ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Mengenal Lebih Jauh Gunung Harta, Bus Mewah Dari Pulau Dewata
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Gunung Harta, Bus Mewah dari Pulau Dewata.

Siapa yang tak kenal dengan bus Gunung Harta ini? Gunung Harta Transport Solution sangat terkenal di kalangan para penumpang dan busmania. Selain karena armadanya yang baru, bus ini juga nyaman sehingga menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

GHTS berawal pada tahun 1993 ketika Bapak I Wayan Sutika mendirikan sebuah PO bus bermodal beberapa unit bus berkelas ekonomi di Pulau Bali yang beliau namakan "Gunung Harta". Pada awalnya, Gunung Harta hanya melayani trayek Pelabuhan Gilimanuk ke Kota Denpasar, Pulau Bali dengan armada Mercedes-Benz OF 1113. Bapak I Wayan Sutika melihat peluang pasar, ketika belum banyak PO-PO bus yang melayani trayek tersebut.

Tak disangka-sangka, ternyata respon masyarakat sewaktu itu cukup baik. Bapak I Wayan Sutika pun mulai memberanikan diri untuk meminjam uang dari bank untuk menambah modal dan armada. Armada GH pun bertambah seiring waktu.

Dua tahun setelah pendirian Gunung Harta, Bapak I Wayan Sutika kembali memberanikan diri untuk merambah Pulau Jawa, melewati penyeberangan ferry Gilimanuk-Ketapang. Gunung Harta saat itu baru mencapai awal dari tahap menuju kesuksesan, dengan trayek Denpasar-Malang. 

Berhasil melewati krisis ekonomi 1998, Bapak I Wayan Sutika pun terus mengembangkan Gunung Harta. Menambah trayek dan armada, serta terus memperbaiki pelayanan.

Hingga pada tahun 2004, pepatah "siapa yang menanam pasti akan menuai" bekerja. Gunung Harta mencapai awal-awal dari era kesuksesannya. Gunung Harta mulai menambah armada baru, mulai dari Mercedes-Benz OH 1525, Mercedes-Benz OH 1626, dan armada lain. 

Sampai sekarang ini, dengan mempertahankan terus pelayanan yang konsisten, Gunung Harta memiliki ratusan armada, yang berwarna biru dan merah. Bahkan, sekitar dua tahun lalu, Gunung Harta memboyong 80 unit bus bersamaan! 80 unit tersebut terdiri dari 20 unit Volvo B11R, 10 unit Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, 10 unit Scania K410IB dan sisanya Hino RN 285 untuk divisi pariwisata.

Gunung Harta yang sudah sukses, menjadi pilihan masyarakat dan penuh dengan bus ber-sasis premium ini biasa mengandalkan karoseri dari Adiputro. Yup, Adiputro asal Malang. Kebanyakan bus-bus milik Gunung Harta mengandalkan body besutan kuda jingkrak asal Malang, tetapi ada beberapa armada misal armada ATB atau Ekonomi Non AC milik GHTS yang menggunakan karoseri dari Laksana dan Tentrem.

Untuk sasis, Gunung Harta mengandalkan sasis Mercedes-Benz, Scania, Volvo dan tentunya Hino. Mulai dari Hino RN 285, Scania K360IB, sampai Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, Volvo B11R dan Scania K410IB. Gunung Harta mengandalkan sasis-sasis ini karena mengimbangi dengan tol Trans Jawa yang sudah menyambung Gansis.

Jenis body yang digunakan oleh Gunung Harta ini biasanya body SHD. Sebab, SHD cocok untuk sasis premium milik Gunung Harta. Bahkan, Gunung Harta memiliki lebih dari 10 unit armada yang berbody UHD buatan karoseri Adiputro. GHTS juga mengandalkan body HD untuk bus ATB dan Ekonomi Non AC, serta body HDD untuk sasis yang tidak support body SHD. 

Gunung Harta, sebagai salah satu pemilik bus-bus premium terbanyak di Indonesia, tentu sudah merambah trayek dari barat sampai timur Pulau Jawa, dan tak lupa Jawa-Bali serta AKDP di pulau Bali. Trayek yang dilayani mulai dari trayek Jember-Denpasar, Jember-Jakarta, Jakarta-Banyuwangi, Jakarta-Denpasar dengan transit di Malang, Jawa Timur, sampai Jakarta-Surabaya.

Kelas kelas yang ditawarkan oleh PO Gunung Harta adalah Ekonomi Non AC, Ekonomi AC Tarif Biasa, PATAS AC, VIP dan Executive. Dibilang sedikit tidak, dibilang banyak juga tidak. Perbedaannya tentu kenyamanan dan fasilitas, ATB dan Non AC perbedaannya hanya di fasilitas AC, PATAS AC menggunakan seat 2-2 dengan toilet khas fasilitas bus PATAS, VIP tak jauh berbeda, dan Executive menggunakan seat 2-2 dengan smoking area, toilet, dan lain-lain. Executive biasanya menggunakan armada terbaru yang nyaman.

Bicara soal harga tiket, Gunung Harta mematok di harga tiket yang terbilang cukup mahal. Contohnya, Jakarta-Surabaya. Gunung Harta mematok harga di angka Rp. 320.000 untuk kelas Eksekutif, diatas PO-PO lain yang mematok harga dibawah patokan harga Gunung Harta. Tetapi, dengan sasis-sasis premium dan body-body terbaru, ane rasa akan worthit.

Gunung Harta juga memiliki usaha di bidang penyewaan bus pariwisata dan pengiriman paket. Sayang, setahu ane Gunung Harta belum mempunyai usaha di bidang rumah makan atau di bidang SPBU. Semoga saja, dalam waktu dekat ini Gunung Harta memiliki SPBU dan rumah makan.

sumber gambar[/center
Uniknya, Gunung Harta memiliki bus dengan 2 livery berbeda, berwarna merah dan hijau. Entah apa perbedaannya, yang jelas Bapak I Wayan Sutika menciptakan warna tersebut karena digemari, dan melambangkan kenyamanan serta kebersihan.

Sayang sekali, ane belum pernah mencoba layanan PO satu ini. Pernah ane sekali bepergian ke Bali, berangkat naik kereta api dari Jakarta, pulang naik bus KD ke Jakarta. Sewaktu itu, di aplikasi pemesanan tiket online tak ada tersedia bus Gunung Harta, adanya bus KD saja, jadi ane terpaksa menaiki bus KD tersebut karena tak ada pilihan lain di aplikasi pemesanan tiket online (maybe kalo pesen di loket ada kali yaemoticon-Ngakak (S)).

[center]


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Gunung Harta? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih jika Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 12345

Narasi: Opini Pribadi

Pic: Terlampir

Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan ataupun mempromosikan pihak manapun.

Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


Quote:
Diubah oleh ulungrinjani 16-04-2021 13:33
indramamothbudayimaginaerum
imaginaerum dan 37 lainnya memberi reputasi
38
9.7K
89
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.