik pada akhir tahun 90an)
GIF


beberapa honorable mention:
-Total Recall (1990 & 2012)
-Strange Days (1995)
-Johnny Mnemonic (1995)
-Hackers (1995)
-Appleseed Anime (1988-2014) (kecuali appleseed xiii)
-Ex Machina (2014)
-Equilibrium (2002) & Ultraviolet (2006)
-Blade Runner 2049 (2017)
-The Sixth Day (2000)
-The Running Man (1987)
-Escape From New York & L.A (1981-1997)
-Dark City (1999)
-Virtuosity (1995)
-Upgrade (2018)
-Edge Of Tomorrow (2014)
-I am Mother (2019)
-Gantz
-RoboCop
-Meatball Machine (2005)
-Tokyo Gore Police (2008)
-Judge Dredd (1995)
-Demolition Man (1993)
-Hardware (1990)
-The Lawnmower Man (1992)
-The 13th Floor (1999)
-eXistenZ (1999)
-Videodrome (1983)
-Brainstorm (1983)
-Brazil (1985)
-Burst City (1982)
-Minority Report (2002)
-Animatrix (2003)


itulah beberapa film film cyberpunk terbaik versi ane, mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan emoticon-Shakehand2
(maaf bila ditemukan banyak typo karena tulisan ini diketik menggunakan tablet, dan juga merupakan thread pertama ane emoticon-Malu)
Diubah oleh leighkurgnovan 10-04-2021 11:47
p0w3rf0x
indramamoth
ronny398
ronny398 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
8.6K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.