• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Membayangkan Seperti Apa Proses Otopsi Dilakukan, Yuk Lihat Lebih Dekat!

hvzalf
TS
hvzalf 
Membayangkan Seperti Apa Proses Otopsi Dilakukan, Yuk Lihat Lebih Dekat!


gambar

Kematian adalah sesuatu hal yang pasti dan tak bisa dipungkiri. Namun, dari beberapa kematian yang ada di dunia ini ada yang dianggap tidak wajar. Maka dari itu, di tangan ilmu pengetahuan semua itu bisa dibuktikan. Tentu hal ini sangat berdampak posotif bagi keluarga korban karena mereka bisa mengetahui secara pasti perihal kematian si mayyit. Selain mengungkap kematian tidak wajar, dengan proses medis tersebut juga bisa mengidentifikasi korban kecelakaan seperti ; tabrakan, pesawat jatuh, kapal yang tenggelam dan lain-lain. Korban bencana alam pun bisa diketahui identitasnya dengan ilmu tersebut.

GanSis pasti pernah dengar nama "Otopsi". Proses ini biasanya dilakukan di dunia medis yang dilakukan oleh orang yang berkompenten dalam para ahli tenaga kesehatan. Adapun tujuannya ialah mengungkap identitas korban kematian yang dibutuhkan untuk peradilan. Namun, melakukan otopsi tidaklah sembarang. Proses tersebut harus sudah terlebih dahulu adanya keputusan dari pihak dokter, keluarga, ataupun pihak-pihak lain yang terlibat dengan kejadian atau dengan orang yang meninggal.



gambar

Otopsi sendiri terbagi menjadi tiga macam yaitu :

1. Otopsi klinis yakni kematian yang terjadi di rumah sakit, di mana pihak keluarga ingin mengetahui penyebab kematiannya.

2. Otopsi anatomis yaitu otopsi yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran yang bertujuan untuk mengetahui anatomi tubuh.

3. Otopsi forensik ialah otopsi yang pemeriksaan terhadap jenazah yang dilakukan untuk kepentingan peradilan. Biasanya keputusan ini diminta oleh penyidik dan memiliki dasar undang-undangnya. Tujuannya adalah mengetahui mekanisme kematian, sebab kematian, perkiraan waktu kematian, serta hal-hal yang terkait dengan kematiannya.



gambar

Adapun proses otopsi terbagi menjadi dua yakni pemeriksaan eksternal dan internal. Semua rangkaian keduanya harus benar-benar dilakukan secara teliti agar tidak terjadi kesalahan informasi data. Yuk, kita masuk ke proses otopsi!

Jenazah yang akan diotopsi terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan eksternal atau luar tubuh. Pada tahap pertama ini akan diperiksa dari ujung rambut sampai ujung tubuhnya. Apakah terdapat temuan-temuan mencurigakan seperti luka, memar dan sebagainya. Tinggi dan berat badan juga akan dihitung, dokter pun akan memeriksa secara detail pada tubuh korban perihal tanda lahir, jenis kelamin, bekas luka, dan tato jika ada. Kemudian pakaian terakhir si mayyit pun akan diidentifikasi seluruhnya sebagai barang bukti. Sidik jarinya pun diambil untuk melengkapi identitas korban. Sampel rambut dan kuku pun diambil untuk kepentingan DNA. Tubuh korban juga akan dirontgen untuk mengetahui kondisi bagian tubuh dalam korban.



gambar

Setelah seluruh proses otopsi eksternal dilakukan maka selanjutnya masuk ke tahap kedua yakni otopsi internal. Pada proses ini tubuh jenazah akan dibuka dengan membentuk huruf "Y" dan memulainya dari kedua sisi bahu melintang sepanjang dada, kemudian turunlah hingga tulang kemaluan. Lalu, tulang rusuk akan dibelah untuk bisa mengakses bagian dalam tubuh. Semua organ akan ditimbang, seperti jantung, organ trakea, kelenjar tiroid dan paratiroid, esofagus, aorta toraks, dan paru-paru.

Selain itu, organ-organ lainnya seperti usus, hati beserta empedunya, pankreas, limpa, ginjal dan kelenjar adrenal, ureter, kantung kemih, aorta abnominal, dan organ reproduksi juga diperiksa. Biasanya usus dan limpa bisa digunakan untuk mengetahui waktu kematian si korban. Pemeriksaan pada organ otak pun dilakukan. Untuk mengambilnya, dilakukan potongan pada kepala, dari satu telinga ke telinga yang lain.



gambar

Pemeriksaan pada mata pun dilakukan hal ini ternyata untuk membuktikan apakah si korban mati karena tercekik, tersedak atau bukan.

Nah, setelah semua proses itu dilakukan maka seluruh organ dikembalikan ke tempat semula dan tubuh korban kembali dijahit. Beberapa di antaranya diambil untuk diteliti. Dan temuan hasil dari otopsi itu akan dicatat dengan sangat rapi.

Gimana GanSis apakah proses ini terlihat menyeramkan?

Sumber :

Narasi pribadi

1

2
Diubah oleh hvzalf 01-04-2021 06:29
Junmai92indramamothfearmund
fearmund dan 35 lainnya memberi reputasi
36
12.4K
220
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.