• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kera Sakti Yang Semakin Menjadi: Tragis, Balita Sedang Disusui Diculik Monyet

marilyn88
TS
marilyn88
Kera Sakti Yang Semakin Menjadi: Tragis, Balita Sedang Disusui Diculik Monyet
Pasti diantara kamu masih ada yang bingung bedanya monyet dengan kera, atau jangan-jangan masih ada yang beranggapan jika monyet dan kera itu sama, cuma hanya beda penyebutan saja. Memang sih monyet dan kera sama-sama masuk dalam kelompok primata, tapi keduanya adalah spesies yang berbeda.

Monyet yang dalam bahasa Inggrisnya Monkey yang masih satu keluarga dengan lutung, beruk, lemur, dan bekantan. Sementara kera yang bahasa Inggrisnya Ape yang masih sekeluarga dengan simpanse, gorila, orang utan, dan manusia. Nah, yang paling gampang membedakan monyet dengan kera adalah dari bentuk fisiknya.

Monyet memiliki ekor, sedangkan kera tidak. Kemudian dari tangan, dimana ukuran tangan monyet lebih pendek dari kera. Serta dari cara berjalan, semua monyet berjalan dengan menggunakan kaki dan tangannya, sedangkan kera dapat berjalan tegak dengan kedua kakinya.

Sudah jelas kan perbedaan antara monyet dan kera, jangan sampai kamu tertuker membedakannya. Dan satu lagi nih, kera lebih pintar dibanding monyet, karena kera memiliki volume otak yang lebih besar. Dengan kata lain kera lebih mudah dilatih oleh manusia untuk melakukan banyak hal, sebaliknya monyet dikategorikan sebagai hewan liar dan sulit diajak kompromi.

Tak heran jika banyak tempat di dunia ini kerap terjadi peristiwa monyet mengganggu ketenangan, bahkan menyerang manusia.

1. Atraksi Topeng Monyet Berujung Petaka



Pada awal Maret 2020 kemarin terjadi sebuah peristiwa mengerikan terjadi di desa Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur. Atraksi topeng monyet berujung petaka, seorang balita yang sedang duduk menonton pertunjukan tersebut tiba-tiba ditarik oleh si monyet dan terjatuh, kemudian diseret sejauh 3 meter.

Warga yang melihat insiden tersebut, sontak berteriak dan meminta atraksi dihentikan. Sementara si bocah yang berhasil lepas dari cengkeraman monyet tersebut, kemudian melarikan diri tanpa mengalami luka serius.

{thread_title}


2. Monyet Liar Serang Pedayung Kayak



Tak cuma anak kecil, orang dewasa pun bisa menjadi korban serangan monyet. Dua orang dalam video ini sedang santai menikmati keindahan alam disekitar danau Catemaco, Meksiko dengan berkayak. Tapi mendadak ada seekor monyet dari atas pohon menyerang pengayuh kayak disebelah kanan dan berusaha menjambret pelampung yang dikenakannya.

Beruntung lelaki ini tidak panik dan terus memajukan kayaknya dengan dibantu temannya, sehingga lolos dari aksi jahil sang monyet.

{thread_title}


3. Tragis, Balita Sedang Disusui Diculik Monyet



Pada bulan Agustus 2018 lalu terjadi sebuah tragedi memilukan yang terjadi di Karnataka, India. Seekor monyet yang masuk ke dalam rumah seorang warga setempat merenggut seorang bayi yang sedang disusui oleh ibunya, kemudian membaringkannya di lantai dan menjepitnya.

Lewat upaya keras, bayi lelaki tersebut akhirnya berhasil diselamatkan dari culikan sang monyet. Sayang, meski sempat dilarikan ke rumah sakit, si bayi yang mengalami luka-luka akibat gigitan dan cakaran si monyet tak tertolong nyawanya.

{thread_title}


4. Monyet Peliharaan Menyerang Seorang Nenek



Monyet peliharaan bernama Spunky ini memang menjadi kesayangan si yang punya, selain di dandani, Spunkykerap di ajak jalan-jalan ke luar rumah termasuk berbelanja. Tapi suatu hari, ketika diajak ke sebuah toko perlengkapan rumah tangga, monyet ini bertingkah agresif dan menyerang seorang nenek.

Sehingga sang nenek tersebut mengalami luka gigitan dan cakaran di lengan, kepala, serta di bagian wajahnya.

{thread_title}


5. Kawanan Monyet Gagal Selamatkan Rekannya Yang Dililit Ular Piton



Biasa hidup berkelompok, monyet dikenal mempunyai rasa setia kawan pada rekannya. Seperti pada kejadian di Thailand ini, sekelompok monyet berupaya menolong rekannya yang sedang dililit ular piton. Namun upaya para monyet tersebut untuk menolong rekannya yang sedang terancam bahaya selalu mendapat perlawanan dari sang ular.

Usaha pertolongan pun akhirnya sia-sia, mereka hanya bisa menyaksikan temannya mati kehabisan nafas akibat lilitan sang ular piton.

{thread_title}


6. Perang Monyet Memperebutkan Wilayah Kekuasaan



Kelakuan primata yang satu ini memang liar dan sulit diprediksi. Layaknya manusia, monyet yang hidupnya secara berkelompok juga mempunyai rasa keinginan untuk menguasai wilayah kelompok lain, seperti dalam video di bawah ini. Dua kelompok monyet saling serang disebuah jembatan untuk menguasai wilayah tersebut.

Bedanya dengan manusia, monyet-monyet tersebut saling merebut wilayah kekuasaan tanpa harus menggunakan senjata, seperti gear motor atau senjata tajam yang lainnya.

{thread_title}


7. Monyet Beringas Kuasai India



Nah, bicara soal monyet dengan kelakuan liarnya, India layak dikedepankan. Negeri Bollywood menjadi salah satu negara dengan populasi monyet terbanyak di dunia, saat ini jumlah monyet diseluruh India sudah menembus 50 juta ekor. Hal tersebut tidak lepas dari kepercayaan, jika monyet adalah jelmaan Hanuman, sehingga menjadi salah satu hewan yang dikeramatkan.

Tidak cuma jumlahnya saja yang sangat melimpah, dibanyak tempat di India terkadang kawanan monyet kerap berulah, mengganggu kenyamanan warga. Bahkan kebringasan primata berekor panjang ini kerap menelan korban jiwa manusia, menurut catatan bahwa sejak tahun 2015 lalu ada 13 kasus kematian yang disebabkan oleh serangan monyet.

Dan setiap harinya ada sekitar 1.000 kasus gigitan monyet yang dilaporkan, paling baru terjadi pada tanggal 5 Oktober 2020 di Agra. Perkelahian antar dua kelompok besar monyet dan menyebabkan dua orang tewas karena tertimpah tembok yang roboh.

{thread_title}


8. Kelaparan, Monyet Makaka Kuasai Kota Lopburi



Selain di India, Thailand juga menjadi negara yang kerap direpotkan oleh ulah ugal-ugalan para monyet. Pada bulan Juni lalu ada sekitar 6.000 monyet berjenis Makaka turun ke jalan dan menduduki kota tua Lopburi. Kawanan monyet ini menjadikan sebuah bioskop yang terbengkalai sebagai markas besarnya.

Banyak pihak menduga bahwa monyet makaka mengambil alih kota akibat minimnya turis mancanegara yang berkunjung, sehingga hewan ini diabaikan dan kelaparan. Sebagai wilayah paling bersejarah di Thailand, warga Lopburi sudah sejak lama hidup berdampingan dengan kawanan monyet.

Bahkan setiap tahunnya, sejak tahun 1989 digelar acara yang bertajuk Lopburi Monkey Festival yang berlangsung pada pekan terakhir bulan November. Pada acara ini lebih dari 8.000 ton buah-buahan dan makanan berwarna-warni yang tertata di atas meja dan dihiasi taplak merah serta ungu dipersembahkan untuk ribuan monyet undangan yang dipercaya sebagai penjelmaan Hanoman.


{thread_title}












atumiwa33Junmai92indramamoth
indramamoth dan 36 lainnya memberi reputasi
37
12.6K
160
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.