• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Jerman dan Norwegia Protes Pelanggaran HAM di Qatar

GENKBOL
TS
GENKBOL
Jerman dan Norwegia Protes Pelanggaran HAM di Qatar

Ada penampakan menarik di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Jerman vs Islandia dan Gibraltar vs Norwegia. Para pemain Jerman dan Norwegia kompak mengenakan baju bertuliskan “HUMAN RIGHTS”. Ini merupakan bentuk protes mereka terhadap pelanggaran HAM yang terjadi di Qatar.


Aksi protes ini terkait dengan laporan investigasi media Inggris The Guardian yang melaporkan bahwa sebanyak 6.500 pekerja migran di Qatar meninggal setelah negara tersebut ditunjuk menjadi penyelenggara piala dunia 2022.

Pada tahun lalu, Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah piala dunia 2022. Setelah penunjukkan tersebut, Qatar langsung melakukan pembangunan infrastruktur untuk menunjang berlangsungnya event besar tersebut. Mulai dari pembangunan stadion, bandara, jalan, dan fasilitas umum lainnya.


Dalam melakukan pembangunan tersebut, Qatar mempekerjakan imigran dari luar, seperti Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, dan beberapa negara lain. Sayangnya Qatar gak bisa menjamin hak asasi manusia para pekerja migran tersebut.

Aksi protes ini juga dipicu oleh pernyataan pemerintah Qatar yang menyatakan bahwa kematian pekerja asing pada kurun waktu 2011 – 2019 sangat sedikit jika dibandingkan dengan 1,4 juta pekerja migran yang berada di negara tersebut. Pemerintah Qatar bahkan menyampaikan bahwa tingkat kematian di antara komunitas – komunitas ini berada dalam kisaran yang diharapkan untuk ukuran dan demografi penduduk.

FIFA sendiri telah memberikan tanggapan terhadap aksi protes tersebut. FIFA tidak akan memberikan sanksi terhadap apa yang dilakukan pemain Jerman dan Norwegia. FIFA meyakini kebebasan perpendapat dan kekuatan sepakbola untuk kebaikan. Organisasi Sepakbola dunia itu juga menyatakan kalau gak ada sanksi disiplin terkait aksi tersebut.

minhakim20tien212700
tien212700 dan minhakim20 memberi reputasi
2
1.9K
12
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.