• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Penampakan Kusutnya Kabel Bawah Laut Indonesia Versi Submarinecablemap, Duitin Aja?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Penampakan Kusutnya Kabel Bawah Laut Indonesia Versi Submarinecablemap, Duitin Aja?


[ HT# 719 ]

Zaman sebelum ditemukannya teknologi wireles, penggunaan kabel sangatlah vital sebagai penyambung 'lidah' arus listrik dan data. Kabel fisik memang sangat berjasa karena kestabilannya namun sayangnya juga memiliki kekurangan.

Bentangan kabel FBO yang panjangnya bisa mencapai berpuluh hingga beratus meter bisa kita temui di pedalam bawah laut Indonesia. Kabel-kabel ini membentang menghubungkan antar negara seperti Amerika, Singapura, Australia, dan Indonesia sendiri.

Sebenarnya ini menjadi sebuah keuntungan bagi teritorial air Indonesia yang memiliki lautan yang luas dan letak yang strategis. Kalau orang makelar bilang perairan Indonesia bisa nih di bisniss-inalias jalurnya bisa saja disewakan untuk menaruh kabel-kabel di bawah laut milik Indonesia.




Ya, tentu saja ini sudah menjadi rahasia umum, ibarat ketiban rejeki masa iya mau di tolak. Tinggal dilihat saja apakah akan ada kerjasama yang saling menguntungkan atau tidak.

Namun, melihat dampak yang terjadi semakin banyaknya kabel-kabel yang 'numpang lewat' di bawah laut Indonesia ternyata cukup kusut. Banyak sekali kabel yang panjangnya hingga ratusan meter ini membentang, membelah, perairan Indonesia.


Kabel-kabel berukuran raksasa ini begitu panjangnya menuju satu titik ke suatu negara hingga mata ini tidak sanggup melihat ujung akhirnya ada dimana. Namun lewat pemetaan dan pemotretan dari atas laut kita dengan mudah melihatnya. 




Melihat kusutnya perkabelan di bawah laut Indonesia ini apakah menimbulkan dampak negatif terhadap kualitas air, ekosistem dan keamanan negara?

Teringat beberapa tahun lalu ketika salah satu kabel bawah laut di Indonesia ada yang terputus kita dibuat pusing karena koneksi internet terputus beberapa waktu lamanya. Saya khawatir Indonesia disalahkan dan timbul pemikiran macam-macam. Di curilah macam besi rongsokan.

Jadi sebelum kerumitan penempatan kabel-kabel ini semakin pelik apakah sebaiknya sudah ada design yang membuat kabel-kabel ini lebih rapi dan mudah dalam perawatannya?

Bagaimana menurut agan en sista disini mengenai kerumitan perkabelan bawah laut Indonesia. Sampaikan pendapat atau opinimu yaa. Terimakasih, salam ISKRIM.




Referensi. opini, TKPeh1, TKPeh2
Img.google img



Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-04-2021 01:10
kris.wahyu2309
fearmund
viqririatra
viqririatra dan 45 lainnya memberi reputasi
46
19.1K
232
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.