News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606594a5106e390f5e3f402d/penyerang-mabes-polri-langsung-ditembak-mati-sudah-sesuai-aturan
Perempuan penyerang Mabes Polri, Jakarta Selatan, bernama Zakiah Aini (25) ditembak mati di dekat Gedung Utama, tak jauh dari kantor Kapolri. Zakiah ditembak mati setelah melepaskan 6 kali tembakan ke polisi. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan penembakan karena mengancam keselamatan jiwa orang lain. “Kita lakukan tindakan tegas pelaku teror mencoba mela
Lapor Hansip
01-04-2021 16:38

Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?

Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?

Perempuan penyerang Mabes Polri, Jakarta Selatan, bernama Zakiah Aini (25) ditembak mati di dekat Gedung Utama, tak jauh dari kantor Kapolri. Zakiah ditembak mati setelah melepaskan 6 kali tembakan ke polisi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan penembakan karena mengancam keselamatan jiwa orang lain.

“Kita lakukan tindakan tegas pelaku teror mencoba melakukan aksi di Mabes Polri,” kata Sigit di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (31/3).

Dari video yang beredar, tampak Zakiah sempat menghampiri pos pengamanan di gerbang depan Mabes Polri setelah dia berhasil masuk lewat gerbang belakang. Sesampainya di pos depan, Zakiah mengeluarkan pistol lalu menembakkannya ke arah polisi sebanyak 6 kali.

Polisi lain yang berada di lokasi dan cukup jauh dari Zakiah langsung bereaksi. Setelah menunggu Zakiah lemah, polisi menembak tepat di jantung dan membuat perempuan kelahiran 1995 itu ambruk dan tewas seketika.

Saat itu polisi memilih langsung menembak mati pelaku. Bagaimana sebenarnya aturan penanganan kejahatan seperti yang dilakukan Zakiah, hingga polisi bisa memutuskan menembak mati pelaku kejahatan?

Penggunaan senjata api diatur dalam Pasal 47 Perkapolri 8/2009. Pasal 1 Penggunaan senjata api hanya boleh digunakan bila benar-benar diperuntukkan untuk melindungi nyawa manusia.

Dalam Pasal 2 diatur soal penggunaan senjata api oleh petugas. Senjata api hanya boleh digunakan untuk:

a. Dalam hal menghadapi keadaan luar biasa.

b. Membela diri dari ancaman kematian dan/atau luka berat.

c. Membela orang lain terhadap ancaman kematian dan/atau luka berat.

d. Mencegah terjadinya kejahatan berat atau yang mengancam jiwa orang.

e. Menahan, mencegah atau menghentikan seseorang yang sedang atau akan melakukan tindakan yang sangat membahayakan jiwa.

f. Menangani situasi yang membahayakan jiwa, di mana langkah-langkah yang lebih lunak tidak cukup.

Penggunaan senjata api oleh polisi juga diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009. Dalam Pasal 8 Ayat 1 disebutkan penggunaan senjata api dilakukan apabila:

a. Tindakan pelaku kejahatan atau tersangka dapat secara segera menimbulkan luka parah atau kematian bagi anggota Polri atau masyarakat.

b. Anggota Polri tidak memiliki alternatif lain yang beralasan dan masuk akal untuk menghentikan tindakan/perbuatan pelaku kejahatan atau tersangka tersebut.

c. Anggota Polri sedang mencegah larinya pelaku kejahatan atau tersangka yang merupakan ancaman segera terhadap jiwa anggota Polri atau masyarakat.

Penggunaan senjata api merupakan upaya terakhir untuk menghentikan tindakan pelaku kejahatan atau tersangka seperti yang tercantum dalam Pasal 8 Ayat 2 Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009.

https://m.kumparan.com/kumparannews/...ium=Aggregator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:41
Sekalian mana suaranya komnas hamburger ?

Koq diem aja ....

Biasanya bacotnya paling gede...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:43
Ini sebenarnya poin yg ane ingin angkat. Pelumpuhan dengan tembak di kaki masih agak viable. Tapi seingatku masih ada debatnya juga.

Ane belum cek kalau bisa dilumpuhkan pakai cara lain seperti gas air mata.
Tetap, seperti di pesawat terbang, kalau ada yg becanda neror, petugas keamanan juga akan membalas candaan dengan peluru sesuai SOP.

Kalau dibilang, ga hoki juga, ketembak langsung di jantung. emoticon-Takut (S)


Btw ane pragmatis. Ane lebih ingin bisa hidup2 biar bisa dikorek di ruang interogasi.
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakompank dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:45
Jd polisi bukan berarti berani mati
Kalo berani mati jd teroris, ngadepin orang berani mati kaya teroris yah mesti dimatiin!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucinkx dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:49
menyerang langsung ke markas besar kepolisian jelas merupakan langkah yang di buat untuk memalukan institusi negara ini dan bila penanganannya terlalu humanis, potensi terjadi penyerangan ke institusi ini akan sangat besar kemungkinannya terjadi.

Dalam hal ini, gua yakin Kepolisian sudah bertindak seperi yang seharusnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baongmania dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:50
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:50
Ya, tercentang semua sih itu
0 0
0
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 16:58
Sementara itu ditempat antah berantah.....

.......Munarman sedang membuka buku contekan untuk melakukan pembelaan.....

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baongmania dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 17:07
2 - 0 yee

Gud job
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 17:14
masih ada aja ya orang tanya2 sudah sesuai aturan atau belum??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
daihachiroku dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 17:33
Cocok kan sudah membahayakan nyawa petugas dan masyrakat disekitar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 18:07
Dari surat wasiatnya memang udah cari mati kok emoticon-Hansip
0 0
0
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 18:11
Jgn kasih kendor kirim segera jumpa bidadaraemoticon-Kagets
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 18:24
Teroris pantas mati
0 0
0
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 18:30
Pelaku sudah melepaskan tembakan sebanyak 6 kali. Kalo misal gak ditindak langsung bisa membahayakan orang lain. Jangan dilupakan jg, bom di Makassar belum lama. Orang2 kayak gitu gak bisa diajak negoisasi lagi. Mereka fokus ke tujuan.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 18:36
itu si zakiah pake airgun.. bukan pistol beneran...
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 19:04
Ya kali tembak kaki, kalau nanti tembak kaki pas di deketin meleduk pegimane?? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 20:23
Jangan kasih kendor !!! Bravo Polri & TNI
0 0
0
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 20:30
sudah sesuai protap dong, malah kalo perlu tiap liat jenggot, jidad item, clana ckngkrang, cewe cadar baju karung langsung tembak aj ga pake lama,
0 0
0
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 20:38
Timingnya dekat dengan kejadian bom, pelumpuhan kaki itu gak sesuai SOP.
Dengan pertimbangan, dilumpuhkan kaki masih bisa menembak dan mengancam. Apalagi pikiran terburuk pelaku membawa bom, yang makin mengancam. Ya emang ditembak.
Dinegaramanapun, ente dateng ke markas kepolisian bawa senapan nodong entah itu mainan atau gak, ya bakalan didor emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Penyerang Mabes Polri Langsung Ditembak Mati, Sudah Sesuai Aturan?
01-04-2021 20:59
tiba tiba datang ke kantor Markas besar polisi , terus menodongkan pistol (ane ga tau itu asli / mainan / sejenisnya) apapun itu panik lah mereka yang di tempat.

terus di tembak balik sampe modar. masih di tanya? itu sesuai undang undang atau apalah.
Lah di tempat lain ngebom tempat ibadah masih mau di tanya sesuai Undang Undang kah pengebom gereja tersebut.

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia