• Beranda
  • ...
  • Music
  • Kamasean Idol, Charita Utami, dan RayRay Siap Hentak Musik Elektronik Indonesia

syarif.abdullahAvatar border
TS
syarif.abdullah
Kamasean Idol, Charita Utami, dan RayRay Siap Hentak Musik Elektronik Indonesia
Ngaku Suka Musik Elektronik? Simak nih Gan, debut para produser muda jebolan EMPC 2020

emoticon-2 Jempol



Jakarta, KASKUS - Tiga produser muda memiliki bakat dari terdiri dari Tebedayeng, Ryuzaki Rama dan Quickbuck, ikut meramaikan industri musik elektronik Tanah Air lewat karya terbaru berjudul Let You Go, I’ve Found, dan Take Me.  Kolaborasi ini siap menghentak, karena dalam proses penggarapannya, tak tanggung–tanggung mereka menggaet nama-nama beken seperti RayRay (Female DJ peringkat 16 dunia Djane Top 100 tahun 2020) Kamasean Idol dan Charita Utami, yang merupakan vokalis band Midnight Quickie. 

Tiga karya hasil kolaborasi ini pun secara perdana meluncur pada 19 Maret 2021 lalu. Berdasarkan rilis resmi yang diterima oleh tim KASKUS, terdapat beberapa fakta menarik dari kolaborasi produser lintas negara ini. 

Kolaborasi bareng RayRay sendiri tertuang di nomor lagu berjudul “Let You Go” yang merupakan ciptaan Tebedayeng. Pemilik nama asli Tubagus Dayeng Gumelar mengakui sangat senang dan bangga bisa bekerjasama dengan DJ Wanita berdarah Taiwan yang saat ini bernaung di bawah Barong Family,  label record yang bermarkas di Amsterdam, Belanda. Kemudian Ia pun menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.


Lebih lanjut, Tebedayeng menjelaskan  dari segi musikalitas Let You Go yang memadukan beberapa genre seperti kawai, future bass, dan dubsteb, repertoar beragam dengan mengangkat tema cinta yang bertepuk sebelah tangan. Let You Go sendiri merupakan sebuah karya yang menceritakan perjuanagan seseorang dalam mempertahankan sebuah hubungan dengan orang yang dicintai, namun cintanya hanya sesaat dan kemudian orang yang dicintai itu mengabaikannya. Sampai pada akhirnya membiarkan orang itu pergi. Tebedayeng sendiri berharap agar karyanya ini bisa diterima oleh para penikmat musik secara luas.


RYZAKI RAMA X KAMASEAN


Kemudian ada karya berjudul "I've Found", merupakan kolaborasi ciamik dari Ryuzaki Rama yang mengandeng solois jebolan Indonesian Idol, Kamasean Matthew. Bagi Rama, kolaborasi dengan Kamasean di luar ekspektasi karena membuat lagu ciptaannya menjadi lebih sempurna dengan balutan vokal khas Kamasean.

Saya kaget hasilnya bisa sebagus ini, karena suara Kamasean keren banget dan bikin lagu I’ve Found punya warna baru. Saya senang dapat berkolaborasi degan Kamasean yang karena dia sangat professional dan juga kooperatif, sehingga proses recording dapat berjalan lancar sekali,” tutur Rama.

Pada lagu ke tiga yang berjudul "Take Me", Quickbuck menggaet vokalis band Midnight Quickie, Charita Utami. Tak perlu waktu lama untuk menyesuaikan karakter vokal Charita ke dalam lagu ciptaan Quickbuck tersebut. Pasalnya, sejak awal Quickbuck yakin bahwa "Take Me"  sangat cocok dibawakan oleh Charita. Dari informasi yang didapat oleh tim KASKUS, proses workshop Quickbuck dan Charita Utami tak begitu lama. Lagu yang sudah ada sehingga hanya butuh dari Tami untuk mengulik dan menyesuaikan dengan karakter vokalnya. 


QUICKBUCK KAMASEAN

Peluncuran tiga single ini adalah reward untukTebedayeng, Ryuzaki Rama dan Quickbuck setelah mereka keluar sebagai juara dalam Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2020 yang digelar oleh ICEPERIENCE.ID. Ketiganya dipilih secara langsung oleh para juri yang merupakan barisan top DJ di Indonesia, diantaranya Dipha Barus, Winky Wiryawan, dan Eka Gustiwana, serta DJ kaliber internasional Yellow Claw, setelah menyaring tak kurang dari 490 produser musik dan 576 track lagu yang didaftarkan pada kompetisi bergengsi ini. 

Bagi Kaskuser ang belum tau tentang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2020,  merupakan bentuk konsinstensi ICEPERIENCE.ID lewat program “International Collaboration Experience” (ICE) yang terus secara konsisten suarakan #localICEMovement terhadap kemajuan industri musik elektronik di Indonesia. Sebagai info tambahan saja nih gan, pada ajang EMPC 2020 didapat Tebedayeng menduduki tempat pertama  lalu ada Rama sebagai pemenang ke 2, dan Quickbuck tempati posisike 3. Dhipa Barus selaku salah satu juri pun mengungkap bahwa track yang masuk ke EMPC itu cukup mumpuni dan hal ini membuat dirinya selaku juri cukup kesulitan pada saat mengkurasi. 

Udah pada penasaran seperti apa karya dari hasil kolaborasi mereka? Nah, buat GanSis yang mau nyimak lagu I’ve Found – Ryuzaki Rama X Kamasean dan Take Me – Quickbuck X Charita Utami bisa dinikmati di berbagai digital streaming platform sejak 6 Maret 2021 di Spotify, Apple Music, YouTube, Joox, Deezer, Langit Musik, dan lainnya. 

Buruan deh merapat ke digital streaming buat dengerin karya mereka, nanti kalau sudah dengerin balik lagi ke sini yah, Gan!. Silahkan posting komentar dan opini kalian tentang karya hasil kolaborasi dari produser muda lintas negara ini. 





Diubah oleh syarif.abdullah 28-03-2021 19:18
0
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.