• Beranda
  • ...
  • Games
  • Berbagai Genre & Keseruan Dalam Sebuah Game Yang Membuat Ane 20 Tahun Lalu Cinta Mate

luqman miracle
TS
luqman miracle
Berbagai Genre & Keseruan Dalam Sebuah Game Yang Membuat Ane 20 Tahun Lalu Cinta Mate
Quote:




Haloo gan dan sis, kira2 mobil diatas mau kemana dan ngapain ya?? Terus kenapa ada donat besar diatas sebuah bangunan? Mungkinkah dia lapar? emoticon-Bingung . Ternyata mobil itu mau berperang dan donat besar itu bisa jadi salah satu senjata yang menyerang lawan atau malah menjadi senjata makan tuan. Lah kok bisa? Bijimane caranya? Yuk simak tulisan ane kali ini tentang sebuah game yang menurut ane menjadi salah satu game terbaik yang pernah ane mainkan.

Sekitar 20 tahun yang lalu saat ane masih berusia 13 tahun, ane membeli sebuah kaset PS yang gambar di sampulnya kaya gini

Nama gamenya Vigilante 8: 2nd Offense, karya salah satu publisher ternama bernama Activision dan Developer kenamaan Luxoflux Corp.
Game ini dapat dimainkan di platform Playstation, Dreamcast, Nintendo 64. Sebagai "anak PS" sejati, ane waktu itu memainkan game ini di konsol PSX atau yang biasa kita kenal dengan PS satu, bukan PS One ya gan sis soalnya PS One gampang panas emoticon-Cool .

Oke lanjut, di game ini kita dapat memainkan game ini sendiri atau berdua.Kalau ingin merasakan sensasi lebih seru sebelum main berdua dengan teman, ane sarankan untuk memainkan story di mode 1 player terlebih dahulu agar mendapatkan semua karakter di game ini dahulu dengan menamatkan dan menyelesaikan setiap misi atau objective dalam tiap level, jadi teman kita ga bisa ngeles kalah karena jagoannya belom ada di savean kita emoticon-Cape d... .



Kalau kita pilih main sendiri / 1 player layar kita ga bakal terbagi alias full screen untuk game kita sendiri. Tapi kalau kita pilih main berdua / 2 player maka layar game akan terbagi dua dan pembagian layar bisa diatur sesuai selera kita, bisa horizontal atau vertikal.

Spoiler for Ada Yang Terbagi Dua Tapi Bukan Hati:


Di trit ini, ane gak akan ceritain gimana mode story nya ya gan dan sis, karena selain ane udah lupa apa aja misinya emoticon-Malu (S), tentu saja karena ini bukan walkthrough game tapi hanya sebuah sharing cerita tentang pengalaman ane memainkan game ini. Jadi ane akan fokusin ke bagaimana serunya game ini jika dimainkan melawan eh maksud ane bersama teman ente.

Oke lanjut. Setelah kita memilih mode game 2 player dan memantapkan hati bersama untuk saling membunuh emoticon-Leh Uga eh maksud ane untuk bertarung. Maka kita berdua akan cepet2an milih karakter / kendaraan ysng mau dipake. Lah kenapa cepet2an? Emangnya mobilnya bisa hilang ? Yap betul, kalau ente kalah cepet milih mobil atau karakter favorit ente sama lawan main ente maka otomatis mobil atau karakter tersebut sudah tidak bisa dipilih lagi. Berbeda dengan game bola dimana ente dan lawan main ente bisa memilih klub atau negara yang sama untuk bertanding. Kalo ane dulu sudah hafal kalau mau pilih karakter X kudu geser ke kiri berapa kali atau kalau mau pilih karakter Y kudu geser ke kanan berapa kali lalu buru2 tekan X untuk mengunci karakter tersebut. Tolong jangan tanya siapa X dan siapa Y karena ane sendiri lupa emoticon-Ngacir

Spoiler for Karakter Favorit Ane Si Samson:


Jangan lupa baca trit ini sampai habis karena ane akan beberkan alasan2 mengapa ane menjadikan karakter diatas yaitu si Samson sebagai karakter favorit ane. Ane juga menunggu komentar dari gan dan sis tentang pilihan karakter favorit gan dan sis di game ini ya emoticon-Peluk

Setelah ente memilih karakter masing2, ente akan memilih tempat bertarung yang diwakili oleh nama suatu negara bagian yaitu Arizona, Utah, Pennsylvania, Minnesota, Alaska, California, Florida dan Louisiana.



Uniknya masing2 tempat itu memiliki perbedaan2 yang membuat masing2 tempat tersebut unik. Keunikan itu membuat ente harus memutar otak menggunakan strategi yang berbeda untuk mencapai kemenangan

Cekidot perbedaannya ;

1.Elemen Dasaremoticon-Hammer2

Masing2 kota memiliki perbedaan area dominan, seperti Arizona yang banyak lahan berbatu jadi disarankan untuk mengambil item yang merubah ban kendaraan agar lebih stabil di jalan berbatu dan tidak banyak membuat misplay

Sedangkan di Utah dan Alaska, tempatnya didominasi oleh jalan bersalju jadi pastikan gunakan kendaraan yang ramah salju emoticon-Ngakak (S) atau mengambil item yang merubah ban kendaraan ente menjadi ban untuk medan bersalju.

Spoiler for Cekidot Bannya & Logo Pink Di Tengah Atas Layar:


Yang suka main air emoticon-Leh Uga, Florida & Louisiana menyediakan ente air untuk berperang, farming atau sekedar melepas rindu pada pantai dan sungai emoticon-Hammer . Namun perlu diketahui untuk tetap "hidup", pastikan ente mengambil item yang merubah ban kendaraan ente menjadi ban yang dapat dipakai di air sebelum ente nyemplung. Karena jika ente nekat nyemplung ke air apalagi laut (jika nyemplung ke sungai di Louisiana, kalau airnya sedang surut atau belum pasang masih dimaafkan emoticon-Ngakak (S) ) tanpa mengambil item tersebut, maka dijamin kendaraan ente nyemplung dan tentunya "darah" ente berkurang.

Spoiler for Air Bisa Menjadi Tempat Farming Yang Bagus:


2. Monster / Binatang / Nukliremoticon-Takut

Di Arizona, kita dapat temui semut raksasa yang akan menyerang siapapun, ingat siapapun ga perduli ente, temen ente yang sementara jadi musuh ente alias lawan main ente atau musuh ente yang biasa disebut "komputer" alias CPU. Semut ini akan menyerang membabi buta dengan laser yang damagenya besar yang membuat ente atau musuh ente kehilangan darah.

Spoiler for Semut Raksasa Yang Bisa Membuat Binasa:


Kemunculan semut ini ditandai dengan meteor besar yang jatuh ke kawah besar di Arizona, hati2 jika ente berada di sekitar atau bahkan didalam kawah besar itu sebelum meteor jatuh karena dapat dipastikan ente akan kehabisan banyak darah atau bahkan mati karena ketibanemoticon-Turut Berduka

Setelah meteor jatuh maka akan ada telur besar yang bisa dihancurkan dengan senjata apapun yang akan mengeluarkan semut raksasa tersebut, jika tidak ada yang menembak telurnya maka lama kelamaan semut itu akan keluar dengan sendirinya jadi waktu yang akan menjawab kehadiran semut tersebut emoticon-Hammer

Spoiler for Semutnya Bisa Berlipat Ganda Alias Jadi Lebih Dari Satu:


Lain belalang lainpula ilalang. Di Louisiana ente akan menemukan buaya besar yang akan mengancam dan menyerang siapapun di sekitarnya. Buaya ini biasa bersembunyi diantara rawa2, di dalam sungai atau di daratan pinggiran sungai.

Spoiler for Bukan Buaya Darat Tapi Bisa Bikin Sekarat:


Bagaimana dengan Florida? jangan kaget saat ente sedang asik2nya ber-farmingria di air ente akan disuguhkan sebuah serangan dari ikan hiu yang ganas dan haus darah eh oli emoticon-Hammer .Saat serangannya makin banyak mengenai kendaraan ente otomatis ban ramah air ente akan berubah menjadi ban biasa dan blup blup blup jagoan ente akan tenggelam dan darah ente semakin berkurang akibat tenggelam.

Bukan binatang atau monster, Minnesota menghadirkan kendaraan figuran yaitu forklift yang membawa drum2 berisi nuklir yang bilamana ente hancurkan tapi ente ga jaga jarak atau musuh ente sengaja atau tidak sengaja menembak forklift tersebut dan ente kena dampak ledakannya maka sudah cukup membuat ente mati kalau bar nyawa ente dibawah 3/4. Bahkan jika ente terlalu kencang menabrak kendaraan tsb maka BOOM siap2 cari darah cepet2 sebelum ente tamat emoticon-Ngacir

3) Tempat Rahasia / Teleportasi / Alat Pendukung Lainnya


Di tiap arena / state pasti memiliki tempat rahasia atau hal2 yang bisa dimanfaatkan untuk farming atau menghancurkan musuh ente tapi awas jangan sampai masuk jebakan betmen dari musuh ente karena disana sudah disiapkan berbagai ranjau atau jebakan emoticon-Takut (S)

Salah satunya adalah donat besar yang ane share di awal trit ini yang kalau ente hancurkan bangunannya maka donat tsb akan menggelinding & bilamana mengenai siapapun akan membuat ia kehilangan darah.

Tapi ane hanya akan share sedikit saja demi menjaga tempat2 tsb tetap rahasia emoticon-Cool

Spoiler for Lompatan Menuju Special Di Arizona:


Spoiler for Awas Musuh Ente Sudah Menunggu Dengan Special Movenya:


Spoiler for Teleportasi Di Louisiana Yang Bisa Menjadi Untung Atau Buntung:


Spoiler for Kerangkeng Diatas Kepala Yang Bisa Membuat Buaya, Musuh atau Diri Ente Sendiri Terperangkap Di Louisiana:


Spoiler for Teleportasi Di Alaska Yang Rentan Dipasang Ranjau Oleh Musuh Ente Di Tiap Pintunya:


Spoiler for Tabung Nuklir Di Minnesota Yang Kalau Meledak Membuat Siapapun Didekatnya Nyaris Menuju Ajal:


Oke markijut. Setelah ente sepakat memilih salah satu arena maka kalian akan dimunculkan di tempat yang berbeda. Sama2 telanjang alias ga punya senjata apapun selain senjata biasa yang unlimited yang biasa dikeluarkan dengan menekan R2 (senjata terlemah di game ini). Ente harus farmingsecepat mungkin tapi gak boleh gegabah sebelum kalian akhirnya dipertemukan dan saling menghancurkan satu sama lain.

Secara garis besar, ada 2 jenis senjata yang bisa ente dapatkan. Yang pertama, senjata acak yang yaitu ranjau, roket, auto-cannon, misil, dan mortar. Senjata ini biasa didapatkan dari kotak berwarna coklat.

Spoiler for Penampakan Kotak Coklat:


Oh ya wrenchdiatas itu darah ya dan kotak coklatnya ada didepannya. Jangan lupa untuk selalu mengecek sisa darah ente dan musuh ente serta mencari darah agar tidak mati kehabisan darah.

Oh ya ente ga bisa bawa kelima jenis senjata ya, ente hanya dibatasin bawa 3 jenis senjata jadi sesuaikan pilihan ente dengan cara bertarung ente, ente termasuk yang bertarung secara bar2 jarak dekat atau yang diam2 suka menaruh hati emoticon-Hammer eh ranjau dan perlu hati2 jika sudah bawa 3 jenis dan itu adalah jenis senjata2 favorit ente lalu ente menabrak item atau kotak lagi maka senjata yang sedang dipilih otomatis ke replaced dan senjata favorit ente akan keluar dan bisa diambil oleh musuh ente yang kebetulan lagi lewat emoticon-Ngacir2

Yang menarik adalah cara bermain nubi & master akan terlihat dari tombol yang digunakan. Jika seorang yang baru main akan menekan L2 untuk mengeluarkan senjata tertentu, maka seorang yang biasa main akan menekan serangkaian tombol arah + R2 untuk mengeluarkan variasi senjata dari tiap2 senjata L2.

Sebagai contoh, jika kita menekan atas atas kanan R2 maka kita akan mengeluarkan cukup banyak misil homing dalam satu serangan dan jika kita menekan bawah bawah atas R2 maka kita akan mengeluarkan mortar yang membuat musuh terjerambab dalam sebuah lubang. Yap betul di tiap jenis senjata punya 4 variasi berbeda, dan senjata yang sama punya dua awalan pencetan yang sama. Namun perlu diingat penggunaannya disesuaikan dengan kondisi yang tepat, jangan sampai menjadi senjata makan tuan apalagi penggunaan jurus2 ini memakan cukup banyak ammo senjata. Tidak seperti senjata yang dikeluarkan dengan L2 yang hanya memakan 1 ammo.

Setiap karakter adalah spesial dan memiliki special yg berbeda2, senjata spesial bisa didapatkan dengan mengambil kotak hijau.

Spoiler for Penampakan Kotak Hijau:


Setiap karakter punya senjata spesial yang berbeda2. Ada yang sifatnya menyerang dengan lurus dan jarak jauh tapi musuh harus diam untuk menghasilkan damage maksimal



Ada juga karakter yang senjata spesialnya jarak dekat seperti jagoan ane yaitu Samson. Dia akan menarik satu karakter saja (kekurangannya) dengan alat dereknya (tapi homing alias pasti kena kecuali musuh ente pakai shieldhijau, kelebihannya) dan menghasilkan damage yang akan besar bila dibarengi dengan serangan senjata yang berganti2 jenis (istilahnya Wammy) dan damage akan bertambah besar jika ente menabrakkan musuh ente selama diderek ke objek2 benda sekitar.

Spoiler for Memakai Spesialnya Samson Di Ruang Terbuka = Sia2:


Spoiler for Semakin Banyak Whammy, Semakin Besar Damagenya:


Ane akan menggunakan spesialnya Samson dengan cara sbb ; Ane pakai di dalam ruangan atau ruang tertutup seperti yang banyak ditemukan di Minnesota. Lalu ane tekan atas atas atas R2 untuk mengeluarkan misil sebagai turbo (ini sama sekali tidak memberi damage dalam kondisi normal), ini akan memberi damage lebih, lalu ane tabrakkan dia ke banyak benda2 yang flammableatau benda2 keras ditambah serangan bertubi2 dari berbagai varian senjata dan jenis serangan diakhiri dengan varian ranjau yang menahan musuh tetap di posisi alias ranjau bersifat mengelem musuh selama 2-3 detik, kalau ga salah tombol yang harus ditekan adalah kiri kanan bawah R2 CMIIW (dalam kondisi normal varian serangan ini tidak menghasilkan damage sama sekali kecuali ente hajar secara bar2 selagi musuh ente ga bisa kemana2 sementara). Jika waktu serangan spesial sudah habis namun efek ranjau lem masih ada maka musuh akan terpental sangat jauh dan tertabrak dengan benda2 sekitar yang menghasilkan ekstra damage bagi musuh.

Singkat cerita ini adalah sebuah game yang mampu menyediakan semua genre ke para penikmatnya.

A. Adventure. Berbagai misi yang sulit bin menantang hadir di mode story 1 playernya.

B. Racing. Tak ada istirahat, semua berpacu dengan waktu, diam sedikit saja nyawa taruhannya. Semua berlomba menuju item2, tempat rahasia dan berbagai hal yang disajikan sebelum keduluan pemain lain.

C. Fighting. Serangkaian tombol2 kompleks yang ditekan selagi menyerang atau diserang membuat game ini serasa game beranteman namun pakai kendaraan.

D. RPG. Masing2 karakter punya peran, penguasaan senjata serta kelebihan & kekurangan masing2. Segalanya harus disesuaikan dengan karakter, variasi serangan, negara bagian / area yang dipilih & lokasi presisi yang dipakai untuk bertarung.

Dikarenakan keterbatasan space dalam penulisan maka sekian dahulu trit ane kali ini. Ts tidak menolak pemberian emoticon-Blue Guy Cendol (L) & rate *5 sebagai bukti apresiasi ente ke ane yang sudah menguras tenaga mengingat2 kejadian2 yang ngangenin sekaligus painful itu. Ts menanti komenan gan & sis yang pernah atau sedang memainkan game ini.

Sumber Narasi ;

Pengalaman Pribadi

Sumber Gambar;

http://www.projectv8.co.uk/secondoffense

http://kuliahgame.blogspot.com/2016/...fense.html?m=1

https://n64today.com/2018/02/11/n64-...player-coop-2/

Spoiler for Jangan BUKA nanti ADIKSI /:)/:
tien212700antiliberalismeFeraldi.Noval
Feraldi.Noval dan 14 lainnya memberi reputasi
13
2.5K
132
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.