• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • 5 Alasan Orang Tidak Bisa Bersikap Dewasa, Meski Umurnya Sudah Tua

qoni77Avatar border
TS
qoni77
5 Alasan Orang Tidak Bisa Bersikap Dewasa, Meski Umurnya Sudah Tua


Mengapa masih ada orang yang sudah tua tapi tidak dapat bersikap dewasa?




Halo, Gansist! Selamat Pagi! Apa kabar kalian semua? Semoga selalu mendapatkan perlindungan dari Tuhan semesta alam, ya! Aamiin Aamiin Aamiin.


Siang-siang ini enaknya baca thread emoticon-Smilieane yang akan membahas tentang kedewasaan. Kenapa sih ada orang yang begitu dewasa dan di sisi lain ada orang yang umurnya sudah tua, ternyata dia tidak mampu untuk bersikap dewasa?


Oke-oke sebelum menuding siapa dan alasannya apa. Ada baiknya kita belajar dulu arti kata dewasa. Dewasa itu apa sih?

Sebenarnya mampu nggak sih setiap orang itu untuk bersikap dewasa?


Pada tiap manusia, selalau ada hambatan-hambatan, yang kesemua itu sebenarnya memengaruhi kedewasaan dirinya.






Dewasa adalah konstruksi sosial. Di mana dalam pandangan dari kebanyakan orang, menilai bahwa sikap ini dan itu (atau demikian) adalah sikap yang dewasa, sedangkan sikap yang lainnya adalah tidak dewasa.




Oleh sebab kedewasaan adalah sebuah konstruksi sosial, jadi selalu ada kesepakatan sosial. Di mana di negeri kita (menurut kultur dan budaya juga) dewasa diidentikkan dengan sikap yang baik. Seperti dalam filosofi tembang Macapat misalnya.


Ngilmu iku kelakone kanthi laku



Quote:





Kenapa orang memilih tidak dewasa?




1. Ingin jadi diri sendiri


Alasan ini menurut ane valid. Dia memilih menjadi bodoh, dan kurang aware pada sekitarnya. Lalu bagaimana cara kita menghadapinya? Ya kalau kamu berani ambil risiko mengingatkan itu baik, tapi jangan pernah memaksakan kemaunan kamu untuk orang terlihat dewasa di mata kamu ya, Gansist!


Tipe orang ini ndableg, dia menganggap dirinya sudah menjadi dirinya sendiri, padahal yang sikap yang dimilikinya cenderung tidak dewasa sama sekali,atau jauh dibawah standar sosial orang di sekitarnya.


2. Dia emang bodoh dan nyaman akan ketidak dewasaannya itu.




Pasalnya orang yang bersikap dewasa, akan cenderung lebih bijak, lebih bisa mengerti konsekuensi dari pada mereka yang tidak bisa bersikap dewasa. Atau yang hanya berumur, tapi tidak mampu untuk menunjukkan kewibawaannya dengan bersikap dewasa.



3. Dia tidak dewasa, karena tidak mampu mencintai diri sendiri.

Pada dasarnya kedewasaan adalah sikap yang dapat dipilih oleh setiap orang. Namun pada kenyataannya, banyak sekali orang yang masih enggan untuk memilih sikap ini.


Orang-orang yang tidak dewasa merasa kesusahan untuk bertindak demikian, karena dewasa sejatinya adalah sebuah penerimaan akan diri sendiri.




3. Dia tidak dewasa karena sering mengukur dirinya dengan keadaan orang lain.

Mengetahui jika dewasa adalah sikap tentang sebuah penerimaan untuk tidak lagi membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka yang kebalikan dari hal ini adalah tidak dewasa.


4. Dia tidak dewasa karena suka marah-marah dan tidak bisa mengontrol emosinya.

Semakin sederhana orang, semakin dewasa dirinya. Bagaimana seseorang mampu dilihat kedewasaannya ketika dia ditempa suatu masalah. Sebagian ada yang bersikap tenang dan segera mencari solusi, tapi sebagian lagi ada yang marah-marah, bahkan mulai mencari-cari kebobrokan-kebobrokan rivalnya, dan kemudian meng-exsplornya ke media sosial.


Sikap tidak dewasanya dilihat dari aksi saling mencibir dan sebagainya. Kalau orang dewasa tentu paham, bahwa sebenarnya itu adalah suatu tindakan yang tidak berguna bagi dirinya sendiri.


5. Dia tidak dewasa karena tidak tahu apa tujuan hidupnya.


Berkebalikan dengan orang yang tidak dewasa, orang dewasa tahu tentang kelakuan bodoh yang mungkin hanya akan mendapatkan kesenangan sesaat itu. Orang tidak dewasa cenderung tidak memikirkan konsekuensi atas tindakannya tersebut.





Quote:


Quote:




Jika menilai umur kronologis, maka setiap orang yang dewasa atau dalam bahasa Arab disebut dengan akil baligh,dewasa akan memiliki arti kematangan tubuh. Yaitu sampai tubuh manusia berhenti secara fisik dan menjadi organisme bernama dewasa.



Dewasa kerap diartikan tumbuh menjadi manusia yang secara seksual matang. Setelah mengalami masa pubertas, namun di negara kita sendiri pubertas bukan syarat utama untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk.


Quote:



Sebagian orang berpikir bahwa dewasa adalah ketika dia sudah menginjakkan usia 17 tahun ke atas, sudah mampu menghidupi dirinya sendiri, lalu dia berpikir bahwa dia sudah menjadi manusia yang dewasa.


Quote:



Meski demikian hal ini bukan berarti Anda harus berhenti belajar, karena pada kenyataannya otak masih bisa diandalkan untuk terus digunakan dalam pembelajaran yang Anda lakukan.



Anda bisa melakukannya!


Dalam banyak penelitian, ahli saraf menemukan bahwa otak masih plastics atau dapat ditempa–dapat diubah sepanjang hidup manusia.

Perlu diketahui ; plastisitas perkembangan (manusia dewasa secara biologis) otak tidak lagi masif atau mengembangkan sirkuit terbaru, namun plastisitas orang dewasa masih memungkinkan adanya modifikasi pada otak. Akan tetapi saraf tidak akan berubah.


Quote:






Quote:



Orang dewasa cenderung lebih mudah untuk bersikap bijak. Mereka menyadari untuk selalu bersikap baik dan tidak mudah membentak. Mereka akan menyadari adanya masa untuk menemukan pasangan, belajar hidup dengan pasangan dan menikmatinya. Intinya mengambil peran sebaik mungkin yang dapat dia lakukan. Singkatnya adalah bertanggung jawab.


Akhirnya, kedewasaan adalah kehidupan itu sendiri. Adalah cinta itu sendiri. Mempelajari tiap alurnya dan membuat hal-hal bermakna tanpa perlu "bermake-up" untuk menunjukkan dirinya bermakna.


Thread ini adalah pesanan dari kaskuser
@bds.life. Semoga berkenan dan salam santun Agans! Yeyeeeeeeyeee emoticon-Smilie



Sumber referensinya adalah : merah, kuning, dan hijau


Ngawi, 24 Maret 2021
Bahagia kala ada kamu,


Warna_Senja
Papa.T.Bob
ujellyjello
b4perman
b4perman dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.