zareza.fAvatar border
TS
zareza.f
REVIEW MOTOR HONDA GENIO SETELAH 1 TAHUN
Mungkin ini review motor gua yang pertama kali sekaligus jadi thread pertama gua.
Waktu di penghujung 2019 tepat nya pada awal Q4 2019 Honda AHM Indonesia memperkenalkan motor 110cc terbarunya, yaitu Honda Genio.

Motor ini menggunakan arsitektur terbaru honda, chasis serta mesin baru di tanamkan disini. Chasis baru ini yang Honda beri nama eSAF (Enhandced Smart Arcitecture Frame) di klaim honda lebih rigid dan dapat menyerap getaran saat berkendara itu semua berkat chasis yang di buat dari plat baja yang di press seperti membuat mobil berchasis monocoque. Dan benar saat gua mencoba nya untuk pertama kali gua merasakan handling yang mantap serta sangat nyaman di kelas 110cc.

Untuk mesin honda menggunakan mesin baru yang mempunyai karakter overstroke dengan ukuran bore dan stroke 47,0 mm x 63,1 mm yang menghasilkan power output 9 PS (8,87 HP) pada 7500 rpm serta torsi 9,3 NM pada putaran 5500 rpm dan di teruskan ke transmisi cvt.

Pada saat gua menguji ketangguhan mesin ini saya merasakan tarikan mesin ini padat di rpm bawah dan rpm atas, tapi ada kekosongan yang gua rasakan (pada hati gua emoticon-Big Grin) pada saat rpm menengah. Entah kenapa gua merasa sulit untuk menyalip pada kecepatan 50an km/h. Untuk topspeed hasil pengujian gua 108km/h, dan rasanya sudah ingin terbang emoticon-Wakaka mungkin karena bobotnya yg ringan cuman 89kg untuk varian CBS dan 90kg untuk varian CBS-ISS yang gua punya ini. Untuk konsumsi bahan bakarnya ini termasuk irit, dengan seboros borosnya gua masih dapet lah sekitar 45km/l dan seirit iritnya gua bisa dapet sekitar 60an km/l, karena ga ada mid penunjuk konsumsi bahan bakar jadi kita pake pengukuran full to full aja sih. 

Oh ya untuk jenis bahan bakarnya jika gua menggunakan pertalite atau oktan 90 itu rasanya seperti menggunakan mode eco, tarikan semakin lemot parah tapi sangat ekonomis buat dompet. Karena gua gasuka kelemotan itu gua pake pertamax atau oktan 92 dan rasanya agak terobati lah, kualitas motor baru tetep kejaga, fyi selama pemakaian 90% gua selalu pake oktan 92. Tapi gua penasaran kalo diisi oktan 95 atau 98 gimana ya, wah gua coba dah tuh pake shell v power oktan 95 rasanya sedikit lebih enteng dari biasanya, rasanya kayak wus wus aje gitu tapi masih ada rasa lemot lemot gitu lah, oh ya rasio kompresi motor ini itu 10:1 ya dan menurut gua emang dia di harusin minimal 92 tapi lu tau sendiri lah ya tipikal indonesia gua sering liat genio isi nya pertalite atau bahkan premium wkwk. Tapi rasa penasaran gua buat nyobain genio ga sampe disitu, gua coba pake pertamax turbo oktan 98 dan hasilnya yaa tarikan awal lebih galak, lebih stabil dan gampang buat sampe ke 100km/h walau begitu masih ada terasa lag di putaran menegah sedikit dan tentunya ga ekonomis buat dompet hehe.

Untuk masalah handling motor ini seperti yang di awal gua bilang, mantap kali rasanya dibanding beat gua lebih suka handling motor ini karena stang nya lumayan lebar dibanding beat dan ngerasa kayak center of gravity nya tuh lebih rendah di banding beat. Dan di sektor kaki kaki motor ini menggunakan ban bawaan merk federal dengan ukuran 80/90 R14 untuk roda depan dan 90/90 R14 di roda belakang. Rasanya pengen ganti pake ban yang agak lebar tapi next lah nunggu botak dulu wkwk. Pengereman motor ini lumayan cukup karena dibekali rem cakram di depan dan tromol di belakang dan ada fitur CBS nya, gua mencoba hard braking dari kecepatan 90km/h dan rasanya enak empuk gitu dah. Tapi untuk suspensi motor ini masih sama lah sama suspensi yang di pake motor skutik honda lainnya, cuman entah kenapa gua mulai ngerasa agak keras setelah motor berjalan 4000km. 

Fitur fitur di Honda genio ini menurut gua standar motor di tahun 2019 ya. Mulai dari speedo digital, pengaman magnet di shutter key, pembuka bagasi dari shutter key, lampu depan sudah 2 buah LED jenis reflector dengan highbeam LED 1 titik tapi lumayan terang, dan gua suka sama lampu depannya karena cutting nya bagus dan mengarah ke bawah jadi ga terlalu bikin silau pengendara di depan. Namun untuk lampu lampuan lainnya masih menggunakan halogen biasa. 

Oh ya untuk desain motor ini ga semua orang suka dengan desain yang dibawakan Honda Genio ini, apalagi tampang depannya yang mirip seperti scoopy tapi agak lebih aneh gimana gitu. Awalnya juga gua agak kurang suka dengan desain depannya tapi setelah lihat langsung ternyata ga terlalu buruk juga desainnya, untuk desain belakangnya ini gua suka tapi kalo stop lamp nya di ganti jadi LED auto keren dah belakangnya.

Kalo masalah kepraktisan motor ini wah jangan ditanya lagi dah. Gua beli motor ini selain karena irit tapi juga karena kepraktisannya. Botol 600ml aja bisa tenggelem di kantong kiri depan, dan botol 600 ml juga masih bisa di taro di kantong kanan depan tapi agak sulit masukinnya soalnya sempit (kayak masih perawan emoticon-Wakaka). Bagasi motor ini juga bisa dibilang cukup luas tapi ga luas banget berkapasitas 14L tapi gabisa naro helm, cukup buat naro jas hujan + sepatu. Oh ya di bagasinya juga udah ada 12volt power outlet tapi gua saranin jangan ngecas pas sambil jalan jalan ya hehe.

Dan semua itu bisa kalian dapetin dengan harga
Honda Genio CBS Rp. 17.000.000 (OTR Jakarta) harga di tahun 2019
Honda Genio CBS-ISS Rp. 17.700.000 (OTR Jakarta) harga di tahun 2019
Honda Genio CBS Rp. 17.680.000 (OTR Jakarta) harga di tahun 2020

Honda Genio CBS-ISS Rp. 18.150.000 (OTR Jakarta) harga di tahun 2020


Fun fact entah gua doang yang ngerasa atau kalian mungkin ngerasa kalo misal kita pake mode ISS nya on tuh RPM idle nya agak lebih tinggi dan pas kita gas jadi galak gitu, rpm bawah nya jadi padet banget dan ga enak kalo buat macet karena kurang santui. Tapi pas mode ISS nya di off in tuh kayak tenaganya keluar secara perlahan tapi pasti, rpm idle nya lebih rendah dan distribusi tenaganya pas macet macetan tuh smooth banget. Ada yang ngerasain gitu juga ga ya? apa cuman gua doang? kalo di varian cbs nya gimana ya soalnya gua gapernah coba yang varian cbs hehe.

47,0 47,0
Masdon
aripmaulana
aripmaulana dan Masdon memberi reputasi
2
1.9K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.