• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!


[ HT# 720 ]

Lampu LED pada headlamp kendaraan kini tengah menjadi primadona karena lebih hemat daya, cahaya yang lebih baik, usia pakai yang lebih panjang membuat kendaraan terlihat lebih modern dan keren. Namun sayang tak lama lagi teknologi lampu LED segera tergantikan.

Rasanya belumlah lama kita menikmati indahnya tampilan lampu LED yang menggoda mata, bahkan mungkin masih belum ada yang memiliki di kendaraannya tahu-tahu sudah digantikan dengan teknologi laser.



Teknologi laser? Serius, kah? Apa gak bahaya? Beberapa pertanyaan yang hadir dalam pemikiran saya, mungkin sama juga dengan pembaca disini.

Teknologi laser yang diterapkan dalam dunia otomotif khususnya pada headlamp kendaraan terdiri dari satu atau lebih dioda laser solid state yang dipasang di dalam lampu depan. Laser biru ini akan mengarah ke fosfor kuning, mirip dengan yang digunakan pada teknologi LED putih saat ini.

Testing The 2020 BMW G11 750i xDrive Laser Lights



Cara ini akan menghasilkan cahaya putih yang lebih terang dan kuat kemudian dapat dipantulkan dari reflektor lalu keluar dari lampu depan ke arah jalan. Lampu depan laser yang dibuat dengan cara ini memiliki beberapa keunggulan seperti lebih hemat energi dibanding LED dengan jumlah keluaran cahaya yang sama, lampu laser ini juga ternyata lebih hemat ruang, dan cahaya yang di arahkan lebih fokus lagi dari LED, dapat memancarkan cahaya hingga 600 meter di depan kendaraan, dan masih lebih dingin di banding LED.



Memang teknologi lampu headlamp dari laser ini terbilang baru dan hanya beberapa produsen mobil seperti BMW (bekerjasama dengan OSRAM), Audi, dan kendaraan tertentu lainnya yang baru menggunakannya, itu pun di serie terbatas.

Namun kelebihan dari teknologi lampu laser ini juga memiliki kekurangan seperti; belum terujinya ketika bertemu dengan suhu yang ekstrem, para ahli masih harus mengatasi tantangan yang bersifat teknis mengenai suhu yang di mulai dari 40 derajat, di bawah nol hingga 50 derajat C, dan dampak yang ditimbulkan akibat getaran tinggi yang mengakibatkan rusaknya laser, pengoperasian dalam waktu yang lama, dan terakhir efek radiasi tidak terkontrol dari sinar laser akibat faktor x yang belum di ketahui bagi manusia.


LED Audi MatrixVS Lampu LED Laser



Nah, dari segudang kelebihan dan manfaat bagi manusia rupanya temuan lampu laser headlamp masih harus dilakukan pengembangan lebih jauh dan mendalam. Semoga saja tidak lama lagi kita bisa menikmati apa yang menjadi kelebihan teknologi ini bagi kebaikan dan kemaslahatan manusia. Aamiin.

Referensi. Opini, TKPeh!
Img.google img





Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 28-03-2021 23:34
tien212700
jiresh
azhuramasda
azhuramasda dan 36 lainnya memberi reputasi
33
9.2K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.