adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Hati-Hati Sista Para Pecandu Kopi!

Kopi? Siapa nih dari para sista yang gak suka atau gak tau kopi? Pasti gak ada kan? Atau berapa banyak sih para sista yang suka kopi dan menjadi penikmat setianya? Berbagai jenis kopi yang ada di dunia membuat kita para penikmat jadi gak bosen dah pastinya mau terus mencoba kopi jenis baru. Kedai kopi sudah mulai bermunculan di Indonesia, gak cuma di Jakarta aja nih, sist. Salah satu bisnis yang menjanjikan di zaman sekarang ini ya membuka kedai kopi. Dengan rasa kopi yang authentic, harga affordable, tempat yang nyaman, itu semua udah menjadi beberapa modal untuk meluncurkan brand kopi sendiri di pasaran.







Ngopi emang banget kalau lagi suntuk kerja atau beraktivitas, sambil nongkrong dan ngobrol sama teman berbagi cerita, baca buku, atau bahkan cuma nyobain rasa kopi yang beragam aja. Setiap kedai kopi berlomba-lomba untuk buat signature kopi mereka yang bisa diterima di masyarakat Indonesia secara luas. Definisi luas di sini adalah gak mandang mau cewek atau cowok, kalangan menengah atas atau bawah, kedai kopi pasti mencoba membuat kopi yang enak dengan harga yang masuk ke kantong pasaran Indonesia, khususnya para pekerja yang gak bisa lepas dari kopi.

 

Berbagai kopi yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu Kopi Arabika Gayo Aceh, Kopi Arabika Kintamani, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Java Ijen Raung, Kopi Liberika Rangsang Meranti, Kopi Arabika Flores Bajawa, dan Kopi Robusta Temanggung. Banyak banget kan jenis kopi yang ada di Indonesia, kalau favorit Sista sendiri yang mana nih? Nah, berbagai macam jenis kopi di atas juga berpengaruh dengan perluasan segmen penyuka kopi. Yang dulu kopi identik dengan pria, sekarang sudah banyak wanita yang menjadi penikmat kopi bahkan ketergantungan. Sebenarnya, terlalu sering minum kopi ini baik atau buruk sih bagi kesehatan, Sist? 

 


Photo by  cottonbrofrom Pexels



Segala sesuatu yang berlebihan udah pasti banget nih gak baik, walaupun ini cuma kopi atau bahkan kopi susu. Minum kafein emang bikin badan kita lebih bersemangat dan punya energi buat melakukan aktivitas, tapi salah satu efek buruk dari terlalu banyak minum kopi juga membuat kita menjadi terlalu cemas dan panik. Efek yang sering terjadi ketika terlalu cemas dan panik adalah deg-degan dan beberapa indra tubuh kita bergetar. Efek ini cukup mengganggu kegiatan dikarenakan jadi sulit untuk fokus dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

 

Kesehatan tulang sangat berpengaruh kepada kegiatan sehari-hari manusia, tidak terkecuali wanita. Dengan kondisi tulang yang sehat akan lebih mempermudah untuk melakukan banyak hal apalagi kegiatan fisik seperti berolahraga. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi ternyata berpengaruh sist dengan kesehatan tulang kita. Kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menurunkan penyerapan kalsium di dalam tubuh kita. Kalau para sista suka kopi susu, ternyata susu yang ada di dalamnya tidak diserap secara benar oleh badan. Kita tahu kan kenyataannya kalau kalsium ini penting banget? Bahkan sampai jangka panjang.

 

Ada gak sih yang punya mindset gak bisa kerja kalo belum minum kopi? Atau belum bisa fokus kalo belum minum kopi? Menurut sista ini cuma mindset atau bener adanya? Nyatanya kafein emang ngebantu banget untuk ngilangin ngantuk dan ngisi energi tubuh kita. Tapi, mindset yang ada itu ternyata gak bener dan gak baik. Konsumsi kafein cuma nambahin aja, buat ngebuat yang gak ada jadi ada. Jadi semangat itu harus dalam diri kita sendiri sist bukan karena konsumsi kopi.

 

Wanita termasuk salah satu yang paling sensitif kalau udah membahas mengenai gangguan kesuburan. Untuk para sista yang rajin minum, bahkan lebih dari 1x sehari boleh diwaspadain banget nih. Rawan banget untuk wanita terkena endometriosis dan juga gangguan tuba falopi. Penyakit Endometriosis itu biasanya punya ciri-ciri tumbuhnya jaringan dari lapisan dalam dinding Rahim di luar rongga Rahim.

 

Banyak banget yang bilang kalo orang hamil gak boleh minum kopi, ternyata bener banget, Sist. Kafein ini ternyata bisa menambahkan risiko keguguran bahkan sampai dua kali lipat. Yang biasanya ibu hamil sangat menjaga dari mulai makanan, aktivitas, bahkan pikiran agar buah hati terus sehat, bisa runtuh dan punya risiko tinggi kalau ibu hamil meminum kafein terutama kopi. Banyak penelitian yang menemukan sekitar 200 mg kafein yang biasanya setara dua cangkir kopi ini udah besar banget jumlahnya untuk ibu hamil.




Photo by  Negative Spacefrom Pexels

 

Kalau bagi para ibu-ibu yang masih mengkonsumsi kopi secara berlebihan saat hamil bisa membuat risiko bayi lahir dengan berat yang kecil atau rendah. Menurut penelitian yang dirilis oleh PLOS ONE, mengkonsumsi kopi berkafein lebih dari 100 mg merupakan salah satu alasan bayi lahir dengan berat yang rendah. Kecacatan pada bayi saat lahir juga menjadi salah satu efek dari meminum kopi berkafein. Janin yang sedang dalam proses tumbuhnya organ dan belum sempurna, bisa mengalami kerusakan jika ada kafein masuk ke dalam tubuhnya.




Photo by  Trang Doanfrom Pexels

 

Sist, apa yang berlebihan itu memang gak baik walaupun hanya sekedar minuman. Jadi jaga kesehatan dan jangan sembarangan mengkonsumsi sesuatu ya. Tetap memakan makanan sehat dan berolahraga serta mengontrol kafein yang masuk dalam tubuh. Kalau sudah ketergantungan, yuk pelan-pelan ganti dengan air putih. Emang rasanya mungkin gak seenak kopi, tapi bakalan jauh lebih sehat untuk tubuh serta organ-organ di dalamnya.

aladeenictivity
icus.azure
edv039
edv039 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.