mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Panglima TNI: Kekuatan Udara Jadi Penentu Kemenangan Perang Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut kekuatan udara kini menjadi penentu kemenangan dalam peperangan modern.

 Hal itu disampaikan Panglima TNI dalam Seminar Internasional Air Power 2021 dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI AU secara virtual, Rabu (31/3/2021).

 "Air power atau kekuatan udara menjadi penentu kemenangan dalam hampir setiap konflik modern di dunia, apabila kita melihat kembali sejarah peperangan modern, kita akan melihat bahwa kekuatan udara menjadi game changer di medan pertempuran," ujar Panglima TNI dikutip dari kanal Youtube Airmen TV, Rabu (31/3/2021).


Panglima TNI menuturkan, Perang Dunia II menjadi catatan sejarah yang lengkap bagi kebangkitan kekuatan udara sebagai senjata mematikan baru dalam pertempuran.


"Kita masih ingat bagaimana Armada Pasifik Amerika Serikat di Pearl Harbour dilumpuhkan oleh skuadron pesawat pembom dan pesawat tempur Jepang yang diluncurkan dari kapal induk," ungkapnya. 

Menurutnya, nilai strategis kekuatan udara mencapai puncaknya saat terjadi konflik antara Azerbaijan dan Armenia di Nagorno Karabakh yang patut dijadikan pembelajaran. 

"Kemenangan Azerbaijan atas Armenia telah membuka mata dunia terhadap kekuatan udara baru yang efektif, efisien dan mematikan, yaitu pesawat tempur nirawak atau Unmanned Combat Aerial Vehicle (UCAV)," ungkap Panglima TNI. 


 Menurut Panglima TNI kemampuan UCAV tidak hanya digunakan untuk misi penyerangan saja. Tetapi, drone-drone taktis dan strategis tersebut telah digunakan untuk menjadi mata di angkasa atau eyes in the sky untuk kepentingan di masa damai. "Bila kita mencermati dinamika lingkungan strategis di kawasan, khususnya Indo-Pasifik, tren konflik yang berpotensi terjadi akan berada di domain maritim," jelas dia.




 https://nasional.kompas.com/read/2021/03/31/14492841/panglima-tni-kekuatan-udara-jadi-penentu-kemenangan-perang-modern?fbclid=IwAR2QFABnCHa3U7xkfLU-RKvY7me7GQHK17GpkCFWbEdcs-L-iqJoLx0zgAI.
Sudah waktunya Indonesia bisa buat pesawat tempur sendiri 
Semoga Indonesia Fighter Xperiment bisa jadi salah satu pesawat utama di masa depan selain beli pesawat terus dari luar
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210317143138-4-230817/tak-diduga-ri-ternyata-masih-lanjut-di-proyek-jet-tempur-kfx
scorpiolama
emuinfo
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.