marilyn88
TS
marilyn88
Pembunuh Nomor 1 Di Dunia, Kecelakaan Maut Di Jalan Raya
Penyakit jantung koroner ternyata masih menjadi pembunuh nomer 1 bagi umat manusia, menurut badan kesehatan dunia (WHO) sejak 2016 setiap tahunnya sekitar 17 juta orang dimuka bumi meninggal dunia akibat penyakit jantung koroner.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dari kematian akibat stroke si pembunuh nomer 2, maupun kanker yang ditakuti banyak orang. WHO memperkirakan pada tahun 2020 kemarin jantung koroner menyumbang 36% kematian manusia akibat penyakit.

Di Indonesia menurut Press Release Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) dalam peringatan hari jantung sedunia pada 29 September lalu, 15 dari 1.000 orang Indonesia diberbagai kelompok umur atau sekitar 4,2 juta orang menderita penyakit jantung.

Namun, tahukah kamu jika ada sesuatu lainnya yang lebih mengerikan bagi manusia. Sesuatu itu tidak kalah ganasnya dalam menyumbang angka kematian, bahkan bisa dibilang menjadi pembunuh nomer 1 manusia di luar penyakit. Iya, itu adalah kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Menurut laporan Global Status Report On Road Safety setiap tahunnya diseluruh dunia lebih dari 1.350.000 orang meninggal akibat kecelakaan. Itu artinya, setiap 24 detik jalan raya dimuka bumi meminta satu tumbal nyawa dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Itu belum termasuk mereka yang selamat, tapi akhirnya harus hidup dalam keterbatasan fisik. Soal kerugian financial yang diakibatkan jangan ditanya.

Di Indonesia saja berdasarkan data sepanjang 2018 setiap jamnya terjadi 12 peristiwa kecelakaan yang merenggut 3 - 4 nyawa. Artinya, setiap hari ada sekitar 70 kematian di jalanraya di seluruh Indonesia akibat kecelakaan dengan berbagai penyebab, entah itu karena human error atau akibat kerusakan fungsi kendaraan.

Nah, agar kita lebih berhati-hati saat mengemudikan kendaraan di jalan raya dan rajin mengecek kondisi kesehatan kendaraan. Berikut adalah berbagai kecelakaan maut di jalan raya yang terekam kamera yang terangkum dalam pembunuh nomer 1 di dunia.

1. Tragedi Maut Di KM. 91 Tol Cipularang



Salah satu tragedi yang masih lekat dalam ingatan adalah kecelakaan beruntun di tol Cipularang pada 2 September 2019. Sebuah truk tanah yang remnya blong akibat muatan melebihi kapasitas, menyeruduk antrian mobil yang sedang berhenti karena ada kecelakaan di depannya.

Peristiwa mengerikan yang melibatkan 20 kendaraan di KM 91 ini menelan 8 korban jiwa dan 28 orang luka-luka.

2. Truk Gula Penebar Malapetaka Di Bumiayu, Brebes



20 Mei 2018 kecelakaan lalu lintas maut terjadi di Desa Jatisawit, Brebes, Jawa Tengah dari rekaman CCTV terlihat detik-detik kecelakaan mengerikan yang menewaskan 12 orang itu.

Awalnya sebuah truk tronton bermuatan gula melaju kencang di jalan raya Tegal - Purwokerto, truk tersebut tidak bisa mengerem tepat waktu dan mengakibatkan hilang kendali dan terlibat kecelakaan mengerikan.

Truk bermuatan gula tersebut menerjang sedikitnya 16 pengendara motor dan 1 mobil sebelum akhirnya berhenti usai menghantam 7 bangunan.

Dari hasil penyidikan, truk maut itu mengangkut muatan melebihi kapasitas, dari yang seharusnya 20 ton menjadi 38 ton sehingga sang supir tidak bisa mengendalikan kendaraannya pada jalanan menurun.

3. Ngeri, Bus Terbalik Di Kota Qingyuan, China



Di duga karena selip sebuah bus yang membawa penumpang sekelompok guru mengalami kecelakaan tunggal di sebuah jalan bebas hambatan di Kota Qingyuan, China Selatan.

Dari rekaman CCTV tersebut terlihat bahwa bus kehilangan kendali dan hingga akhirnya terguling serta terseret di aspal jalan, kaca bus pecah hingga menyebabkan beberapa penumpang terlempar dan tertimpah bus.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan 3 penumpang meninggal dan 9 lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang terjadi pada 23 Juni 2018.

{thread_title}


4. Mobil Terjun Dari Jembatan



Rekaman CCTV ini memperlihatkan sebuah kecelakaan mengerikan, sebuah mobil berwarna merah melaju kencang di jalan layang yang baru di operasikan di India.

Tapi saat berbelok si pengemudi tampaknya tidak bisa mengendalikan kendaraannya hingga akhirnya menabrak pagar pembatas jalan, akhirnya mobil pun terjun bebas dari ketinggian 6 meter dan menimpah sekelompok pejalan kaki di bawahnya.

Satu orang, yakni si pengemudi mobil dinyatakan tewas di tempat kejadian dan enam lainnya luka-luka dalam peristiwa yang terjadi pada 23 November 2019.

{thread_title}


5. Kecelakaan Mobil Damkar



Saat terjadi musibah kebakaran mobil pemadam kebakaran selalu memacu kendaraannya dengan kencang agar cepat sampai ke lokasi, tapi karena berbagai faktor kecelakaan lalu lintas bisa menimpa mobil damkar.

Seperti yang terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada pertengahan November lalu. Dalam video yang diunggah ke media sosial terlihat detik-detik kecelakaan tersebut, insiden bermula ketika beberapa mobil damkar melintas dengan menyalakan sirene yang khas.

Saat mau beriringan dengan kecepatan penuh salah satu mobil damkar mengalami selip dan kehilangan kendali hingga menabrak tiang, tak ayal mobil di belakangnya yang kaget dan tidak sempat mengerem dan akhirnya menabrak bagian samping mobil damkar berwarna kuning tersebut.

Meski terlihat cukup parah, beruntung tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut.

{thread_title}


Beberapa insiden serupa juga terjadi dibelahan dunia, seperti di Amerika Serikat yang melibatkan kecelakaan mobil pemadam kebakaran sering terjadi. Meski mobil damkar mendapat perlakuan khusus saat menjalankan tugas, tapi jika kesalahan ada di si pengemudi biasanya ia akan di hukum atau dibebas tugaskan sementara oleh lembaga terkait.









nowbitoolindramamothb4perman
b4perman dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.3K
94
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread81KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.