pemburu.ontaAvatar border
TS
pemburu.onta
JK: Tak Hanya Gereja yang Jadi Target Terorisme


Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla mengatakan lokasi target dari aksi terorisme bukan hanya gereja. Pernyataan Kalla itu merespons ledakan yang diduga bom bunuh diri di kompleks Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3) pagi.

JK--demikian Jusuf Kalla disapa--mengungkapkan ada tempat-tempat lain yang juga jadi bidikan pelaku teror. Untuk itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat bersama aparat keamanan bersatu padu memerangi pelbagai bentuk terorisme maupun ekstremisme.

Terlebih, lanjut dia, dalam waktu dekat akan ada peringatan wafatnya Isa Almasih, perayaan Paskah serta, jelang bulan Ramadan.

"Karena sekali lagi, karena target [mereka] bukan hanya gereja, tapi berbagai-bagai tempat jadi target teroris," ungkap JK dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV, Minggu (28/3) malam.

JK menuturkan ledakan bom bunuh diri sebelumnya juga pernah terjadi di Bali yang menyasar orang asing, bom di Cirebon yang menyasar masjid dan lain sebagainya.

Mantan Wakil Presiden RI itu pun meminta pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati terhadap paham ekstremisme kekerasan. Sebab, menurut dia, paradigma berpikir para pelaku teror kerapkali 'menjual murah surga'.

Itu sebab pula, dia mewanti-wanti masyarakat untuk waspada dan peka memperhatikan lingkungan sekitar.

"Kita semua, pemerintah, masyarakat, harus meningkatkan kehati-hatian dan juga kerja sama. Polisi, tentara, Ketua RT, RW, lurah, bupati, gubernur harus perhatikan masalah seperti ini [radikalisme] juga para ulama tokoh agama itu harus bersama melawan paham ini," tandas dia.

Sebelumnya, insiden bom bunuh diri terjadi di kawasan Gereja Katedral di Jalan Kajaolalido, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar sekitar pukul 10.30 WITA, Minggu (28/3).

Kejadian tersebut di sela pelaksanaan ibadah Misa Minggu Palma. Polisi menyebut ada dua terduga pelaku. Satu dapat dikenali, dan satu lagi kondisi tubuhnya hancur.

Namun menurut polisi, aksi pelaku sebelumnya yang hendak memasuki halaman gereja dapat dicegah oleh petugas keamanan sehingga tidak sampai masuk ke kompleks. Bom diketahui meledak di depan pintu gerbang gereja. Insiden tersebut mengakibatkan puluhan orang mengalami luka-luka.

sumber

Bukan cuma gereja jadi jangan play victim melulu...emoticon-Big Grin
Kepikiran ngomong begini sama orang baru kena musibah emoticon-Big Grin
Luar biasaaaa emoticon-Big Grin

Diubah oleh pemburu.onta 29-03-2021 04:09
viniest
tien212700
pakisal212
pakisal212 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7.4K
231
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.