News
Batal
KATEGORI
link has been copied
401
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6065990dbf874b44a16fe062/pengakuan-korban-prudential-yang-ngaku-rugi-100
Salah satu korban yang merupakan nasabah asuransi unit link Purdential bernama Andrew Rafaella, mengaku jika dirinya tidak mendapatkan penjelasan yang rinci atas produk investasi di perusahaan asuransi.
Lapor Hansip
01-04-2021 16:57

Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%

Past Hot Thread
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%


Belakangan ini media sosial sedang ramai mengenai isu adanya kerugian investasi dari para nasabah asuransi jiwa di Indonesia. Mereka yang merasa tertipu merasa dana investasi yang dijanjikan ternyata tak sesuai dengan harapan.

Masalah yang menyangkut dengan industri asuransi di Indonesia memang cukup sering terjadi. Namun, sekarang ini para nasabah yang merasa menjadi korban mulai melakukan aksi protes melalui media sosial.

Hal ini tentunya memancing netizen lain untuk mendalami dan mencari tahu perkembangan terkait permasalahan tersebut. Terlebih lagi, protes yang dilakukan oleh para nasabah tersebut dilayangkan kepada perusahaan asuransi besar yang salah satunya adalah Prudential Indonesia.

Usut punya usut, para nasabah yang merasa merugi karena investasi yang dilakukannya ini menguap setelah masuk ke dalam produk unit link.


Apa itu Unit Link?


Unit link adalah sebuah produk yang menggabungkan asuransi dan investasi. Jadi, sebagian iuran yang akan disetor nasabah akan diputar di sektor keuangan. Hal itu menjadikan akan ada iming-iming keuntungan atau cuan .



Apa kata korban?


Salah satu korban yang merupakan nasabah asuransi unit link Purdential bernama Andrew Rafaella, mengaku jika dirinya tidak mendapatkan penjelasan yang rinci atas produk investasi di perusahaan asuransi.

"Penjelasan agen cuma yang muluk-muluk. Manfaat seperti apa. Dia [agen] bilang ini 10 tahun uang kembali. Kebetulan kita pernah punya polis dan sudah dirasakan manfaatnya. Itu yang bikin kita tertarik. Tapi ternyata banyak masalah," kata Andew, melansir dari CNBC Indonesia.

Andrew juga mengaku telah mengalami pemalsuan dokumen asuransinya. Ia bahkan sudah meminta pertanggungjawaban kepada perusahaan terkait sejak tahun 2017 lalu.

"Korban utamanya itu saya. Posisi saya waktu itu begitu polis terbit, saya lagi di luar negeri. Entah bagaimana Prudential tiba-tiba meninggalkan polis atas nama saja. Tanda tangan juga secara fisik gak mungkin," katanya.

"Kami mikirnya kasus pemalsuan tanda tangan gak sesepele itu. Kami juga ingin tahu ada engga sih dokumen lain yang dipalsukan. Kami gak terima tawaran penyelesaian [dari pihak asuransi]. Jadi sampai sekarang masih ada di kepolisian," jelasnya.

Andrew sendiri mengaku telah mengalami kerugian hingga 100% dari berinvestasi pada produk asuransi Prudential.

"Saya baca itu polis asuransi jiwa, yang mana nanti klaimnya itu kalau misalkan saya meninggal yang akan klaim pasti ahli waris. Dan kemungkinan besar akan dipermasalahkan oleh perusahaan karena tanda tangan tidak jelas. Jadi ya kemungkinan 100%." tegasnya.


Lalu apa kata Prudential?


Pihak Prudential pun buka suara mengenai pengakuan nasabah yang belakangan ini sedang ramai 'berteriak' karena merasa mengalami kerugian.

Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali mengatakan bahwa mantan nasabah yang menyampaikan keluhan dalam hal ini sudah mendapatkan penjelasan langsung dari Prudential secara lisan dan tertulis mengenai manfaat Polis, dan yang bersangkutan juga telah melakukan pertemuan secara tatap muka dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Prudential Indonesia dalam menyampaikan keluhannya.

"Namun demikian, mantan nasabah tersebut menolak untuk menerima penjelasan mengenai manfaat Polis," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Dia menegaskan seluruh produk asuransi yang dipasarkan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sudah terdaftar serta disetujui OJK. Dalam hal ini, produk asuransi jiwa yang dimaksud adalah produk asuransi jiwa seumur hidup yang dikaitkan dengan investasi (unit link).

"Produk ini menawarkan dua manfaat utama, yaitu manfaat perlindungan jiwa dan juga manfaat investasi yang imbal hasil dari investasi tersebut, yang mengikuti fluktuasi dinamika pasar, dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan pribadi maupun untuk membayarkan premi ketika masa cuti premi," jelasnya.

"Kami pastikan bahwa seluruh informasi detail tentang produk asuransi jiwa yang nasabah beli sudah tercantum di dalam polis dan pada setiap pembelian polis baru, terdapat masa pembelajaran polis (freelook period) sesuai dengan regulasi yang berlaku, dimana nasabah dapat mempelajari isi polis mereka," katanya.

"Jika dalam masa freelook period nasabah merasa manfaat yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka maka nasabah berhak untuk mengajukan pembatalan polis dan kami akan mengembalikan premi yang telah disetorkan dikurangi dengan biaya administrasi," imbuhnya.



Melihat hal ini, sebaiknya Agan lebih teliti dan terus menggali informasi lebih dalam dahulu ya sebelum menjadi nasabah terhadap suatu produk dari sebuah perusahaan asuransi. Semoga tidak ada lagi korban-korban selanjutnya, dan semua nasabah bisa merasakan manfaat sesuai dengan apa yang dijanjikan diawal.
Diubah oleh RickyAdr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaskus.infoforum dan 49 lainnya memberi reputasi
50
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 00:40
Idih unit link paling ogah gua. Pru klo diliat2 kok agak gimana gitu ya skrg imagenya
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 00:42
HARAM ANJENG
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 01:26
ane jg ikut asuransi prudent, tp yg ane ikut cuma yg kesehatan. persetan dengan asuransi jiwa atau invest.

gpp iuran sebulan mahal, yg penting pas rawat inap dan operasi ga keluar sepeser pun.

sempet tahun lalu di rawat hampir abis 20an, alhamdulillah aman.
profile-picture
Rendz92 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 02:36
gak semua tapi mental agen asuransi bakal nyalahin nasabah klo rugi di masa depan.
paling enteng sih tinggal ngomong salah sendiri gak cermat baca term dan condititionnya.
padahal itu duit punyanya nasabah dengan itikad baik nasabah mempercayakan duitnya ke agen tentu berharap sperti yang agen omongkan dan janjikan.
tapi ketika rugi nasabah juga yang salah karna percaya omongan agen.
nasabah yang punya duit nasabah juga yang disalahin klo duitnya ilang.
sedang agen dapat nasabah baru berarti komisi.
nasabah rugi bodo amat.
ya tapi gak semua kek gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 03:26
Setau saya unit link beginian paling laris di Indonesia. Coba cari asuransi model tradisional, sudah tidak ada di beberapa asuransi
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 05:38
mending lo nabung beneran dah bisa di aset atau di bank.
asuransi Jiwa/Kesehatan lo pake yg pemerintah dah, misal BPJS (walau bermasalah).
profile-picture
jupie_wan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 06:23
Sudah kapok sama uasu ransi. Belibet kalau ngurus.
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 06:42
Serem juga model² sulapan begini..
emoticon-Cool
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 06:51
kyknya banyak yg sakit hati dengan program asuransi ini ya..
profile-picture
TheProfesor7 memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 06:57
Ane agent salah satu asuransi terbesar di Indo gan. Jujur ane agak malu kalo dibilang sebagai agent karena menurut ane, ane mau ngebantu gimana caranya si nasabah terproteksi dari risiko (penyakit, kecelakaan, musibah, dll) lewat dana darurat. Sekiranya ada nasabah yang nanya apakah ada nilai investasi, ane selalu bilang "Ada" tapi kecil dan ngga berani janji besaran manfaat investasi yang diterima karena fokus ane ngedepankan proteksi nasabah bukan investasi. Ane selaku trader n investor di berbagai instrumen investasi lainnya akan selalu bilang. "Kalo tujuan bapak/ibu untuk dapat keuntungan investasi, jangan beli asuransi. Rugi"
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan hoorray memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 07:09
Ane rasa unit link duit investasi nya pun masuk ke reksadana yg mereka kelola

Makanya kan jenis invest ada empat cuma beda nama aja dan konsep sama loh
Yah emang salah agent sih klo terlalu iming imingin terlalu tinggi tpi cek aja reksadana online juga sama skema nya tpi namanya juga forecast itu piont nya

Yang jdi beda iyalah fee pure asuransi itu sendiri mahal..sama fee buat agent biasa mereka dpt 5 tahun dan tahun pertama besar makanya klo jfi agent bagus pasti duit banyak emoticon-Ngakak

Asuransi itu fokusnya yang jaga jaga sama jiwa aja lah..investasi kecilin aja mendingn kita kelola sendiri karena skrg ini selalu jualan unit link susah cari yg msh bisa pure kesehatan aja

Andai bpjs itu gak ribet..
Tpi temen ane di Europe, potongan iuran kesehatan gede loh tpi mereka tetep buat asuransi sendiri.mungkin ini bedanya melek asuransi sama kena rayuan multilink
Tpi klo paham betul sih..gak merasa rugi yah

Apalagi klo sudah ada tindakan emoticon-Ngakak
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 07:23
Persh Asuransi di indonesia jgn di percaya. penipu semua. Setor Uang pasti hilang. Bohong lah kl bakal balik.
Dr 100% dana di setor 30% buat komisi agen. 40% buat investasi udh pasti lenyap ga tau kemana. Yg buat asuransi paling 10%
Dana Paling balik 30%
Buang duit nyumbang persh asuransi
Mknya dr dl gw ga percaya asuransi mau dr jaman rame pruden, axa, aia dll
Harapan palsu asuransi + janji2 investasi tai Kucing

Skg pake bpjs aja yg pasti2 aja
Murah

Kl buat invest deposito aja, bunga kecil aman. Kl bth mendadak bs di tarik.

Beli emas batangan tp ini buay jangka panjang. Kl jangka pendek kecil naiknya

Beli properti tanah n rumah ruko tp ini jg investasi jangka panjang.

Jgn invest beli motor n mobil. Pasti rugi
Harga turun tiap tahun

Jgn ke makan rayuan ikut2an investasi ga jelas yg nawarin bunga gede. Kebanyakan bodong/penipu.hari gini usaha susah usaha apa bs kasi bunga gede?
Paling skema ponzi, money game

Jangan maen saham, forex, trading kl ga ngerti. Kyk maen judi resiko tinggi. Di sosmed byk nawarin maen saham, forex, trading dgn janji2 untung gede, ga rugi.
Tai kucinglah
Kl berani maen hrs siap rugi

Jgn kl udh rugi mewek2 di sosmed



Diubah oleh xonet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 07:29
kalau produk-produk keuangan gitu biasanya ada ketentuan-ketentuan nya kan yak, harus dicermati berulang kali yak, agar tak terulang kejadian ini
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 07:35
Ane jg korban.. diiming2i ikut klo berenti ada sisa yg bisa diambil.. 5 bulan ikut berasa ga enak ..mutusin berenti..eh ternyata katanya polis ane termasuk yg ga bs diambil sisanya..wuanjeengg hampir ane ketipu coba klo ane ikutin 1 tahun lah berapa duit yg ane buang ke laut.
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 07:52
Untung kantor ngasih asuransi..
Kerasa bgt pas beberapa thn lalu operasi sampe 90jt masih ke cover semua
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 08:29
Ane dulu kerja disalah satu bank swasta pernah klaim Asuransi namun yg kecil kecil dibayar yg besar tidak sejak itu ane belajar investasi keuangan sendiri saat ini ane rasakan jauh lebih baik jadi kadang ane berpikir kalau urusan uang lebih baik kita kelola sendiri biar ngak kecewa dikemudian hari. Uang bisa dicari waktu yg hilang tdk tergantikan dengan uang.
Diubah oleh inetting
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 08:49
ane cuma bertahan 7 bulan habis itu stop, duit hilang ikhlasin aja...
0 0
0
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 09:00
Mayoritas salah banyak di agen asuransinya. Ada faktor dari CS/teller bank juga berpengaruh. Misal nasabah datang buat tabungan pendidikan anak. CS bisa kasih tabungan rencana atau deposito. Bukan diarahkan ke meja asuransi. Di pihak asuransi juga seharusnya dijelaskan, kalo asuransi itu perlindungan, bukan buat investasi. Jangan cuman kejar komisi doank. Nasabah banyak tertipu gara gara kalian. Maaf, saya juga pernah jadi agen asuransi AI*. Saya hanya kerja 3 bulan karena saya sadar saya banyak membohongi nasabah.
profile-picture
profile-picture
knoopy dan nirankara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Korban Prudential yang Ngaku Rugi 100%
02-04-2021 09:14
balance scorecard yang memakan korban, banyak join=>poin agen naik=>gaji naik
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia