ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Apa Itu Jojo Reference?


Jojo Bizarre Adventure merupakan sebuah manga karya Araki Hirohiko yang memulai publikasinya pada tahun 1987 di majalah Weekly Shonen Jump. Seperti namanya, manga ini merupakan kisah orang-orang yang memiliki nickname 'JoJo' dengan petualangan mereka yang Bizarre.

Menariknya, serial ini masih terus berlanjut hingga sekarang dengan protagonist yang berganti-ganti, beragam cerita yang berbeda, latar yang tidak biasa nanun masih tetap menunjukkan 'keanehan' dalam setiap bagiannya.

Seperti namanya, kisah-kisah yang tertulis dalam JJBA bisa dibilang begitu aneh, tidak masuk akal hingga berada diluar nalar pemikiran terutama dengan konsep superpowernya 'Stand' yang membuka kemungkinan tidak terhingga sehingga 'apapun' bisa terjadi dalam cerita ini.

JJBA menjadi semakin terkenal dengan adaptasi anime yang diluncurkan pada 2012. Konsepnya yang bizarre membuat banyak meme mengenai JJBA bertebaran di dunia maya dan bahkan sampai diparodikan oleh berbagai anime.




Nah, seiring dengan popularitasnya maka muncul jugalah para fans toxic yang membangga-banggakan anime favorit mereka kemana-mana. Semua ini dimulai pada 22 April 2015 seorang redditor membuat sebuah post yang meminta redditor lainnya untuk menyebutkan judul anime yang memiliki Jojo 'reference' di dalamnya.

Reference ini bisa diartikan sebagai referensi karakter, cerita, pose, quote maupun scene yang memiliki unsur JJBA di dalamnya. Uniknya, para redditor menemukan cukup banyak anime yang memiliki jojo reference di dalamnya. Saking banyaknya seorang youtuber ikut membuat clip pokemon namun dengan ost background dari JJBA.



Okay, JJBA mungkin sudah banyak menginspirasi anime dan manga di seluruh dunia namun sekali fans toxic tetaplah fans toxic. Tidak cukup hanya di sekedar anime orang-orang ini mulai membawa slogan tersebut ke dunia nyata dan dari sinilah kita mengenal quote 'Everything is fucking Jojo reference.'

Spoiler for Jojo reference:


Well, setiap orang berhak punya opininya masing-masing dan opini saya adalah perilaku fans toxic ini benar-benar mengganggu. Oklah kalau itu cuma di dalam anime tapi kalau sampai membawanya ke dunia nyata itu sudah terlalu berlebihan.

Cerita mengenai seorang bangsawan gentleman yang bertarung melawan saudara tirinya yang berubah menjadi vampir menggunakan pernafasan atau cucunya yang mengelabui dewa dewa astec memang bukan hal yang sering ditemui tapi bukan berarti semua semua cerita serupa yang muncul setelahnya adalah jojo reference.

Suka anime bukanlah hal memalukan tapi tolong jadilah fans yang cerdas. Saya harap tak akan ada orang yang membuat agama Jojo atau sejenisnya karna sebodoh bodohnya anda menjadi manusia tolong tetap bisa membedakan antara yang nyata dan tidak.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.



sumursumur
m4ntanqv
anerifai
ryant.alejandro
ryant.alejandro dan 17 lainnya memberi reputasi
16
11.2K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.