• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia 6 Kelucuan yang Biasa Anak-anak Lakukan Saat Puasa Ramadhan! Pernah?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Nostalgia 6 Kelucuan yang Biasa Anak-anak Lakukan Saat Puasa Ramadhan! Pernah?
Pernah makan atau minum sembunyi-sembunyi saat bulan ramadhan?
Bernostalgia dengan masa kanak-kanak!


Hallo, selamat pagi Agan dan Sista!
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga sehat selalu ya.
Wah tidak terasa kurang lebih sebelas hari lagi kita akan kedatangan tamu agung yang ditunggu-tunggu. Kita akan menyambut bulan Ramadhan, bulan penuh dengan ampunan dan juga berkah yang tidak berkesudahan.

Bulan Ramadhan atau bulan puasa adalah bulan yang dikhususkan untuk umat nabi Muhammad dalam meningkatkan keimanan serta ketaqwaan dengan menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh dan juga menjalankan berbagai macam sunah yang dianjurkan untuk mendapatkan keridhoan Allah dalam pahala yang melimpah ruah!

Pastinya bagi hamba yang beriman mereka akan selalu berbahagia dengan kedatangan bulan Ramadhan. Sebab pada bulan ini semua orang akan merasakan betapa besar cinta hamba pada Rabbnya dengan menjalankan perintah untuk menahan haus, lapar dan hawa nafsu dengan ikhlas sepenuh hati.




Membahas tentang puasa ramadhan pastinya akan banyak sekali kenangan yang ada dan melekat erat di dalam ingatan ya GanSis.
Sebab meskipun kewajiban puasa Ramadhan diperuntukkan bagi yang sudah baliq dan berakal, namun kita semua dididik dan dibiasakan untuk belajar berpuasa sedari masa kanak-kanak!

Tentu saja namanya masa kanak-kanak akan selalu ada moment-moment lucu dengan kepolosan yang tidak dibuat-buat yang selalu akan membuat kita tersenyum saat bernostalgia dengan moment tersebut.

Nah jika mungkin Agan dan Sista lupa moment lucu apa yang biasa anak-anak lakukan di bulan Ramadhan, ane akan sedikit mengingatkan nih GanSis.
Coba nanti Agan dan Sista komen nomer berapa yang pernah dilakukan ya!



1. Sering Memperhatikan Jam
Gerak jam seolah menjadi gerak yang paling ditunggu oleh anak-anak saat menjalankan ibadah puasa.
Dulu pada saat ane masih kecil kebiasaan sebentar-sebentar menengok jam adalah kebiasaan yang muncul secara tiba-tiba dan hanya terjadi di bulan Ramadhan.
Berharap jam berjalan lebih cepat agar dapat segera makan, adalah alasan kenapa sering melihat jam yang sebenarnya akan tetap berjalan dengan waktu yang semestinya!




2. Minum Air Keran
Dapat dikatakan kebiasaan ini adalah kebiasaan yang dilakukan oleh hampir semua anak kecil ya GanSis.
Biasanya sembunyi-sembunyi minum air keran ini dilakukan saat masih di sekolah. Terlalu lelah bermain lari-larian bareng teman sampai akhirnya haus dan lari ke toilet untuk minum air keran!
Entah kenapa saat mengingat moment inu ane sendiri ngakak GanSis dengan kenakalan ane.




3. Lebih Rajin Mandi
Di saat bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa, memang tubuh akan terasa lebih panas dan akan merasakan sedikit gerah ya GanSis.
Nah moment lucu yang ane ingat, dulu ane saat bulan puasa akan lebih rajin mandi GanSis. Pastinya tujuannya agar tetap selalu segar dan tidak merasakan lemas!
Mungkin Agan dan Sista juga ada yang melakukan kebiasaan yang sama dengan ane?




4. Lupa Makan Padahal Puasa
Pulang sekolah, ganti baju lanjut lari ke dapur makan dengan lahap padahal bulan puasa. Adalah moment lucu yang juga tidak dapat dilupakan GanSis.
Biasanya kejadian seperti ini terjadi pada awal-awal bulam puasa.
Tanpa sengaja kita akan lupa makan atau minum dan baru ingat saat sudah kenyang dan akhirnya kita menyesal dan sok ingin mengeluarkan makanan yang sudah masuk ke dalam perut!




5. Menyiapkan Banyak Makanan Untuk Buka Puasa
Setelah ashar moment ngabuburit selalu dihabiskan untuk menjelajahi kedai-kedai tempel di pinggiran jalan yang menjajakan makanan dan takjil.
Waktu dulu ane kecil GanSis, ane selalu menyiapkan banyak makanan untuk berbuka puasa.
Semua diletakkan di meja dan ane duduk di depannya sembari menunggu adzhan seolah-olah ingin melahap semuanya makanan tersebut, padahal sebenarnya tidak mungkin makanan tersebut dapat habis sendiri!




5. Kekenyangan
Perut kekenyangan karena makan terlalu banyak saat buka puasa memang menjadi salah satu kebiasaan lucu yang dilakukan oleh anak-anak ya GanSis.
Balas dendam karena seharian tidak makan sehingga memakan semua makanan yang telah disiapkan saat berbuka puasa. Akhirnya kekenyangan susah bangun dan tidak berangkat shalat tarawih dah!




Bagaimana GanSis apakah kelucuan-kelucuan anak-anak pada momentum bulan ramadhan di atas juga menjadi kenangan Agan dan Sista sewaktu masih kecil?
Tapi sepertinya hal tersebut sangat wajar dilakukan ya GanSis, karena memang usia anak-anak belumlah wajib puasa dan hanya sebagai pelajaran agar tidak kaget saat usia baliq harus berpuasa dengan benar.

Selain moment di atas biasanya moment di akhir bulan puasa juga menjadi waktu paling bahagia sekaligus sedih GanSis.
Sedih karena apa dan bahagia kenapa?
Nanti akan ane jelaskan di thread yang lain ya!

Oke, terima kasih buat Agan dan Sista yang sudah singgah untuk bernostalgia dan see you



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: 1, 2, 3,4
Diubah oleh masnukho 02-04-2021 00:13
franssinaga
ribkarewang
agungdar2494
agungdar2494 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5.1K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.